Umroh? Berapa Sih Uang Saku yang Harus di Bawa dan Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Perjalanan Umroh tentu saja menjadi impian setiap muslim. Mengunjungi tanah di mana Nabi dilahirkan dan membangun peradabannya. Bertemu dan beribadah di rumah Tuhan, Ka’bah. Tentu saja persiapaan yang baik diperlukan untuk kenyamanan dan kelancaran proses ibadah di sana.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan? Bagaimana jika tidak memiliki uang saku untuk dibawa? Dan apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan.

Yuk, intip hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum umroh berikut ini:

1.Pasport

Bagi yang belum memiliki passport, segera deh bikin passport. Biasanya pihak travel tidak akan mengurusi masalah ini, karena passport adalah identitas diri seperti KTP, maka passport wajib diurus diri sendiri. Pihak travel agent biasanya sudah menginformasikan ini dua atau tiga bulan sebelum keberangkatan untuk segera mengurus passport bagi yang belum memiliki.

Biasanya pengurusan passport tidak membutuhkan waktu lama, hanya 4-5 hari kerja sudah termasuk saat mendaftar online, passport sudah bisa berada di tangan kita. Namun, pengalaman pada bulan November 2017 daerah- daerah di Jawa bahwa antrian kepemilikan passport sangat panjang, bisa satu bulan lebih. Untuk di daerah saya sendiri, Batam-Kepulauan Riau, hanya perlu waktu 4 hari sudah termasuk hari pendaftaran secara online, passport sudah bisa dimiliki.

Apa saja syarat untuk memiliki passport?

  • KTP
  • Kartu keluarga
  • Ijazah/Akte/Surat nikah
  • Surat keterangan dari Travel Agent yang menerangkan perjalanan umroh

 Berapa biayanya? Biasanya untuk passport pertama untuk perjalanan umroh adalah passport 48 halaman dengan biaya Rp. 355.000, sedang untuk passport pertama tanpa tujuan umroh bisa memilih 24 halaman dengan biaya Rp.155.000. Ada juga pilihan E-passport dengan biaya Rp. 600.000. E-passport sangat dianjurkan bagi yang memiliki rencana untuk sering berangkat umroh.

Koleksi Pribadi

2.Kartu Kuning Vaksinasi

 Tidak semua rumah sakit bisa melakukan vaksinasi ini. Biasanya hanya dilakukan di klinik/rumah sakit milik dinas kelautan. Biayanya sekitar Rp. 300.000. Jika perempuan, dilakukan juga tes kehamilan dengan tambahan biaya Rp. 40.000.

Syarat-syarat suntik vaksin Meningitis:

  • Fotokopi Paspport
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Surat keterangan dari Travel Agent untuk keberangkatan umroh

 Sertifikat Vaksinasi Meningitis ini valid selama lima tahun.

Koleksi Pribadi

3.Mengetahui tempat-tempat mustajab untuk berdoa

Mengetahui hal ini akan sangat berguna karena kita akan tahu dimana doa-doa yang lebih khusyuk kita panjatkan kepada-Nya. Biasanya ini nanti akan dapat pemberitahuan dari pembimbing umroh, juga ada di buku pegangan yang diberikan pihak travel agent. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengetahui lebih dahulu kira-kira di mana tempat mustajab untuk berdoa.

  • Multazam, tempat atau jarak antara sudut hajar aswad dan pintu ka’bah.
  • Hijr Ismail, Tidak mudah untuk masuk ke Hijr Ismail, perlu perjuangan yang kuat untuk masuk ke sana.
  • Di bawah Pancuran Ka’bah
  • Sai antara Sofa dan Marwa
  • Raudhah ( di Madinah), seperti Hijr Ismail, untuk mencapai Raudhah perlu perjuangan yang kuat. Meskipun petugas di sana sudah memberikan antrian berdasarkan suku Negara, tetapi tetap saja di sana berdesak-desakan dan saling rebutan.
Sumber : https://twitter.com/tabung_haji/status/729875222317309952

4.Baju-Baju Muslimah/Muslim

Siapkan baju muslim sesuai jumlah hari perjalanan. Termasuk dalaman, kaos kaki, ciput bagi perempuan. Terkecuali di Makkah atau di Madinah mampu membayar laundry hotel. Jika jumlah perjalanan anda 12 hari, bawalah baju muslim yang digunakan untuk beribadah selama 12 hari plus baju untuk tidur. Jangan takut over bagasi untuk penerbangan internasional. Meski nanti harus memikirkan ketika pulang ke tanah air dan melanjutkan perjalanan ke daerah asal menggunakan pesawat terbang.

Saya pribadi di tanah suci lebih suka memakai kerudung panjang plus kaos kaki bersih sehingga bisa digunakan untuk sekalian sholat, terasa lebih praktis. Menurut pengamatan saya, hanya warga Negara Malasya dan Indonesia saja yang masih sering menggunakan mukena untuk menunaikan sholat. Warga Negara lain seperti warga Pakistan, tentu saja menggunakan kerudung biasa, bahkan terkadang tanpa kaos kaki.

 

5.Visa

Untuk Visa, biasanya sudah satu paket biaya perjalanan dan diurus oleh pihak travel agent. Tapi biasanya pihak travel agent akan meminta passport asli, Sertifikat Vaksin Meningitis, Fotokopi akte/KK/Surat nikah, plus foto dengan background putih ukuran 4×6 untuk pengurusan Visa.

Koleksi Pribadi

6.Uang Saku

Nah ini biasanya dipertanyakan bagi yang tidak memiliki uang saku berlebih. Sebenarnya hal ini tidak perlu dirisaukan, sebab ongkos biaya umroh sudah menanggung segala keperluan pokok kita (makan+hotel+city tour) kita. Belanja untuk keperluan pribadi tentu menjadi urusan kita sendiri. Nah, karena keperluan pokok kita sudah ditanggung, sebenarnya tidak masalah jika kita tidak membawa uang saku sedikit. Tetapi masak iya, perjalanan yang belum tentu dua tahun sekali ini kita tidak membawa uang saku sedikitpun.

Biasanya sih kita kepikiran oleh-oleh untuk teman, sahabat , tetangga atau sanak saudara ya. Pengalaman pribadi saya, belanja di Madinah jauh lebih murah daripada di Makkah. Ini lebih menyenangkan jika terlebih dahulu dilaksanakan umroh, yang berarti perjalanan pertama kita adalah di Makkah dan baru ke Madinah.

Sumber : www.pexels.com

Berikut contoh rata-rata harga di Madinah pada Februari 2018

  • Note : 1 real = Rp 2.800 – 3000
  • Kurma Ajwa: 15 real/ kg
  • Coklat campur: 15 real / kg
  • Kacang-kacangan : 40 real/ kg
  • Coklat pasir: 20 real/ plastic (250 gr)
  • Baju gamis : 30 real/pcs
  • Sepatu : 15 -20 real / pcs
  • Gantungan kunci, parfum :3-5 real/pcs

Untuk harga di Makkah, sedikit jauh lebih mahal dibandingkan harga-harga di Madinah. Selisihnya mulai sekitar 5 real. Dari gambaran harga di atas, Anda sudah bisa menentukan jumlah uang saku yang akan Anda bawa, bukan?

Nah, itu sedikit hal yang bisa dipersiapkan bagi yang akan melakukan perjalanan umroh. Semoga bermanfaat.

 

“Postingan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post bersama Estrilook Community”

#ODOPEstrilookCommunity

#EstrilookCommunity

32 thoughts on “Umroh? Berapa Sih Uang Saku yang Harus di Bawa dan Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

  1. Betul mba setujuuu, saya dulu umrol juga hal itu yang dipersiapkan. Dulu tuh yang kurang gak beli pake pake hp ke luar negeri akhirnya ganti nomer deh ke nomer arab saudi hehe. Untung bisa dan di setting-in sama mas2 disana. Sip, mba makasih banyak infonya.

  2. Betul mba setujuuu, saya dulu umrol juga hal itu yang dipersiapkan. Dulu tuh yang kurang gak beli pake pake hp ke luar negeri akhirnya ganti nomer deh ke nomer arab saudi hehe. Untung bisa dan di setting-in sama mas2 disana. Sip, mba makasih banyak infonya 😊

  3. Ya Allah.. baca tulisannya hati saya gerimis, rindu dan berharap Allah mudahkan ke sana.

    Btw, saya baca sekalian pegang kalkulator mba, wkwkwk

  4. Makasih infonya Mbak, kereen… Semoga Allah memudahkan saya sekeluarga untuk pergi ke tanah suci … Aamiin Allahumma Aamiin

  5. Betul mba wiwid…Ngurus paspor di bekasi cuma daftarnya ajja satu bulan mba belum panggilan foto dan ngambil pasposrnya…. Harus siap-siap nih sesuai arahan mba wiwid…he

  6. Kalau bawa anak-anak bawaannya segambreng seperti mau pindahan. Kemarin sempat bawa bungsu yang masih 2 tahun dan sulung 7 tahun, masya Allah kayak semua barang mau dibawa takut susah nyari saat di perjalanan..hehe. Tapi serunya juga lebih-lebih.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.