Pandemi Covid19
www.pexels.com

4 Tindakan yang Dilakukan Ketua RT untuk Melindungi Kawasannya dari Covid19. Jika kamu berkeliling di beberapa kawasan, khususnya di daerah saya Kel Sei Beduk akan menemukan banyak perbedaan semenjak Covid19 menyerang. Kebetulan kawasan di daerah kami adalah pemukiman rumah sederhana, alias bukan kluster. Jika sudah dibentuk sebagai kawasan kluster, tentunya perumahan tersebut hanya memiliki satu pintu masuk dan biasanya dijaga oleh petugas keamanan.

Perbedaan yang cukup mencolok itu tentu tujuan utamanya hanya semakin mempersempit penyebaran si Covid19. Apalagi di bulan Ramadan begini, hawa mudik terasa. Sehingga kemungkinan masuknya orang baru di kawasan pemukiman kita sangat besar.

Nah beberapa hal di bawah ini tindakan preventif yang dilakukan perangkat RT untuk melindungi kawasannya:

5 Tindakan Preventif yang Dilakukan Perangkat RT

1. Membuat Palang Pintu Gerbang

Jika selama ini setiap jalan masuk kawasan perumahan bisa dimasuki begitu saja, kali ini tidak. Kawasan pemukiman yang memiliki lebih dari satu pintu masuk atau keluar, kini hanya membuka satu akses pintu masuk dan keluar. Pintu lainnya ditutup dengan palang portal.

Hal ini memang memungkinan sulitnya warga lain masuk ke kawasan kita apalagi menggunakan kendaraan bermotor.

2. Memasang Poster Disetiap Pintu Masuk

Poster tersebut berisi anjuran untuk menggunakan masker dikawasan pemukiman. Poster juga dilengkapi dengan foto model dengan menggunakan masker. Jadi jika nggak sempat membaca apa yang tertulis di dalam poster setidaknya gambar sudah mewakili isinya.

3. Meniadakan Segala Kegiatan Bersama

Biasanya di kawasan saya diadakan kegiatan bersama setiap sekali per dua minggu. Kegiatan itu seperti gotong royong, pengajian rutin taklim, kegiatan PKK. tetapi semenjak Covid 19 menyerang, kegiatan ini tidak mendapatkan izin dari perangkat RT.

4. Peraturan Isolasi Mandiri Bagi Penduduk baru

Bagi pendatang ataupun penduduk baru yang hendak bermukim, harus lapor ke ketua RT dan melakukan isolasi mandiri. Hal ini untuk mengetahui apakah pendatang atau penduduk baru tersebut membwa virus Covid19. karena virus ini memang memerlukan waktu kurang lebih 14 hari mengetahui gejalanya.

5. Penyemprotan Desinfektan Di Kawasan Perumahan

Perangkat RT melakukan penyemprotan desinfektan ke masing-masing rumah penduduk. Ini juga salah satu langkah untuk emmbunuh virus19.

Semoga 5 tindakan preventif diatas benar-benar cukup efektif untuk mencegah mennyebarnya virus Covid19. Sehingga dengan itu Covid19 segera musnah dari bumi ini.(end)

#Day7
#BPNNRmadan2020
#BPN30DayRamadanBlogChallenge


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: