Blogging & Writing

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Block Writer (Kebuntuan Menulis)

Masih semangat menulis, Guys? Atau sekarang sedang dalam masa hiatus karena merasa nggak punya inspirasi untuk dituliskan? Kalau kamu merasa tidak punya ide untuk dituliskan dan sudah beberapa hari tidak menghasilkan tulisan, maka positif kamu sedang mengalami Block writers.

Hampir semua orang yang memiliki hobi menulis pernah mengalami masa ini. Merasa tidak memiliki ide sama sekali untuk dituliskan  atau memiliki banyak ide tetapi tidak mampu menuangkannya dalam tulisan. Selain itu faktor vitalitas tubuh atau otak juga sangat mempengaruhi jari-jemari untuk merangkai kata.

Berikut nih 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat semangat kembali menulismu

Membaca / mendengarkan sambil membaca lirik lagu

Sebagai seorang penulis, kita memang harus dibanyakin kegiatan membacanya. Setelah penat dengan kegiatan menulis, ambil buku yang paling kamu suka, baca ulang. Bagi yang suka mendengarkan musik, kegiatan membaca bisa dilakukan sambil mendengarkan musik. Eh, music bisa juga loh menjadi inspirasi tulisan kita. Jika lagu-lagu barat dan kita kurang paham dengan makna lagunya, kita bisa browsing terjemahan dari lagu tersebut. Kita bisa menjadikannya ide untuk sebuah cerita yang bisa kita tuangkan di blog.

Sumber : www.pexels.com

 Menonton Film

Setelah kepalamu penuh dengan berbagai masalah hidup dan juga memeras otak untuk merangkai kata, nah saatnya kamu mengalihkan perhatian untuk merefresh otakmu dengan menonton film. Ambil saja film yang menghibur, bukan film yang berat yang membuat dahimu berkerut. Pilih film yang benar-benar bisa membuatmu mengenghilangkan kesuntukan. Oh ya, selain membuat pikiran kembali tenang, Film yang kamu tonton juga bisa menjadi bahan tulisan loh. Nah, review tuh tulisan di blog atau bisa kamu kirim ke media seperti www.karepe.com. Keren bukan? Selain blogmu terisi, jika tulisanmu dimuat di Karepe, kamu bosa dapat imbalan lumayan loh.

Bersilaturahim

Kunjungi teman-teman yang sudah lama tidak kamu jumpai. Dengan melihat keadaan mereka sekarang kita pastinya akan mendapat sebuah dunia kecil baru di hadapan kita. Entah keadaan baik ataupun buruk teman yang kita kunjungi tersebut, semuanya bisa dapat kita ambil hikmahnya. Nah, silaturahim ini bisa menjadi inspirasi untuk tulisan kita. Kita bisa menulis tulisan motivasi atau lain sebagainya. Sangat bermanfaat kan? Selain mendapatkan saudara, blog kitapun terisi, dan pembaca bisa merasakan manfaat tulisan kita.

Piknik atau berwisata

Piknik? Nggak punya duit…hehehehe. Mungkin itu yang sering kita dengar jika sudh berkaitan dengan kata piknik. Nah kalau memang nggak punya duit, kita bisa mencari tempat piknik yang nggak banyak menggeluarkan uang. Jika di Batam, kita bisa piknik ke Jembatan Barelang 1, melihat sunset atau menikmati angina sore yang atau berselfie ria dengan latar pemandangan yang indah. Atau kalau yang di kotanya tersedia Perpustakaan yang bagus, bisa kita berlama-lama di sana. Pengalaman jalan-jalan ini bisa kita tulis di blog loh.

Sumber : www.pexels.com

Blog Walking

Untuk menghilangkan kejenuhan dalam menulis kita bisa blogwalking ke blog orang lain, atau mungkin blogwalking ke blog kita sendiri. Membaca tulisan-tulisan lama, tentu akan muncul kenangan saat sedang rajin menulis untuk blog. Tanamkan dalam pikiran bahwa banyak yang menanti tulisan di blog kita. Jadi kalau kelamaan hiatus, kita akan merasa malu atau kasihan kepada pembaca blog kita sendiri. Yakini deh dengan membaca blog orang lain atau membaca ulang tulisan di blog kita sendiri akan muncul ide baru. Nah siapa tahu lagi, kita dapat kunjungan balik dari blog yang kita BW tersebut.

Kamu bisa mencoba satu atau dua trik di atas, dan semoga kembali semangat menulis.

“Postingan diikutsertakan dalam program One Day One Post bersama Estrilook Community #Day2”

#EstrilookCommunity

#OneDayOnePostEstrilookCommunity

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

30 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: