Jajanan Favorit Murah
Jajan Favorit Murah

5 Jajanan Favorit Murah Teman Kumpul Saat Covid19. Sejak wabah ini melanda dan keharusan #DiRumahSaja, ruang batas gerak kita tentunya sangat minim. Biasanya kalau bosan, kita bisa menghabiskan waktu dengan jalan-jalan saat sore atau nongkong di cafe-cafe murah untuk sekedar mencari jajanan dan menghilangkan penat.

Tapi sejak Covid19 menyerang, rasa-rasanya mau keluar rumah kok berat jika memang benar-benar nggak urgent. Membeli penganan seperti kue yang biasanya dengan mendatangi langsung lapak kue kini ditiadakan. Syukurlah lapak online masih boleh beroperasi, dan tetep boleh mengantar.

Jajanan Tradisional teman Ngemil saat #DiamDirumah
Jajanan Favorit Teman ngemil saat #DiamDiRumah

Kita sudah pasti tahu dong ya, Gofood atau aplikasi lainnya saat ini siap sedia melayani kebutuhan kita. Tetapi saya sendiri lebih suka mencari jajanan di salah satu grup jual beli dengan nama Piayu Kuliner Batam.

Piayu sendiri adalah salah satau kawasan yang tidak jauh dari kawasan Industri Batamindo Muka Kuning. Tempat ini kata orang-orang sih “ndeso”nya Batam. Kalau daerah kota di Batam seperti Batam Center, Nagoya , Sekupang. Batuaji Sendiri yang dulunya juga dibilang ndeso kini sudah padat merayap dan rasanya nggak nyaman lagi ditinggali.

Kembali ke Piayu Kuliner Batam. Lapak ini khusus menjual makanan dengan fasilitas siap antar. Biasanya yang dijual disini adalah kue-kue modern maupun tradisional, lauk pauk, bahan mentah, dan minuman. Penganan ini sebagian besar adalah homemade alias karya-karya ibu yang kreatif dan pandai memanfaatkan keahlian dan kesempatan. Selebihnya beberapa diantaranya adalah warung makan rumahan dan warung bakso.

5 Jajan Favorit Murah di Piayu Kuliner Batam

Berikut ini beberapa jajanan yang rasanya lezat dilidah, benar-benar tidak mengecewakan meskipun saya belum pernah mengenal pedagangnya:

1. Luti Gendang

Luti gendang ini adalah makanan khas Tarempa. Bentuknya seperti roti goreng. Jika kita membeli Luti Gendang asli dari kedai Mie Tarempa Batam rasanya tentu mak nyus, nggak bisa dibilang lagi. Lezat…nikmat.

Luti Gendang
Luti Gendang. kolpri

Nah di Piayu Kuliner Batam juga ada yang menjual luti gendang ini dengan harga Rp 1.000,00. Rasanya sudah cukup lumayan lezat untuk ukuran harga seribu. Ada dua pilihan isian yaitu Abon Ikan dan isi Cokelat. Untuk isi cokelat saya rasa jatuhnya seperti roti goreng. Jika kita membeli banyak akan mendapat tambahan bonus 1-2 buah. Murah bukan? Lapak ini milik akun Anita N Fatmawati.

3. Getuk Talas

Biasanya getuk itu terbuat dari ubi. Namun kali ini terbuat dari talas. Rasanya enak banget, legit. Apalagi kalau dimakan masih dalam keadaan hangat.

Getuk Talas
Getuk Talas Edited by Canva

Nama pemilik lapaknya mbak Vataqia Naziragiva. Harga satu paket getuk talas dibanderol senilai Rp 10.000,00. Taburan kelapanya yang gurih semakin menambah nikmat getuk talas ini. Semakin mantap jika disantap bareng teh panas.

3. Getuk Lindri, Ongol-Ongol, Klepon dll

Lapak kali ini menjual jajanan pasar seperti getuk lindri, ongol ongol, getuk pisang, klepon, kue pelangi, cenil dan juga lopis. Satu porsi dengan isi bisa campur dibanderol dengan harga Rp 10.000,00. Pokoknya jika kangen jajanan kampung pesan saja di sini.

Getuk lindri klepon
Getuk Campur edited By Canva

Oya, lapaknya bernama Chamelli Kuliner biasa buka mulai jam 2 siang. Dan pengantaran dimulai pukul 15.30 wib. Dijamin puas dan nagih jika sudah menikmati jajanan di sini.

4. Jap Jaek

Jap Jaek ini bukan cap cay lho. Cap Jaek biasanya terkenal di Yogyakarta. terbuat dari tepung terigu yang di goreng menul-menul, kemudian diolah seperti memasak mie goreng. Jadilah cap jaek ini.

Cap Jaek jawa
Cap Jaek Jawa edited by Canva

Ada lebih dari satu pedagang cap jaek di Piayu Kuliner Batam. Harganya antara Rp 10.000,00 – Rp 12.000,00 per porsi. Jangan ingat diet jika kita menyukai penganan ini. Salah satu Lapak ini milik Mbak Bintang yang biasanya buka sore menjelang magrib dan diantar setelah magrib.

5. Tahu Sumedang

Tahu ini sudah sangat terkenal dimana-mana. Di Lapak Piayu Kuliner sendiri ada beberapa penjual tahu sumedang ini. Ada 3 harga pilihan yaitu Rp 10.00,00 untuk 30 biji, Rp 15.000,00 untuk 45 biji dan harga Rp 20.000,00 untuk 60 biji.

Tahu Sumedang
Tahu Sumedang edited by Canva

Tahu ini dijual mentah ya. Jadi kita tinggal menggorengnya sebentar. Siapkan cabe rawit dan teh hangat untuk menemani santapan ini. Gurih dan nggak ingin berhenti ngemilnya

Nah, itu 5 camilan yang bisa dijadikan teman bersantai saat di rumah. Kalau teman-teman apa camilannya?

#Day3
#BPNRamadan2020
#BPN30DayRamadanChallenge