5 Rencana Keuangan yang harus Duterapkan Ibu Rumah Tangga – Menjadi ibu rumah tangga alias istri harus memiliki banyak talenta. Harus pandai ketika diposisi istri, ibu, manager keuangan. manager kebersihan , chef dan posisi penting lainnya.

Satu posisi penting yang sangat berpengaruh demi kelangsungan atau stabilitas perekonomian rumah tangga adalah menjadi manager keuangan atau pengelola keuangan rumah tangga. Semuanya mudah kalau keuangan di dalam rumah tangga berlimpah. Tetapi bagaimana jika keuangan rumah tangga terhitung pas-pasan atau bahkan kurang.

ODOP ICC
ODOP ICC

Masalah keuangan rumah tangga sering menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga. Perempuan dituntut untuk pandai mengelolanya sesulit apapun itu. Bahkan terkadang perempuan pun harus turun tangan agar keuangan yang morat-marit itu terpenuhi.

Berdasarkan pengalaman saya, 5 rencana keuangan ini akan sedikit banyak membantu meringankan keuangan rumah tangga.

5 Rencana Keuangan yang Harus Dilakukan Ibu Rumah Tangga

5 hal perencanaan keuangan di bawah ini bisa sedikit banyak membantu keadaan ekonomi rumah tangga.

#1 Rencanakan Menu Masakan Harian

Sebagai ibu rumah tangga kita tahu berapa pendapatan dan sudah memilikigambaran berapayang harus dikeluarkan setiap harinya. Kita pun sudah memiliki gambaran berapa harga-harga bahan makanan di warung. Jadi perencanaan menu masakan harian akan sangat terbantu.

#2 Rencanakan Biaya Sekolah Anak

Seburuk apapun kondisi keuangan dalam rumah tangga kita, pendidikan anak tetaplah sangat penting. Terlepas mereka akan dimasukkan sekolah negeri ataupun swasta, semakin tinggi jenjang pendidikannya, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Rencanakan sejak dini, anak akan dimasukkan sekolah yang mana sehingga kita memiliki gambaran berapa biaya yang harus dikeluarkan.

#3 Teliti Kebutuhan Pokok yang Harus Dibeli

Teliti kebutuhan anggota keluarga yang harus dibeli. Misalkan baju anak, kaos dalam, celana dan lain sebagainya. Jadi ketika sudah terencana, nggak akan mengganggu lagi anggaran keuangan lainnya.

#4 Siapkan Anggaran Tak Terduga

Selalu siapkan anggaran tak terduga. Biaya ini sebenarnya bisa dipersiapkan sedikit demi sedikit, dan bisa ditaruh ditempat yang tidak mudah diambil. Kalau orang orangtua zaman dahulu biasanya ditaruh di tabung bambu, semacam celengan dari bambu yang dipotong tipa ruasnya. Dan itu ternyata cukup berhasil karena susah diambil dan terkadang terlupa kalau memiliki celengan atau uang simpanan.

#5 Mencari Peluang Penghasilan Lain

Ketika sekarang ini semuanya bisa dikendalikan dari rumah, mencari peluang penghasilan lain terasa lebih mudah. Tanpa meninggalkan anak-anak dan juga kewajiban di rumah, kita tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

5 rencana keuangan diatas mungkin bisa diterapkan di juga dalam rumah tangga kalian. Tetapi tentu saja kondisi keuangan tiap rumah tangga berbeda. Semoga saja bermanfaat dan membantu.

“Artikel ini diikutsertakan dalam program One Day One Post komunitas Indonesian Content Creator”

#odopicc #30hbcicc #indonesiancontentcreator #30haribercerita #odopiccday2 @indonesiancontentcreator @mubadalah.id @bonnels.id