Resep Masakan Tradisional Lezzat
Resep masakan Tradisional Lezat edited by Canva

5 Resep masakan Tradisional yang lezat teman Bersantap Saat #DiamDiRumah. Apa kamu masih semangat meskipun #DiamDiRumah? Harus dong! #DiamDiRumah selain ikut memembantu mengurangi penyebaran virus Covid19, ternyata banyak waktu yang bisa diisi dengan hal-hal yang baru.

Oh ya, apa sudah membaca atau mendengar berita tentang satu keluarga di Bogor yang meskipun merek #diamdirumah saja, tetapi dua anaknya ternyata positif terpapar virus Covid19. Kok bisa? Seperti yang dilansir media, kemungkinan mereka terpapar virus tersebut didapat dari ayahnya yang bekerja di luar rumah.

Memang seharusnya semua pakaian dan barang-barang yang dibawa ayahnya dari luar tersebut disterilkan terlebih dahulu. Baju atau perangkat pakaian di rendam langsung. mungkin gawai atau kacamata dan lainsebagainya diberishkan dengan antiseptik. Wallahu A’lam. Akhirnya kalau sudha begini kita hanya bisa berkata bahwa inis emua takdir yang harus dijalani.

Kembali lagi ke kegiatan saat #DiamDiRumah, kamu yang biasanya menghabiskan waktu di depan layar komputer, bisa menghilang sejenak dan mengunjungi dapur, mencoba resep masakan tradisional ini di dapurmu.

5 Resep Masakan Tradisional yang Bisa Kamu Coba

1. Sayur Krecek ala Mama Bay

Sayur ini biasanya terdapat di Jogjakarta. Sayur yang berisi berbagai macam bahan makanan seperti kacang tholo (isi kacang panjang), tempe, tahu, krecek sayur, dan mungkin bisa ditambah daging. Berbagai macam bahan makanan itu diolah sedemikian rupa dengan bumbu rempah lengkap seperti, bawang merah, kemiri, cabe, cabe rawit (utuh dimasukkan ke sayur), serai, kunyit, daun jeruk, daun salam dan nanti disempurnakan dengan santan kental.

Sayur Krecek MAsakan tradisional
Sayur Krecek
Foto Akun Youtube @Masak_Yuk Edited by Canva

Sayur krecek ini biasanya klo di jawa di makan dengan gudeg atau gudangan (sayuran dicampur kelapa parut yang dibumbui). Selain itu bisa dimakan dengan ketupat/lontong ataupaun nasi hangat. Rasanya gurih dan lezat, nagih.

Dapatkan resep lengkapnya di akun youtube @masak_yuk!

2. Sayur Krecek + Tempe + Kulit Melinjo Ala Bunda Didi

Saya baca bahan dan hasilnya, resep bunda didi satu ini tidak jauh berbeda dengan sayur krecek milik Mama Bay. Bedanya pada resep Bunda Didi ditambahin kulit melinjo dan cara memasaknya pun berbeda.

Sayur Krecek Bunda Didi
Sayur Krecek Bunda Didi
Foto from IG@Bunda_didi edited by Canva

Untuk bumbunya, Bunda Didi hanya mengiris saja bahan-bahannya seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit. Lalu menumisnya dan menambahkan santan sebanyak 1,250 l. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di IG @Bunda_didi

3. Ikan Pindang

Pertamakali saya kenal jenis makanan ikan pindang ini saat sudah menikah. Waktu itu ibu mertua main kerumah untuk beberapa hari dan kami berbelanja ke pasar bersama. Sepulangnya dari pasar, mamak mertua masak ikan pindang. Saya lupa ikan apa yang beliau beli saat itu, Beli di Pasar Bawah Pekanbaru.

resep Ikan Pindang Patin Lezat
Pindang Patin
Foto Akun Youtube @Masak_Yuk edited by Canva

Beberapa hari yang lalu sayapun mencoba resep ikan pindang. Kali ini saya memakai ikan patin. Kebetulan waktu itu di warung tempat saya belanja ada ikan patin masih seger, masih hidup. Harganya pun tidak terlalu mahal, 1 kg hanya Rp 29.000,00. Saya beli 1 ekor yang beratnya 400 gram. Kok sedikit? Iya, karena baru pertama mencoba masak ini jadinya ya sikit saja, takutnya belum enak betul

Tapi ternyata anak-anak suka. Bumbu pindang sederhana banget, cabe, serai, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, tomat merah, daun salam, asam jawa, belimbing wuluh dan kemangi. Terus gampang banget bikinnya. Kalau kamu pengin lihat langsung cara maskanya bisa di lihat di chanel yotube @masak_yuk.

4. Tahu Tempe Bacem

Kalau kamu biasanya malas memasak bacem karena biasanya memerlukan waktu yang tidak sedikit, maka kamli ini kamu bisan mencobanya. Apalagi di bulan Ramadan ini, ungkepan tahu bacem bisa dihangatkan dan digoreng keesokan harinya.

Resep Tempe Bacem Masakan Tradisional
Tempe Tahu Bacem
Foto Akun Youtube @Masak_Yuk edited by Canva

Pasti kamu sudah nggak asing dengan resep tahu dan tempe bacem. bawang merah, kemiri, ketumbar, lengkuas, daun salam. Misalkan kamu tambahkan daging ayam, bumbu bisa kamu tambahi jahe. Oh ya, kalau bisa gula merahnya yang asli berasal dari jawa. Meskipun harganya memang sedikit mahal tetapi hasilnya akan lebih gelap dan meresap. Kamu juga bisa menambahkan bumbu bacem merk bango (agak susah mendapatkannya) yang akan semakin menambah rasanya enak dan gurih.

Seperti biasa bumbu ditumis, agar gurihnya semakin meresap dan hasil masakan mengkilap. Lalu masukkan air mendidih, masukan lengkuas, daun salam, gula ajwa dan kecap (bumbu bacem merk bango), aduk dan masukan bahan-bahan seperti tahu, tempe, telur atau daging. Tutup dengan panci hingga air menyusut dna bumbu meresp. Setelahnya Tahu dan tempe siap digoreng dan sisajikan.

5. Brongkos Daging

Saya aslinya nggak tahu resep masakan satu ini. Masakan brongkos ini sangat berkesan di lidah saya, karena merupakan masakan favorit keluarga saya di kampung Yogyakarta.

Bahan-bahannya antara lain daging sandung lamur yang sudah di rebus (optional), kacang tholo yang sudah direbus, tahu kulit atau tahu goreng, melinjo, labu siam, buncis dan cabe setan utuh. Bumbu-bumbu yang dihaluskan : bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lada, jahe, dan keluwak yang sudah direndam (dikupas), kunyit, serai dan lengkuas digeprek, daun salam dan daun salam. Jangan lupa santan.

Resep Brongkos lezzat Masakan Tradisional
Sayur Brongkos
Foto Akun Youtube @Masak_yuk edited By Canva

Cara memasaknya biasa saja : tumis bumbu yang dihaluskan, aduk hingga harum, kemudian masukkan daun jeruk, serai, dan daun salam. Lalu masukkan daging, kacang tholo dan tahu goreng. Ungkep hingga daging dan kacang tholo masak. Masukkan labu siam, buncis, kulit melinjo, dan cabe setan utuh, garam, penyedap rasa dan santan. Biarkan hingga masakan tanak. Sajikan dengan taburan bawang goreng. Sangat lezat ditemani kerupuk.

Bagaimana resepnya? menggoda tidak? Teman-teman juga bisa share resep di kolom komentar ya. (end)

#Day12
#BPNRamadan2020
#BPN30DayRamadanBlogChallenge
#DiamDiRumah


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: