sumber : www.pexels.com

Demi massa, Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Melainkan yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati dalam kesabaran (terjemahan QS Al Ashr 1-3)

Sebenarnya dalam Alquran sudah diperingatkan bahwa kita ini sedang dalam kerugian karena (jika) menyia-nyiakan waktu. Bukan kita, lebih tepatnya saya. Padahl peringatan yang tertuang dalm Alquran itu adalah surat pendek yang tentu sudah luar kepala beserta artinya –karena pernah dijadikan syair Nasyid Raihan-. Atau bahkan saya sudah luar kepala terhadap kata-kata mutiara yang berbunyi sebagai berikut,”Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Dan inilah cerita saya, hikmah dari menyia-nyiakan waktu karena beberapa hari yang lalu saya merasa benar-benar telah menyia-nyiakan nya, menyiakan waktu dan sebuah kesempatan. Sebelumnya saya pernah menaruh dua link blog saya di sebuah status penulis yang menanyakan apakah di dalam blog kami memiliki tulisan fiksi? Ternyata malamnya penulis tersebut menghubungi messenger saya, dan saya membaca pesannya 4 hari setelah beliau mengirimkan pesan tersebut. Saya segera membalasnya, tetapi hingga kini pesan saya tersebut tidak pernah dibalas dan dibaca. Bisa jadi jika saya membalas di saat beliau pertama kali mengirim pesan, saya bisa mengikuti sebuah proyek kepenulisan fiksi yang dipesan ke beliau. Dan untuk menghibur hati saya bilang kepada hati bahwa ini mungkin belum rezeki saya.

sumber : www.pexels.com

Kemudian seminggu setelah kejadian pertama di atas, saya juga menemukan chat di lapak ttoko online saya. Calon customer menanyakan ketersediaan salah satu produk yang saya pajang di sana. Dan ini lebih parah, saya membaca pesan tersebut setelah 7 hari dari pertama calon pelanggan saya itu mengirimkan pesan. Ya Alloh, jika saya fast respon, mungkin hari itu saya bisa closing. Lagi-lagi saya menasehati diri jika ini bukan rezeki saya.

Mengapa saya begitu lambat merespon pesan di media sosial? Sebenarnya alasan pertama adalah sinyal gawai  yang saya gunakan sebagai andalan online selalu lola, buka FB lambat sekali, mutar-mutar apalagi untuk mmbuka messenger dan Toko Lapak online. Ini terjadi hampir setiap hari, di pastikan setiap mulai jam 08.00 Wib sinyal mulai berulah. Walhasil, ketika setiap hari gagal saat mencoba login ke medos dna lapak online, saya biarkan saja. Hingga ternyata dua kesempatan itu hilang dari saya.

Saya memang seharusnya tidak menyalahkan jaringan internet salah satu perusahaan komunikasi terbesar di Indonesia tersebut. Saya yang salah karena tidak sungguh-sungguh melawan kekesalan saya saat sinyal tidak bersahabat. Saya seharusnya terus mencoba, mencoba, hingga berhasil.

sumber: www.pexels.com

Mengingat kejadian di atas saya teringat jika selain Surat Al Ashr di atas, kita tentunya juga sering mendengar nasehat untuk mengerjakan lima perkara sebelum lima perkara :

  1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu
  2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu
  3. Masa kayamu sebelum datang masa fakirmu
  4. Mas luangmu sebelum datang masa sibukmu
  5. Hidupmu sebelum datang kematianmu

 

Jadi setelah mengingat nasehat-nasehat di atas mari kita benahi diri lebih baik lagi! Yang sudah memanage waktunya dengan baik, tingkatkan lagi lebih baik, yang belum baik, rubahlah menjadi lebih baik. Semoga kita tidak kehilangan masa-masa terbaik kita untuk mendapatkan apa yang kita impikan dan juga tidak kehilangan waktu untuk mempersiapkan bekal di Dunia dan akhirat.

 

“Postingan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post bersama Estrilook Community”
#Day13


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

1 Comment

Сialis · 2 January 2019 at 09:22

Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that it’s really informative.

I’m going to watch out for brussels. I will appreciate if
you continue this in future. Lots of people will be
benefited from your writing. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: