Medicine

Sumber Gambar : www.unsplash.com

6 Gejala Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai. Setiap orang pasti ingin sehat selalu. Bahkan ketika tubuh memberikan tanda-tanda lelah pada otak, saya sendiri sering mengabaikannya, menganggap tanda-tanda kelelahan itu hal biasa karena biasanya esok hari tubuh saya kembali terasa fit dan sempurna seperti sediakala. Tetapi ternyata ketika kondisi tubuh saya sudah benar-benar diambang batas, akhirnya jiwa raga saya tumbang dan diagnosa mengatakan bahwa tubuhmu harus istirahat total.

Dan ketika tubuhmu mengalami beberapa gejala di bawah ini, ada baiknya segera banyak mengistirahatkan diri, makan yang teratur atau mencoba konsultasi dengan dokter pribadi. Gejala-gejala di bawah ini memungkinkan pembaca tekena tipes.

Gejala ini saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi di pertengahan Februari 2019 yang lalu, saat saya divonis mengidap sakit tipes. Meski masih stadium ringan, namun gejala penyakit ini benar-benar menyakitkan, seperti saya yang pagi itu merasa perut sakit begitu melilit. Saya hanya bisa menangis dan tubuh tidak bisa bergerak sedikitpun karena menahan rasa sakit yang luarbiasa, sehingga akhirnya mengharuskan saya menjalani rawat inap selama 3 hari 3 malam di rumah sakit.

Gejala-gejala yang saya rasakan waktu itu sudah berjalan sekitar 3-4 minggu. Karena saya jarang sakit, saya pikir jika gejala-gejala tersebut hanyalah penyakit demam karena masuk angin.   Nah, berikut gejala-gejala yang saya rasakan waktu itu sebelum divonis dokter mengidap tipes.

#1 Lidah Terasa Pahit

Mungkin saya merasakan lidah yang terasa pahit dan  tidak akan  merasa enak menyantap apapun, meski waktu sehat makanan tersebut menjadi favoritmu, sehingga nafsu makan turun. Sebenarnya ini bahaya, karena dengan kondidi tubuhmu yang sudah tidak fit, dengan lidah pahit yang tidak bisa mencecap kenikmatan makanan semakin emmeprcepat tubuhmu ambruk di serang bakteri tipes. Jika dibiarkan saja gejala ini bisa berlangsung 3-4 minggu hingga tubuhmu benar-benar kekurangan nutrisi dan harus diinfus di rumah sakit.

#2 Kepala Pusing

Kepala terasa pusing, sehingga saya tida bisa konsentrasi mengerjakan apapun. Sehingga setiap hampir 1 jam sekali saya harus merebahkan diri untuk emnghilangkan sakit kepala ini.

#3 Perut Sebelah Kanan Terasa Nyeri

Sebenarnya nyeri itu sedikit mengganggu aktifitas saya. Saya pun browsing di internet tentang kemumgkinan penyakit apa saja yang diderita dengan gejala nyeri perut sebelah kanan. Ada beberapa penyakit seperti batu ginjal, radang usus buntu, kehamilan ektopik (meski ini bagi saya sangat kecil kemungkinannya, kista ovarium sebelah kanan. Namun waktu saya dicek bagian tubuh dalam secara menyeluruh di rumah sakit, tidak terindikasi satupun dari penyakit yang telah disebutkan di atas.

#4 Batuk Kering Berkepanjangan

Batuk ini sungguh menyiksa, bahkan saking parahnya saya harus terkencing-kencing sehingga mengharuskan sering ganti perangakat dalam. Batuk ini juga mengganggu tidur saya. Saya sempat berfikir apakah ini batuk rejan? Karena biasanya ketika terjangkit batuk paling lama hanya sekitar satu minggu.

#5 Demam Turun Naik

Demam ini terkadang begitu panas hingga mencapai 39 derajat celcius, namun kemudin reda dan hanya terasa meriang.

#6 Badan Lemas Tak Bertenaga

Saya merasa seperti orang malas karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk merebahkan badan. Namun jika dipaksa untuk bekerja, badan terasa cepat ellah, mata terasa kabur dan otak terasa nge”blank” tidka bisa berfikir yang berat.

6 tanda di atas dirasakan bersamaan, jadi bisa dibayagkan bagaimana rasanya tubuh ini, remuk redam pastinya.

Pemulihan Tipes Setelah Rawat Inap

Nah, setelah saya lumayan sehat dan dinyatakan boleh pulang dari Rumah Sakit, saya kemudian memeriksakan diri ke Dokter langganan (lebih tepatnya mantri), mantri ini bertangan dingin dan biaya untuk konsultasi dan menebus obat amat sangat terjangkau kantong kami. Di tempat kliniknya yang berada di Bengkong, Mantri itu menyarankan beberapa hal agar tipes saya tidak kambuh dan segera pulih seperti semula

#1 Makan Bubur atau yang Lembut-Lembut

Waktu itu Mantri mengatakan jika Tipes saya masih stadium ringan (stadium 1, kalau tak salah ingat). Saya diwajibkan makan makanan yang kembut sejenis bubur selama dua minggu. Jika sanggup, diusahakan untik memblendernya setiap sebelum makan. Buah yang diperbolehkan adalah pisang dan manga. Dan minum yang masih diijinkan untuk dinikmati adalah the dan airputih.

#2 Istirahat yang Banyak alias Jangan Banyak Gerak

Banyak mengistirahatkan tubuh, itu nasehat mantri saat itu. Bahkan dia menggambarkan untuk melarang saya keliling jalan kaki seputaran komplek. Di rumah dan jangan banyak gerak.

#3 Tidak Boleh Makan yang Pedas dan Asam

Karena usus saya yang terinfeksi, maka dilarang untuk memakan makanan yang pedas dan asam. Ini semakin mempercepat pulihnya usus saya.

Karena Tipus akan mudah datang lagi, maka mantri tersebut mewanti-wanti saya untu menjaga kesehatan, jangan suka bergadang, menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Dan ketika saya kembali kebelakang, saya hanya bisa tersenyum malu, bahwa pola hidup saya begitu berantakan.

So, bagi pembaca, jaga terus kesehatan tubuhmu, karena itu hal yang sangat penting dan dengan tubuh yang sehat kamu bisa beraktifitas dengan bebas dan nyaman. Lalu jika kamu mengalami 6 gejala di atas, kemungkinan kamu terkena Tipes dan segera konsultasikan ke dokter pribadimu. Yuk, tetap hidup sehat agar aktifitas kita tetap lancer. (end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

1 Comment

Iron ThundeR · 22 April 2019 at 02:23

Simply wish to say your article is as surprising.

The clarity in your post is just spectacular
and i can assume you’re an expert on this subject. Well with your permission allow me to
grab your feed to keep updated with forthcoming post.
Thanks a million and please carry on the enjoyable work. http://ironthundersaloon.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: