Blogging & Writing

6 Website Tempat Belajar Fiksi Dan Bisa Dapetin Duit

Siapa yang tak senang jika hobi kita menghasilkan uang? Nah, kalau kamu suka denga tulisan fiksi, kamu bisa belajar berbagai jenis tulisan dari penulis terkenal hingga yang tidak kamu kenal. Selain itu website-website berikut memberikan keterangan bagaimana caranya mengirimkan tulisan ke media loh beserta imbalannya.

Yuk, rajin-rajin kepoin website berikut

 

www.lakonhidup.com

Website ini berisi cerpen-cerpen yang dimuat dari berbagai media yang ada di Indonesia. Lengkap banget. Kamu bisa tinggal pilih koran mana yang ingin kamu baca atau penulis siapa yang mungkin menjadi favoritmu. Selain itu di sini juga ada rangkuman berbagai alamat media yang bisa menerima tulisanmu plus sekaligus honor tulisan di sana,

www.basabasi.co

kamu juga harus kenal website ini. Website milik pak Edi ini memberikan kesempatan kamu untuk mengirimkan tulisannya di sana. Banyak jenis tulisan yang bisa diterima di sana. Ada cerpen, essai, hibernasi, puisi, opini dan lain-lain. Kamu kunjungi aja websitenya dan bisa membaca semua ketentuan tulisan yang kamu minati. Tentu saja pasti dapat imbalannya. Hanya saja bagi saya pribadi, tulisan-tulisan di sini nyastra banget, kadang kesulitan untuk mempelajarinya dan kata temen-temen yang rajin mengirimkan karyanya ke sana, agak susah untuk tembusnya. Namun siapa tahu karyamu bisa tembus di sana. Keren kan.

www.janang.id

Website ini hampir mirip dengan basa-basi.Jenis tulisannya tidak sederhana namun memiliki makna yang dalam. Di sana kamu bisa mencoba mengirim tulisan jenis puisi, cerpen, opini, ulasan music, review buku. Ada 7 jenis tulisan yang bisa kamu coba. Bisa di kunjungi webnya jika ingin mengetahui syarat dan ketentuan pengiriman naskah. Sebelum mengirimkan naskah ke sana, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu jenis tulisan dan gaya bahasa dari tulisan-tulisan yang dimuat di sana.

www.savanapost.com

Di savanapost jenis tulisan yang  dimuat lebih banyak daripada website-website di atas. Jika dimuat kamu akan mendapatkan buku sebagai imbalannya. Senang kan, tulisan dimuat dan koleksi buku bertambah. Bisa di review bukunya kemudian kirim lagi ke Savanapost dapat buku lagi, git uterus sampai Savana post bosan untuk memuat tulisan kamu.

www.mojok.co

Di Mojok.co saya merasa tulisan di sana harus sedikit berani, bernuansa santai atau kocak. Ketika membaca Tulsan-tulisan di sana serasa sedang berhadapan langsung dengan penulisanya. DI mojok.co justru nggak ada jenis tulisan cerpen, puisi dan lain-lain. Bisa kamu cek ke webnya langsung untuk mengetahui lebih detail jenis tulisan yang bisa diterima di sana.

www.karepe.com

Web ini khusus menerima tulisan rensensi buku dan ulasan film saja. Untuk film minimal ditayangkan sekitar 1 tahun sebelumnya, dan untuk buku minimal diterbitkan 6 bulan sebelum tulisan dikirim. Di sini imbalannyal lumayan loh, bisa untuk beli 2-3 buku baru. Kamu yang hobi baca dan nonton film baru, bisa nih dicoba untuk menuliskan pandangan kamu tentang buku yang kamu baca atau film yang kamu tonton itu. Untuk lebih detailnya, kamu bisa intip websitnya, ya.

Nah, yuk belajar lagi dan coba kirim ke media yang kita rasa cocok dengan tulisan kita. Seneng kan kalau hobi kita dihargai, apalagi penghargaanya bis auntuk nambah uang jajan (anak kost) atau beli buku. (end)

#Day29
#Bloggerperempuan
#BPN30DayBlogChallenge

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: