Menerapkan SEO on Page dalam Artikel, Lakukan 7 Hal Ini

Seo on Page

Menerapkan SEO on Page di Artikel, Lakukan 7 Hal Ini – Usai sudah, cinta kita. Eits, kok malah menyanyi. Ini mau menyuarakan hati sebab akhirnya kami lolos dari Kelas Blogger bareng KGBnya Growthing.id dengan predikat “Cumlaude”. Siapa memang yang menyematkan predikat itu kepada kami? Ya kami sendiri lah. Hehehe

Jadi ceritanya begini. Di KGB 2, hanya  tertinggal 10 orang saat tema research keyword. Di tema ini kami lolos dengan manis. Tetapi di tema SEO On Page, 9 orang gugur dengan manisnya. Bocorannya saya yang dikick untuk pertama kalinya, karena  mas Irwin dah tahu dari siang, klo struktur blog saya nggak memenuhi parameter. Sediiih banget waktu itu. Tapi ternyata, kok satu persatu bilang jika kena tendangan si Madun. satu orang saja yang lolos yaitu mbak Nita.

Namun, Meskipun baru sampai di materi ke-6, tetapi banyak sekali ilmu yang didapat. Dan rasanya malu banget bahwa selama ini  saya hanya menulis saja, tanpa memperbaiki kualitas blog. Pantes saja pengunjung sepi dan viewernya sedikit banget. So, apa yang harus diperbaiki di dalam blog kita?

7 Cara Menerapkan SEO On Page

Menjadi blogger ternyata tidak hanya menulis saja, sih. Dia harus tahu hal apa saja yang bisa mendukung blognya bisa dikunjungi banyak orang, atau mungkin menempati halaman pertama di google. Yuk, kita ketahui apa saja hal yang bisa dilakukan untuk membuat blog menjadi semakin keren:

1. Download Meta SEO Inspector untuk Chrome

Meta SEO Inspector membantu kita menganalisa kualitas  blog dan tulisan apakah sesuai dengan SEO indikator atau tidak dengan cepat. Caranya, cari kata kunci SEO inspector di google, lalu klik, dan download. Nanti, akan terpasang otomatis di sebelah kanan bagian atas dengan icon balon. Meta Seo Inspector akan mengindikasi setiap artikel yang kita buka, antara lain:

SEO Inspector
Menerapkan SEo dengan SEo Inspector
  • Judul, Meta Seo akan memperlihatkan warna merah atau memberi peringatan ketika judul yang kita tulis melebihi 55 karakter. Jika ada indikasi ini segera ubah judul, sehingga tidak akan muncul lagi warning di meta SEo inspektor.
  • Html Lang, Setting html languange ke dalam bahasa Indonesia, jangan sampai keliru ke bahasa India. Soalnya ini pernah kejadian sama temen satu tim di KGB2, akhirnya karena kesalahan setitik ini harus terkena tendangan Dahsyat si Madun.
  • Og type, harus berbentuk article (bukan html). Og image, ini adalah thumbnail yang akan muncul saat link tulisan kita share di berbagai media sosial.
  • Headers atau structure tulisan, structur ini harus urut H1 H2 H3 hingga H4, jangan sampai ada yang lonncat dari H1, H5, H2, H4. Karena ini pengaruh terhadapt traffic tulisan.

2. Menyematkan Meta Description

Meta description sangat penting untuk sebuah artikel, karena mewakili isi dari tulisan di halaman google. Meta description juga wajib mengandung kata kunci dari tulisan. Jadi jika artikel-artikelmu belum semuanya memiliki meta description, maka mulai sekarang tambahkan meta decription ya. Jangan kendor, semangat.

Baca Juga:
Kelas Growth BLogger, Kelas Blogger paling Oke
– Belajar Yoast SEO Dasar, Agar Indikator Hijau

3. Internal dan External Link untuk SEO on Page

Dalam tulisanmu usahakan ada internal link dan external link. Internal link adalah link tulisan yang diambil dari blogmu sendiri, dan ini biasanya berkaitan. External link adalah link yang berasal dari luar blog, bisa jadi dari job placement atau jika tidak kamu bisa menaruh link wikipedia.

Seo on Page
Cara Menerapkan SEO dalam Artikel

4. Keyword (Kata Kunci) di Heading dan Subheading

Kata kunci sangat penting dan ini mempengaruhi viewer blog kamu. Letakkan  kata kunci di heading (judul) dan subheading (H2, H3, H4). Selain kata kunci, juga masukkan kata kunci turunan di beberapa bagian paragraf. Kata kunci ini akan membawa tulisan kita masuk ke 5 halaman google.

5. Alt Image, Title, dan Description Image

Gambar atau infografis wajib disisipkan di dalam sebuah artikel, dan wajib diberi keterangan di Alt Image, title dan description Image. Keterangan yang ditaruh di dalamnya harus mengandung kata kunci, kata kunci turunan dan LSI. Sehingga semakin memaksimalkan tulisan agar bisa menjangkau banyak pembaca.

6. Aktifkan Plugin SEO

Plugin SEO sangat membantu membaca kualitas tulisan kita apakah sudah memenuhi standar SEO on Page apa belum. Untuk WordPress biasanya banyak yang menggunakan Yoast SEO atau Rank Math. Blog wiwidstory.com sendiri menggunakan Yoast SEO, karena penerapannya yang sangat simple. Meski begitu ketika saya sedang tergesa-gesa dengan tulisan deadline, saya tidak mengisi data-data parameter Yoast SEO di bawah tulisan. So, jangan lewatkan untuk mengisi parameter SEOnya ya!

Seo On Page
Menerapkan SEO on Page di Blog

7. Konsisten Menerapkan SEO on Page

Setelah berusaha memperbaiki satu persatu artikel di blog hingga sesuai dengan parameter SEO, maka lakukan hal yang sama untuk setiap artikel baru. Jadi, kita tidak perlu bekerja dua kali. KIta harus konsisten menjaga artikel memenuhi parameter SEO on Page tersebut. Setidaknya, kita tinggal mempelajari bagaimana optimasi SEO off Page alias  Parameter SEO yang di manage di luar blo kita.

Yuk, kita perlahan mulai perbaiki blog. Saya sendiri ada sekitar 280 artikel yang harus di cek. Jadi kalau temen-teman punya artikel lebih banyak, nggak perlu bingung. Jadwalkan saja setiap harinya dengan 5 artikel atau 1 page (halaman) blog. Dan tanpa disadari secara perlahan semua artikel akan terselesaikan dan memenuhi parameter SEO sehingga memenuhi keriteria artikel yang berkualitas. Konsisten, yuk!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.