Jajanan Lebaran
Lifestyle

8 Jajanan Lebaran yang Wajib Ada Saat Hari Raya

Jajanan Lebaran

8 Jajanan Lebaran yang Wajib Ada Saat Hari Raya. Lebaran pasti terasa tidak lengkap jika tidak ada jajanan atau kue-kue yang menghiasi meja tamu. Bener kan? Selain baju baru, juga tampilan rumah dengan aksesoris atau cat baru, jajanan atau kue lebaran sudah banyak ditawarkan oleh tetangga-tetangga, grup jual beli online seperti FJB. Berbagai jenis jajanan berseliweran tiada henti dan tentunya menggoda banget untuk dibeli.

Saya sendiri sudah mempersiapkan jajanan lebaran untuk menyambut tamu-tamu yang datang nanti. Sebenarnya sih nggak banyak tamu, -eh banyak ding, anak-anak bertamu ke rumah- karena biasanya saya sekeluarga yang jadi tamu. Tetapi jajanan untuk lebaran wajib ada.

Dan ini nih jajanan lebaran yang wajib ada di rumah:

#1 Nastar

Kue ini selalu menjadi favorit saya, pasti yang lain juga kan ya. Rasanya yang gurih dan legit dengan isi selai nanas, membuat saya tak berhenti ketika sudah nyemil satu dari toples. Untuk Nastar, saya nggak mau repot-repot bikin sendiri. Hemat sih iya, tapi saya paling nggak tahan harus seharian duduk untuk menghabiskan satu atau setengah kilo adonan nastar, nyerah pokoknya. Untunglah ada tetangga yang bikin kue, dan enak rasanya juga sudah menjadi langganan setiap tahun. Dan yang penting harganya termasuk murah di antara penjual yang lainnya. Lazis pokoknya.

#2 Putri salju

Jajanan ini masih saudaraan dengan nastar. Hanya saja rasanya lebih manis, nyes gitu di mulut karena taburan gula halusnya. Yang suka jajanan ini hanya saya dan paksu. Anak-anak lebih suka dengan nastar, dan sama dengan nastar, saya rela merogoh kocek dibandingkan seharian duduk memanggang  kue di depan oven.

#3 Astor mini

Kalau jajanan ini idola anak-anak. Setiap tahun tak pernah bosan pesan sama tetangga. Kalau ini tentu beli saya, belum pernah nyoba sekalipun untuk bikin sendiri. Harganya juga relative terjangkau sekitar 60 ribu per kilonya.

#4 Singkong Bakar pedas

Sama dengan astor mini, jajanan ini kesukaan anak-anak. Pesan di tempat tetangga. Meski rasanya sedikit pedas, entah mengapa anak-anak suka. Mungkin karena banyak micinnya ya, jadi ketagihan untuk nyemilin terus.

#5 Peyek

Peyek juga jajanan yang wajib ada saat lebaran. Untuk peyek, tahun ini saya buat sendiri. Berbekal searching di youtube, saya menemukan resep masak di akun @masak yuk milik mama bae. Dan beneran nih, peyek ala mama bae renyah, gurih dan enak.

#6 Kue Bawang

Sama dengan peyek, kue bawang harus ada di toples saat lebaran. Kali ini saya mengaplikasikan resep dari Youtube Dapoer Lestari. Dan rasanya pas banget, enak, gurih dan nagih.

#7 Kacang Bawang

Baru sore tadi saya membuat kacang bawang sendiri. Tentu saja ngopi resepnya Mama bae di akun Youtube Masak yuk. Wah anak-anak suka saat mencicipinya, bahkan nggak mau berhenti. Terus saya stop deh, takutnya sebelum lebaran kacangnya sudah habis. Menerapkan resep Mama Bae, kacang yang saya hasilkan terasa enak, gurih dan memang rasanya mirip kacang mede. Nagih bener.

#8 Tape Ketan

Tape Ketan, ini jajanan favorit saya dengan paksu. Hanya saja hingga hari ini saya belum emndapatkan raginya. Alamat Tape ketan nggak ada di meja tamu saat lebaran nanti. Mungkin belum rezeki kali ya, tahun ini. Nggak papa sih sebenarnya,s ebab hidangan lainnya diatas juga tidak kalah menggugah selera.

Nah bagaimana dengan teman-teman sendiri? sudah siap Jajanan lebarannya? (end)

#BloggerPerempuan
#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#30HariKebaikanBPN
#Day27

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: