Canva

Blogging
Canva editing

Siapa sih yang tidak senang jika hobinya di bayar? Memang ada? Tentu ada. Dunia digital yang semakin maju ini memudahkan manusia untuk mengakses tekhnologi dan juga memudahkan mereka berkomunikasi dengan dunia luar. Pada umumnya mereka saat ini menggunakan media sosial sebagai narahubung, di mana setiap orang bisa melihat kegiatan dan profil orang lain lewat media sosial tersebut. Salah satu diantara media sosial yang sangat menguntungkan adalah blog.

Blog adalah sarana yang paling tepat bagi kita untuk menuangkan kegelisahan dan segala unek-unek di kepala. Dan senangnya, jika blog dibangun dengan baik, maka pada kemudian hari akan memberikan keuntungan finansial dan sosial. Bisa jadi kita kelak bisa menghasilkan buku dari tulisan-tulisan yang kita posting  di blog, atau mungkin ada pihak ke tiga yang ingin menaruh artikel tentang produk mereka di blog kita. Hal yang kedua ini pasti lebih membuat semangat para narablog untuk menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan banyak dicari di mesin google.

Seperti di kelas menulis artikel bersama Wildan Fuady yang pada pertemuan pertama menjelaskan tentang dunia blogging dan juga beberapa poin untuk optimasi blog. Beberapa materi bisa saya ambil saripatinya adalah bahwa saya bisa mengetahui beberapa hal dasar tentang dunia kepenulisan dan blogging  dan bagaimana tulisan itu menemukan nasibnya.

Berikut tip-tips untuk menjadi blogger:

Memilih Template Blog : BlogSpot atau WordPress?

Bagi kamu yang ingin menulis di blog, kamu bisa bangun rumah mayamu dengan template gratisan blogspot atau wordpress. Apa sih perbedaanya? Ada banyak hal dasar yang membedakanya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Template Blog

WordPress atau Blogspot

Di lapangan sepertinya banyak narablog yang lebih memilih template blogspot karena secara manajemennya blogspot lebih mudah dibandingkan dengan wordpress. Blogspot juga sudah terintegrasi google, sehingga pengaturan adsense dan lain-lain jauh lebih mudah. Selain itu pilihan  templatenya pun sangat banyak dan responsif, dan hanya cukup login ke gmail untuk masuk ke blogspot. Untuk membuat blog dengan blogspot kamu cukup login ke blogger.com menggunakan akun gmailmu. Untuk wordpress kamu bisa masuk ke www.wordpress.org

 Manfaat Memiliki Blog

Banyak manfaat kita dapatlan dari aktifitas blogging. Selain sebagi sarana untuk mengekspresikan diri, blog juga akan membuat pemiliknya memiliki branding yang kuat, memiliki portofolio tulisan yang bisa dimana saja dan kapan saja asalkan memiliki kuota internet,  nama kita bisa dikenal luas melalui internet, dan juga diri kita sendiri akan semakin banyak dikenal orang melalui tulisan.

Tips Blogging Bagi Para Pemula

Sering kita mendengar pertanyaan atau curhat dari penulis pemula atau narablog pemula bahwa mereka malu  atau kurang percaya diri ketika melihat viewer blognya sangat sedikit. Terkadang hal ini membuat mereka tidak melanjutkan aktivitas ngeblognya dan akhirnya sarang laba-labalah yang akan menghuni blog tersebut.

Nah, tentu saja sebagai pemula tidak boleh berfikiran seperti itu, bukan? Memang sih mungkin kadang terlintas di kepala lalu hati bertanya, untuk apa sih nulis di blog, yang baca saja nggak ada, percuma? Eits jangan salah, meskipun hanya satu, pasti ada yang membacanya dan siapa tahu yang satu itu sangat menyukai dan merasakan manfaat dari tulisan kamu.

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar tidak merasa merana adalah bergabung dengan komunitas kepenulisan, salah satunya yang menganjurkan menuliskannya di blog. Jika kamu bergabung dengan komunitas kepenulisan, di sana kamu bisa belajar banyak dari para penulis senior, tentunya kepercayaan dirimu akan semakin bertambah.

Selain itu kamu nggak usah ragu untuk share  tulisanmu di media sosial seperti facebook, twitter atau instagram. Percayalah bahwa setiap tulisan akan menemukan penggemarnya sendiri. Tapi tentu saja, diiringi dengan kemauan diri untuk terus menjadi lebih baik.

blog

Source : unsplash.com

Tulisan di atas adalah hasil saya mengikuti  kelas belajar menulis Artikel bersama Kang Wildan Fuady. Tentu saja masih banyak lagi yang disampaikan di kelasnya. Kelas Menulis Artikel ini juga cukup ketat aturannya, sebab bagi yang tidak mengerjakan tugas tidak akan mendapatkan materi selanjutnya alias tidak bisa naik level. Tentu saja ini masih wajar, karena semua aturan yang mengikat itu mengajarkan tentang kedisiplinan juga rasa tanggung jawab bagi pesertanya. (end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

15 Comments

lisa lestari · 7 February 2019 at 19:47

Wah, ikut kelasnya online atau offline mbak? Mupeng..hehehe

    Wiwid Nurwidayati · 7 February 2019 at 23:13

    Online Mbak

Suden Basayev · 7 February 2019 at 20:05

Wah terima kasih sudah berbagi ilmunya mbak. Meski gak ikut kelasnya, tapi ikut menikmati ilmunya… Joss!

    Wiwid Nurwidayati · 7 February 2019 at 23:13

    sama-sama, Mas Suden

MS Wijaya · 7 February 2019 at 20:29

Wahh suka banget sama tipsnya. Aku termasuk kayak gitu dulu. Suka sedih kalau nggak ada yg baca ?? tapi skr udah nggak dong. Yakin setiap tulisan akan menemukan penggemarnya ??

    Wiwid Nurwidayati · 7 February 2019 at 23:14

    Iya, Aku dulu juga gitu. Sekarang mah santai saja

Heru Widayanto · 7 February 2019 at 20:41

Sangat bermanfaat. Meski tidak mengikuti kelasnya, tips ini layak saya coba untuk menghidupkan blog saya yang sudah sawangan.

    Wiwid Nurwidayati · 7 February 2019 at 23:15

    terimakasih, Kang

Novarina DW · 7 February 2019 at 23:27

Tulisan mbak Wid makin mantap. Keren. Semoga aku ketularan juga bisa nulis sekeren ini ^^

    Wiwid Nurwidayati · 7 February 2019 at 23:39

    Terimakasih, Mbak Nova

Alif Kiky · 8 February 2019 at 04:49

Kadang kalau viewernya sedikit jadi malas nulis. Kasih tips dong mbak biar makin semangat nulis

    Wiwid Nurwidayati · 8 February 2019 at 22:04

    kayaknya tipsnya hanya ingin menuangkan unek-unek saja, mbak. Jadi plong dan semangat setelah nyelesain tulisan

Dymar Mahafa · 8 February 2019 at 08:33

Bagi tips cara memanfaatkan Adsense di blog dong mbak Wied ?

    Wiwid Nurwidayati · 8 February 2019 at 22:02

    Saya juga belum ngerti, Dymar. Mungkin Pak Ketualebih tahu

Pengalaman Menulis Artikel Bersama Blogpartner.id dan Rajabacklink.com | Wiwid Story · 22 March 2019 at 07:56

[…] Baca Juga : Belajar Nulis Artikel Bersama Wildan Fuady, Dari Hobi Jadi Piti (Duit) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: