Belajar Yoast SEO
Belajar SEO Dasar ala Yoast SEO

Belajar SEO Dasar ala Yoast SEO, Ngeblog Senang Saat #DiamDiRumah. Sebagai blogger pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah SEO alias Search Engine Optimatization. Salah satu tolok ukur kualitas blog kita di mesin pencarian google.

Beberapa ahli di bidang SEO mengatakan bahwa tidak ada rumus pasti dalam SEO. Namun jika CMS blogmu adalah wordpress, kamu bisa download plugin Yoast SEO. Dengan adanya Yoast SEO, bisa membantu blogmu menaikkan DA/PA.

Ada beberapa aturan sederhana sehingga tombol notifikasi Yoast SEO berwarna hijau yang berarti tulisan kamu sudah mengikuti kaidah yang benar akan SEO dasar.

Apa saja sih aturan yang harus diikuti di Yoast SEO?

16 Aturan Yoast Seo yang Harus Dipenuhi

Sebelum mengikuti aturan Yoast SEO di blogmu, yang pertama harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Plugin Yoast SEO. Setelah plugin itu terpasang dengan benar, kamu tinggal menyesuaikan tulisan sesaui aturan dasar Yoast SEO.

Berikutnya, ikuti petunjuk atau perintah di bagian Yoast Seo Analysis agar tombolnya menjadi hijau.

1. Focus Keyphrase

Artinya adalah fokus ke kata kunci. Biasanya kata kunci ini berisi maksimal 4 kata dan ia harus berada di awal kata pada judul tulisanmu. Jika tidak ditulis sesuai aturan tersebut, maka kamu tidak akan mendapatkan tombol hijau

2. Edit Snipped

Edit Snipped ini beris 2 hal yang harus diselesaikan. Pertama, Slug, yang biasanya adalah judul tulisan kita dengan separator atau slash

Slug and Meta Description di Yoast SEO
Slug dan Meta Description

Kedua, Meta Description. Meta Description ini seperti cuplikan paragraf untuk menarik pembaca yang nanti akan muncul di laman google. Biasanya tak lebih dari 152 karakter. Pastikan kata kunci berada di dalam meta description ini.

3. Outbond Links

Outbond links berarti link website lain di luar dari isi blog kamu. Jika kamu sudah pernah menerima job dari pihak lain, kamu biasanya diminta untuk menyematkan baclink website mereka dengan anchor text tertentu. Nah backlink itu adalah salah satu contoh dari outbond links.

Namun bukan berarti tulisan yang bukan job tidak bisa menyematkan outbond link. Kamu bisa menyematkannya, mungkin referensi dari artikel yang kamu buat. Pastikan website yang kamu sematkan aman, sehingga tidak mempengaruhi kualitas blogmu.

4. Inbound Link

Kebalikan dari Outbond link, inbound link adalah link tulisan kamu lainnya yang berasal dari blog kamu sendiri. Para blogger biasanya menyematkan inbound link untuk tulisan yang setema.

5. KeyPhrase in Introduction

Maksud dari Keyphrase in Introduction adalah apakah kata kunci sudah kamu sematkan di awal paragraf? Itulah mengapa mungkin kamu sering banyak menemui judul tulisan di kopi ulang di awal paragraf. Semata-mata agar karena memenuhi kriteria ini.

6. Keyphrase Length

Panjang kata kunci tidak lebih dari 4 kata. Karena jika semakin panjang maka mesin google akan susah untuk membaca kata kuncimu.

7. Keyphrase Density

Indikator no 7 ini menunjukan seberapa sering kamu menggunakan kata kunci di dalam artikelmu. Setahu saya tidak boleh lebih dari 6 kata kunci dalam satu tulisan artikelmu

Indikator Yoast SEO
Indikator Yoast SEO jika sudah memenuhi kriteria

8. Keyphrase in Meta Description

Nah untuk aturan yang no 8, ini seharusnya sudah jelas bahwa kata kunci harus berada di dalam meta decription. Seperti yang sudah di sebutkan di poin ke 2.

9. Metadescription Length

Panjang Meta Description (poin no 2) diantara 120 – 156 karakter. Seperti yang dijelaskan di atas, meta description adalah kalimat promosi yang akan ditampilkan di mesin google dan juga sebagai alat menarik pembaca untuk mengunjungi blog atau websitemu.

10. Previously Use Keyphrase

Hal ini menyatakan bahwa kata kunci yang kamu gunakan untuk artikel kali ini belum pernah dipakai pada artikel kamu sebelumnya.

11. Keyphrase in Subheading

Sub Heading di Worpress
Subheading Setting

Kata kunci selain harus berada di awal paragraf, ia juga harus ditempatkan di sub judul tulisan kamu. Sudah paham bukan sub heading? Jika diwordpress biasanya kita buat atau ada pilihan H1,H2,H3. Jaadi kata kunci harus ada di subheading (sub judul).

12. Image Alt Altribut

Saat kamu memasang gambar di antara tulisanmu. kamu harus memasukkan kata kunci di kolom alt text sebelah kanan. Jumlah alt text yang emngandung kata kunci tidak boleh lebih dari 6. Jadi jika kamu menyisipkan 8 gambar di dalam tulisanmu, pastikan hanya 6 saja yang disematkan image alt text dengan kata kunci. Selebihnya, kamu harus tetap mengisi alt text tetapi dengan kata lainnya (bukan kata kunci)

13. Text Length

Panjang artikel tulisan akan dinilai bagus oleh Yoast SEO jika lebih dari 500 kata. Pastikan artikel kamu tidak kurang dari jumlah ini.

14. Keyphrase in Tittle

Pastikan kata kunci berada di awal kata pada judul tulisanmu. Jika kata kunci”Tiket murah” kamu bisa membuat judulnya menjadi Tiket Murah ke Raja Ampat, Siapa Cepat Dia Dapat. Tiket murah berada di awal kata pada judul artikelmu.

15. Seo Tittle Width

Judul artikel tidak boleh terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Karena jika terlalu panjang mesin pencari tidak akan bisa memastikan manakah judul yang pasti. Nanti jika terlalu panjang, Yoast SEO akan memperiingatkan hal ini. Setiap tombol merah yang keluar karena kamu tidak memenuhi kriteria, Yoast SEO akan memberitahu dengan memberi petunjuk yang harus dibenarkan.

16. Keyphrase in Slug

Pastikan Keypharse berada didalam Slug (poin 2)

Setelah mengetahui poin-poin aturan Yoast SEO di atas, silahkan mempraktekannya di dalam blogmu sendiri. Dan rasakan asyiknya nguprek uprek blog sepanjang hari. Tetap senang walau hanya #DiamDiRumah

#Day11
#DiamDiRumah
#BPNRamadan2020
#BPN30DayRamadanChallenge


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Caroline Adenan · 2 May 2020 at 08:09

Wahh makasih sharingnya mba. Aku jadi dapat ilmu baru nih ttg SEO.

    Wiwid Nurwidayati · 2 May 2020 at 20:30

    sama-sama mbak, hanya sharing sebisanya. terimakasih sudha mampir

Leave a Reply

Your email address will not be published.