Spread the love

Gara-Gara Alergi Debu Tugas Itu Beralih Kepadaku. Berbicara masalah alergi, di keluarga kecil saya, suami, anak pertama dan kedua gampang sekali terkena alergi. Baik berupa makanan maupun dari kotoran di sekitar seperti debu.

Kedua anak saya tersebut sepertinya gen darahnya lebih banyak dari ayahnya. Eh…apa hubungannya? Nggak tahu, pokoknya sifatnya banyak seperti ayahnya. Kalau ayahnya anak-anak, gampang sakit, kalau saya kayak badak.

Alergi

Cerita Alergi yang Diderita Suami

Semakin lama menikah, saya akhirnya mengerti bahwa semakin banyak hal yang baru saya ketahui tentang pasangan. Salah satunya adalah alergi yang dialami suami.

1. Gatal-Gatal Berujung Bentol

Ada cerita diawal pernikahan, suami mengalami bentol- bentol sekujur badan. Bentol-bentolnya itu besarnya seperti bentol yang terkena ulat. Herannya, bentol-bentol itu akan muncul mulai senja hingga malam menjelang tidur saja. Dua hari pertama, bentol bisa mereda setelah minum CTM. Tetapi hari ketiga, ternyata gatal-gatal yang menyebabkan bentol tersebut semakin tidak bisa diatasi.

Akhirnya sepulang kerja, suami memutuskan untuk memeriksakan ke dokter spesialis kulit kelamin. Beruntungnya lagi pas disana, gatal-gatal yang berujung bentol-bentol tersebut sedang timbul. Jadinya dokter bisa melihat langsung dan mendiagnosis dengan tepat. Memang ajaib, sejak saat itu bentol-bentol itu nggak pernah kambuh. Oya, kata dokter sih penyebab gatal-gatal tersebut bukan karena alergi, tapi karena darahnya sedang kotor.

Alergi
Allergy Pexels

2. Alergi Debu

Kalau ini tingkat alerginya sudah parah. Jadinya Pak Suami nggak bisa bersih-bersih rumah. Sebab terkena debu sedikit saja dia langsung bersin-bersin. mending kalau bersinnya berhenti dalam 10 menit. Ini enggak, bersihnnya bisa seharian dan biasanya berujug pilek dan batuk.

Ternyata setelah diselidiki atau cerita-ceita dengan pihak keluarga inti suami, ini seperti alregi keturunan. Saudara suami yang berjumlah 9, sebagain besar mengalami hal yang sama, alergi debu. Jadi ya uwislah, kalau ada acara bersih-bersih, beliau angkat tangan daripada bersin-bersin lalu flu.

Alergi Pada Anak

Hanya anak pertama dan kedua yang mewarisi alergi ayahnya. LAergi yang siarisi adalah alergi gatal-gatal, yang berujung bentol. Waktu bentol juga nyaris sama, menjelang senja hingga malam hari. Setelahs aya perhatikan sepertinya mereka alergi setelah makan satu jenis makanan yang sama untuk beberapa hari. Misalkan mereka makan ayam untuk waktu 3 hari berturut-turut, maka dihari ketiga bentol itu akan muncul.

Cara Mengatasi Alergi Ala Wiwidstory

Setelah mengalami beberapa pengalaman alerg diatas, berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi atau mencegahnya:

1. Menu Makan yang Bervariasi Setiap Hari

Saya selalu berusaha menyusun menu yang berbeda setiap harinya. Meskipun sederhana yang penting enak di lidah. Misalkan hari ini saya masak ikan, besok masak telur, besoknya lagi masak cumi. Intinya, menu makan di rumah setiap harinya berbeda.

2. Pola Hidup Bersih

Selalu budayakan pola hidup bersih. Membersihkan setiap sudut rumah, sehingga debu tidka menumpuk tebal disuatu tempat. Mencuci tangan dan kaki saat dari luar, mau makan dan mau tidur. Tak lupa istirahat cukup dan olahraga ringan meski sebentar.

3. Menghindari Sumber Alergi

Sepeti suami saya yang alergi debu, agar bersin dan flunya tidka kambuh, maka dia harus jauh-jauh dari debu.

4. Menyiapkan CTM Sebagai Obat P3K

Obat ini cukup ampuh utnuk meredakan gatal-gatal karena alergi. Cara penggunaanya perlu diketahui berat badan penderita ya. Jika ragu, konsultasikan ke ahli yang lebih tahu.

Nah, kalau teman-teman sendiri punya cerita alergi? Cerita Alergi Keluarga saya diatas semoga bisa sedikit membantu teman-teman yang mengalaminya juga.

“Tulisan ini dikutsertakan dalam tema mingguan “Alergi” oleh komunitas 1Minggu 1Cerita (1M1C).


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

3 Comments

Tulisan Minggu #37 2020 - 1 Minggu 1 Cerita · 22 September 2020 at 15:45

[…] Wiwid Nurwidayati : Cerita Alergi Keluarga Kecilku […]

Indomilk Susu Bubuk, Apa Manfaat & Kelebihannya? - Wiwid Story · 26 September 2020 at 21:38

[…] Baca juga :– Cerita Alergi Keluarga Kecilku […]

Indomilk Susu Bubuk Manfaat dan Kelebihannya - Wiwid Story · 26 September 2020 at 22:27

[…] Baca juga :– Cerita Alergi Keluarga Kecilku […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: