Beasiswa Kuliah Unggulan
Education,  Sponsored Post

Ditutup 9 Agustus 2019, Yuk Intip Cara Daftar Beasiswa Kuliah Unggulan dari Kemendikbud

Ditutup 9 Agustus 2019, Yuk Intip Cara Daftar Beasiswa Kuliah Unggulan dari Kemendikbud. Siapa yang tak ingin melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang perguruan tinggi. Tentunya, hal tersebut merupakan impian bagi semua orang ya. Terlebih jika Anda bisa mendapatkan beasiswa kuliah di kampus ternama atau perguruan tinggi negeri favorit.

Tidak hanya itu, mendapatkan beasiswa kuliah juga bisa membuat pengeluaran pendidikan Anda terutama orangtua Anda, menjadi berkurang. Sehingga, Anda bisa membantu orangtua dalam hal biaya, namun tetap bisa mengeyam pendidikan tinggi.

Selain itu, dengan berkuliah atau mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dan cukup, tentunya akan membangun proses berfikir lebih baik, daripada yang belum cukup memperoleh pendidikan. Apalagi yang sampai putus sekolah, karena berbagai hal. Karena hal tersebut tentu saja akan merugikan masa depan Anda sendiri.

Nah, saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang membuka program pendaftaran untuk beasiswa unggulan. Program beasiswa kuliah yang difasilitasi oleh Biro Perencanaan dan Kerjasana Luar Negeri Sekretarian Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, diumumkan pada tanggal 15 Juli 2019 di laman website resminya. Dan untuk proses pendaftarannya dibuka pada tanggal 17 Juli 2019 hingga 9 Agustus 2019.

Baca Juga: Ketahui Biaya Pendidikan Dengan KTA Bank Mandiri

Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar, masih ada kesempatan 4 hari lagi dari sekarang. Bagaimana caranya? Dikutip dari laman resmi beasiswaunggul.kemendikbud, berikut tata cara mendaftar dalam program beasiswa unggulan:

– Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Jenis program beasiswa kuliah unggulan yang satu ini merupakan beasiswa kuliah dalam negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3. Namun, beasiswa ini hanya dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun Anda yang sudah berstatus mahasiswa maksimal semester 2.

Selain itu, beasiswa kuliah ini dibuka untuk atau ditujukan untuk masyarakat berprestasi di segala bidang dan jurusan, namun tidak diprioritaskan bagi dosen.

Beasiswa Kuliah Unggulan

– Beasiswa Unggulan 3T

Program beasiswa kuliah selanjutnya yang dibuka oleh Kemendikbud ialah, beasiswa unggulan 3T. Beasiswa kuliah ini merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi siswa yang dikeluarkan daerah 3T, sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 131 Tahun 2015, Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.

– Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud

Untuk beasiswa kuliah terakhir yang dibuka oleh Kemendikbud adalah merupakan beasiswa yang diberikan kepada PNS di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan pendidikan Magister atau Doktor di dalam atau luar negeri melalui mekanisme tugas belajar.

Itulah 3 jenis beasiswa kuliah unggulan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, yang bisa Anda pilih untuk menjadi salah satu solusi mendapatkan beasiswa kuliah. Hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah tata cara pendaftarannya, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Buka website beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id, lalu membaca informasi dan Frequently Asked Question (FAQ).
  2. Lakukan registrasi beasiswa unggulan di (https://buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id)
  3. Proses aktivasi (biasanya berjalan selama 1-2 menit). Anda bisa buka email untuk aktivasi akun yang didaftarkan saar resgitrasi. (Apabisa link aktivasi tidak ada lebih dari 30 menir, klik tombol bantuan untuk mengganti email).
  4. Login menggunakan akun yang telah didaftarkan dan diaktivasi.
  5. Melengkapi form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang valid. Apabila telah memasukan data sesuai, maka akan mendapatkan nomor registrasi.
  6. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 akan diumumkan via email. (Peserta yang tidak lulus, bisa mengikuti Beasiswa Unggulan Batch 2 di tahun yang sama).
  7. Pemanggilan seleksi tahap 2 secara tatap muka, dilakukan melalui email. (Bagi yang tidak hadir akan dinyatakan mengundurkan diri)
  8. Pengumuman akhir dapat dulihat di akun dan email, peserta yang lolos akan melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek. (Bagi yang tidak hadir, maka akan dinyatakan mengundurkan diri).
  9. Peserta yang lolos, akan mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas atau yang telah ditentukan.

Nah itu dia tahap dari pendaftaran beasiswa kuliah dengan program Beasiswa Unggur yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Tidak hanya satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah dalam maupun luar negeri. Karena masih ada banyak jalan dan cara agar Anda bisa mendapatkan beasiswa.

Anda bisa mendapatkan beasiswa kuliah dengan 3 cara berikut, yang bisa Anda baca di sini: https://www.cekaja.com/info/3-cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah/

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

4 Comments

  • Renita Oktavia

    Saat sebelum nikah, dulu saya ngebet banget dapat beasiswa S2, pengennya dulu dari Fulbright 😀. Qadarullah gak lolos. Begitu menikah dan punya anak, ditawari lagi sama seorang teman, udah gak tertarik lagi karena memang sudah gak kuat mikir 😀.

    Sayang sekali, saya telat mengetahui artikel ini. Tanggal 9 kan hari ini, kalau saya share ke group alumni siswa saya, mepet banget kayaknya.

    • Wiwid Nurwidayati

      Saya hanya senang bisa lihat teman-teman yang lain pada sukses S2 dengan beasiswa. Saya cuma harus menyukuri jadi Ibu Rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: