Spread the love

Kuliner Malang yang Legendaris nan Lezat Wajib Dicoba. Tahun-tahun ke depan sepertinya saya akan lebih banyak mengunjungi tanah Jawa, terutama Kota Malang, karena 2 putra saya mengenyam pendidikan di sana. Kota Malang memang terkenal sebagai kota seribu pesantren, selain itu wisata alamnya juga sangat terkenal keindahannya, seperti kota wisata Batu, Jatim Park, Gunung Bromo dan lain sebagainya. Selain tempat wisata, tentu saja berbagai macam kuliner legendaris wajib dicicip saat berkunjung ke Malang.

Baca juga:
Mie tarempa, Mie yang Wajib Kamu Coba saat Berkunjung ke Batam

Berbicara masalah kuliner, Malang memiliki beberapa kedai legendaris yang usianya sudah puluhan tahun. Meskipun sudah berusia puluhan tahun cita rasa yang disajikan oleh toko tersebut masih sama dari generasi ke generasi. Yuk, intip kuliner Malang yang lezat dan penuh Nostalgia.

Kuliner Malang yang Legendaris

#1 Toko Oen

Toko ini sangat terkenal terutama di Kota Malang. Berdiri sejak tahun 1930, Toko Oen masih memiliki cita rasa tersendiri di hati pelanggan. Menu andalan Toko Oen adalah es krim. Siapa sih yang nggak suka es krim? Dari kanak-kanak hingga usia menjelang senja, siapapun pasti merasakan legitnya sajian satu ini.

Kuliner malang Menu di Toko Oen
Menu Sajian Toko Oen

Toko Oen memiliki 4 menu utama yaitu sandwich, salad, steak dan es krim. Kamu dapat menemukan menu legendaris nan lezat ini di Jl Basuki Rahmat no 5 Malang. Kamu juga bisa melakukan reservasi sebelum menikmati santapan di Toko Oen kecuali hari libur nasional.

Harga bervariasi antara Rp 1.000,00 – Rp 85.000,00 untuk makanan dan minuman. Untuk es krim satu scope dihargai sekitar Rp 25.000,00. Untuk varian steak harganya berkisara antara Rp 75.000,00 – Rp 85.000,00. Harga tak akan membohongi kualitas rasa Toko Oen yang sudah 90 tahun berdiri ini.

# Depot Hok Lay

Depot ini berdiri sejak tahun 1945. Menu utama adalah mie dan bakso. Juga menyediakan beberapa camilan oleh-oleh seperti gula kacang dan nastar daun. Harga yang ditawarkan depot ini cukup terjangkau, berkisar antara Rp 5.000,00 – Rp 25.000,00

Kuliner malang Lumpia Depot Hok Lay
Sajian Lumpia di Depot Hok Lay

Menu di Depot Hok Lay antara lain, Lumpia, berbagai macam sajian pangsit, mie bakso, nasi goreng dan sajian mie goreng. Rate yang ditawarkan bervariasai. Harga tertinggi disematkan pada menu pangsit cwiemie bakso yaitu Rp 25.000,00. Jenis minuman yang disajikan antara lain es campur, es puding manalagi, es soda gembira, berbagai sajian kopi dan teh.

Kamu bisa menemukan Depot Hok Lay di Jl. KH Ahmad Dahlan no 10 Malang.

#3 Gerai Bakso President

Restoran ini terletak di tepi rel kereta apai. Tepatnya di Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111. Tetapi jangan dibayangkan dengan kawasan yang padat dan kumuh ya, gerai bakso ini terlihat bersih, asri dan nyaman.

Kuliner malang
Kuliner Bakso President Malang IG @Carikulinersolo

Seperti namanya, menu disini berisi berbagai macam olahan bakso dan mie, juga minuman es dan jus. Menu ini bisa kamu nikmati dengan harga mulai Rp 31.000,00 untuk bakso menu spesial. Jenis bakso lainya berkisar antara Rp 12.000,00 – Rp 25.000,00 tergantung campurannya. Minuman yang paling mahal harganya adalah es campur, selebihnya menu es dan juice lainnya dibanderol harga antara Rp 8000,00 an.

Kuliner malang Bakso President Malang
Lokasi Bakso President Malang #BaksoPresidentmalang

Tiga restoran legendaris di atas tentu saja menghidangkan masakan yang lezat. Tak heran jika hingga puluhan tahun, 3 gerai tempat makan tersebut masih tetap jaya dan penikmatnya selalu mengular. Namun, apakah makanan lezat tersebut masih bisa dinikmati jika kamu sedang sariawan? Tentu saja, tidak. Adakah solusinya?

Mengenal Sariawan Agar Makan Tetap Nyaman

Sariawan memang penyakit yang sering datang datang mengganggu kenikmatan. Tetapi kamu bisa melakukan pencegahan atau meredakan sariawan saat gejalanya mulai datang. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau mengobati sariawan yang datang:

#1 Kenali Jenis Sariawan

Mungkin kamu hanya tahu bahwa sariawan hanyalah luka yang bersarang diarea mulut dan lidah. Tetapi agar penangananya lebih tepat kamu bisa mencari tahu jenis, gejala dan cara pengobatannya dengan konsultasi ke dokter atau membaca informasi di media tentang sariawan dengan detail.

Menjaga Kebersihan Mulut
Sumber : www.unsplash.com

#2 Perbanyak Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Biasanya jika saya sudah merasakan gejala menderita sariawan,saya akan melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi vitamin C lebih banyak dari biasanya. Saya biasanya membeli jeruk 1 kg yang saya gunakan sebagai camilan harian. Selama ini usaha yang saya lakukan dengan mengkonsumsi jeruk berlebih ini berhasil, Gejala sariawan yang biasanya muncul kemudian reda dan hilang.

Vitamin C
Jeruk Sumber Vit C

#3 Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab tumbuhnya sariawan adalah karena kurangnya cairan dalam tubuh. Perbanyak dengan konsumsi air putih, usahakan air putih hangat. Berat ya, kalau banyak-banyak kan perut kembung? Kamu bisa melakukan hal ini dengan membuat jadwal minum, misalkan setiap setengah jam sekali kamu minum 1 gelas. Jika tidak, setiap 1 jam kamu minum 3 gelas terutama jam 09.00 wib  sampai jam 11.00 wib, juga jam 14.00 wib  hingga jam 15.00 wib.

Mencegah Sariawan

So, ketika sariawan sudah hilang maka kamu bisa menikmati makanan apapun dengan lezat tanpa menangis kesakitan. Yang pasti jaga kesehatan mulut, mungkin dengan meggunakan pasta gigi pepsodent yang mengandung flouride sekaligus kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan kebersihan mulut kamu. Yang terpenting jaga jangan sampai sariawan datang lagi, biar lidahmu nikmat menyantap kuliner dimanapun kamu berada.

Pepsodent Siwak
Pepsodent Siwak

Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

1 Comment

Travel Malang Juanda Malang Citytrans Aja - Wiwid Story · 16 September 2020 at 11:50

[…] Baca Juga :– Kuliner Malang yang Legendaris nan Lezat Wajib Dicoba […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: