Menikmati Lezatnya Mie Lendir Khas Kepulauan Riau. Ih..Mie Lendir? Mie apa itu? Mungkin bagi sebagian orang mendengar nama mie lendir akan terasa aneh. Kata lendir yang disematkan di belakang mie, membuat sebagian orang agak merasa ilfil. Tapi tak lantas mie ini tidak ada yang menggandrungi, justru kelezatannya sudah tidak diragukan lagi.

Mie Lendir merupakan makanan khas dari Kepulauan Riau. Meskipun berasal dari daerah ini, sebenarnya pertamakali yang meracik atau mencipta masakan ini adalah orang Jawa. Kata lendir yang disematkan untuk mie ini karena kuahnya yang kental, liat dan berwarna kecoklatan.

Bagi wisatawan ataupun pendatang baru di Kepulauan Riau yang ingin mencicipi lezatnya mie lendir, bisa mendapatkannya dengan mudah di Kota Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun ataupun Batam.

Mencoba Resep Mie Lendir

Meskipun mie lendir ini berasal dari Kepulauan Riau, bukan berarti kamu yang tinggal di luar Kepulauan Riau tidak bisa menikmati lezatnya mie lendir ini. Kamu bisa mencoba sendiri di rumah dari resep berikut yang didapat dari asli penduduk Kepulauan Riau. Bahannya mudah didapat dan harganya juga sangat terjangkau.

Nah, simak resep sederhana berikut:

Mie lezat
Mie Lendir Home Made
Gambar : Kolpri

Bahan-Bahan:
– Mie kuning 500 gr
– Ubi Jalar 150 gr
– Kacang tanah 150 gr
– Daun salam 2 lembar
– Serai 1 batang
– Tepung Maizena 1 sdm
– Gula merah 100 gr
– Air +- 200 cc (sesuai selera)

Bahan-Bahan yang Dihaluskan:
– 5 buah cabe merah kriting
– 5 siung baput
– 2 siung baper
– 1 ruas jari kencur

Bahan tambahan:
– Taoge(siram dengan air panas)
– Cabe Rawit dipotong bulat kecil-kecil
– Telur rebus
– Bawang Goreng
– Seledri iris tipis

Cara Membuat:
1. Siapkan semua bahan yang ada. Goreng kacang tanah lalu halukan
2. Kukus ubi jalar kemudian kupas kulitnya dan haluskan
3. Panaskan minyak goreng, tumis bahan yang sudah dihaluskan hingga harum
4. Masukkan ubi jalar yag telah dihaluskan, daun salam, serai, dan kacang tanah, aduk sampai rata kemudian tambahkan air, tunggu sampai mendidih.
5. Masukan gula merah dan meizena yang sudah dilarutkan, aduk rata, tambahkan garam dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih sambil di aduk. Koreksi rasa, kecilkan api biarkan kuah tetap hangat.

4 Tempat Menikmati Mie Lendir di Batam

Enaknya kapan sih menyantap mie lendir? Sebagian besar warga di Kepulauan Riau menyantap mie lendir saat sarapan. Namun, karena rasanya yang memang gurih dan lezat, mie lendir siap di santap kapan sja.

Nah, jika kamu ragu atau nggak punya waktu untuk mencoba resep di atas, Kamu juga bisa menikmati mie lendir di beberapa kedai kopi ataupun resturant. Berikut ini 4 tempat rekomendasi menyantap mie lendir yang lezat di Batam :

1. Mie Lendir Sun Bread Simpang KDA Batam Centre

Salah satu tempat untuk menikkmati mie lendir di pusat kota Batam berada di kawasan perumahan KDA Batam Center. Selain merupakan pusat pemerintahan di Batam, KDA juga merupakan daerah yang sangat dekat dengan kawasan industri . Harga satu porsi mie lendir di Sun Bread KDA Rp 13.000,00

Mie Lendir New Sun Bread KDA
Mie Lendir New Sun Bread KDA Batam Centre
IG : @ninja.kuliner

2. Mie Lendir Dunia Food Court Batam Centre

Dunia Food Court Batam Center tepatnya berada di Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota, Batam Center. Seperti namanya Dunia Foodcourt, bahwa di sini dijual berbagai macam makanan. Dunia FoodCourt buka dari jam 08.00 – 23.00 wib. Satu porsi mie lendir di sini dibanderol harga Rp.12.000,00

Mie Lendir Batam
Mie Lendir Dunia Food Court Batam.
IG : @Batam_Taste

3. Mie Lendir Kedai Kopi Harum Manis Nagoya

Kali ini kita pindah ke salah satu pusat kota di Batam. Selain Batam Center, Nagoya adalah salah satu pusat bisnis dimana banyak mall dan pertokoan berdiri di sini.

Kamu bisa menemuka mie lendir di kedai Kopi Harum Manis Nagoya. Banyak yang merekomendasikan kedai kopi ini karena saat disajikan kematangan mienya pas, begitu juga dengan taburan taogenya. Selain itu kuahnya terasa kental, gurih, dan masih hangat. Itulah kombinasi yang membuat mie lendir menjadi incaran di sini. Harganya murah, cukup rogoh kocek RP 12.000,00

Mie Kedai harum Manis
Mie Lendir Kedai Kopi Harum Manis Nagoya
IG : @Ninja.Kuliner

4. Mie Lendir Morning Bakery Greenland Batam Center

Mie lendir Morning Bakery
Mie Lendir Morning Bakery Greenland Batam Centre
IG : @ninja.kuliner

Namanya yang memakai kata morning memang merujuk sebagai tempat tujuan di pagi hari. Morning bakery yang identik dengan sarapan pagi dengan roti. Meskipun Morning Bakery dikenal dengan berbagai macam jenis rotinya yang lezat, tetapi Morning bakery Greenland Batam Centre juga menyediakan mie lendir sebagai pelengkap sarapan pagi untuk para pelanggannya.

Apa kah kamu sudah pernah mencicipi Mie Lendir ? Apa kesan kamu setelah menyantapnya? Dan bagi kamu yang belum pernah mencicipinya, nggak perlu harus pergi ke Batam atau Tanjung Pinang. Kamu bisa mencoba resep di atas. Semoga berhasil!


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: