Menu Lebaran Kesukaan Keluarga. Semenjak berumahtangga dan tinggal di pulau sumatra, lidah saya berubah dan mengikuti selera suami. Saya yangs ebelumnya tidka pandai masak besar, mau tak mau harus belajar dan alhamdulillah bisa. Biasanya pas lebaran saya mudik ke keluarga suami. Di sana hanya bisa bantu-bantu memasak dan menyiapkan bumbu. Tetapi yang mengolahnya biasanya ibu mertua.

Menu Lebaran Kesukaan keluarga
Menu Lebaran kesuakan keluarga

Nah berikut 6 menu lebaran kesukaan keluarga saya

6 Menu Lebaran Favorit Keluarga

Rendang

Siapa yang tak kenal masakan lezat satu ini. Rendang, yang dinobatkan sebagai masakan khas Sumatra Barat. Tetapi ternyata tidak hanya orang Sumbar yang emngolah masakan ini saat lebaran, keluarga suami yang notabene orang melayu juga memasak rendang saat hari raya.

Kalau ibu mertua, menyiapkan semua bumbu secara manual, alias meraciknya sendiri berbeda dengan saya yang beli bumbu instan di pasar. Saya hanya cukup bilang bumbu rendang sekian ribu, siap deh untuk diolah. Tapi memang racikan bumbu ibu mertua hasilnya lebih lezat.

Ayam Masak Putih

Masakan ini mirip opor tapi kuahnya amat kental. Bumbunya pun tak jauh dari opor tetapi tidak dikasih kunyit. Rasanya lemak banget. Pertamakalinya melihat masakan ini dikeluarga suami, saya tidak begitu asing. Tetapi rasanya yang begitu lemak membuat saya sedikit nek. Memang menu yang satu ini enaknya dimakan dengan ayam sambal merah. Perpaduan yang kontras menghasilkan rasa yang lezat.

Ayam Masak Merah

Masakan satu ini terasa peda tapi rasanya beda dengan samballado ayam. memang bumbunya agak lain, ayam masak merah ini bumbunya lebih banyak saus sambal. Ayamnya digoreng tidak terlalu kering.

Rasanya yang pedas dan khas, emmbuat yang menyantapnya ketagihan. Sayangnya saya belum bisa membuat menu ini… Pernah mencoba setiap lebaran, tetapi hasilnya masih jauh dengan masakan ibu mertua.

Gulai Nangka

Jika dijawa gulai nangka dianggap sebelah mata, berbeda dengan warga pulau sumatra. Nangka menjadi masakan utama. untuk menghasilkan gulai yang lezat diperlukan santan kental yang banyak. Jangan lupa menambahkan bagian-bagian ayam atau bagian daging agar rasanya semakin lezat. Gulai nangka enak sekali disantapd engan ayam maska pedas.

Ketupat atau Lontong

Tentu masakan yang satu ini nggak ketinggalan di saat lebaran. Kalau ibu mertua biasanya memasak ketupat hampir 8 jam atau seharian. memang sih, ketupatnya awet sampai bertahan 3 hari. kalau saya sih biasanya pesan sama tetangga yang sudah biasa masak ketupat atau lontong. habisnya sudah berkali-kali saya coba, selalu gagal.

Sambal Goreng Kentang Ati

Hmm..kalau masakan ini saya rasa siapapun bisa memasaknya ya. Sambal goreng ati ampela adalah amsakan nusantara. Dipastikan setiap rumah pasti memasak menu ini setiap lebaran. memang sih Sambal goreng ati ampela cocok untuk lauk menu apa saja. Apalagi untuk teman lontong dan gulai nangkanya. lezat.

Nah di atas adalah 6 menu lebaran Favorit keluarga. Apakah salahs atunya juga meenjadi favorit kamu?


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: