Merencanakan Dana Pendidikan Anak Bersama Sequis
Lifestyle

Merencanakan Dana Pendidikan Anak Bersama Sequis

Merencanakan Dana Pendidikan Anak bersama Sequis. Saya tatap perhiasan di tangan lengkap dengan surat-suratnya. Sebentar lagi perhiasan itu bukan lagi menjadi milik saya. Saya harus merelakannya…demi anak-anak.

Tahun ajaran baru telah dimulai. Ketika sejumlah tagihan untuk daftar ulang harus segera dilunasi. Jika tidak, anak-anak tidak akan mendapatkan fasilitas di kelas barunya. Dan demi kebahagiaan dan kenyamanan anak, saya harus merelakan simpanan perhiasan terakhir ini dijual untuk melunasi tagihan.

Ini hanya baru permulaan.  Dua anak saya, si sulung yang tahun ini ada di kelas IX, alias kelas 3 SMP, dan anak nomor 2 saya yang tahun ini ada di kelas 6 SD. Itu berarti tahun depan mereka harus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Saat ini  dua anak saya bersekolah di SDIT dan si sulung di SMPIT. Sekolah swasta berbasis islam, yang setiap kenaikan kelas mewajibkan murid-muridnya untuk daftar ulang dengan sejumlah dana yang telah ditentukan. Mengapa tidak sekolah negeri, kan biaya sekolahnya lebih sedikit? Sekali lagi ini pilihan, saya tidak ingin menyesal dikemudian hari dengan menyekolahkan anak ditempat yang hati saya saja nggak “sreg” untuk menyekolahkannya di sana.

Berbicara tentang sekolah baru yang mereka inginkan kelak, anak-anak setuju untuk saya sekolahkan di salah satu pondok pesantren di Jawa. Setelah browsing sana-sini mengenai berbagai pondok pesantren yang bagus di Yogya atau di Solo, akhirnya mantap untuk menyekolahkan di Yogyakarta. Salah satu alasannya adalah dekat dengan keluarga besar saya di Yogya – saya kini tinggal di Batam- , biaya masuk dan juga biaya persemesternya paling rendah dibanding dengan pondok pesantren lainnya. Si sulung pernah mengatakan bahwa dia ingin sekolah di salah satu Ponpes di Solo, tetapi setelah menilik tautan webnya, saya menyerah. Biaya masuknya terlalu tinggi, bahkan lebih mahal daripada biaya masuk beberapa perguruan tinggi swasta di Yogyakarta.

Jika boleh dibilang, tahun depan saya harus mempersiapkan uang yang jauh lebih banyak untuk biaya pendidikan anak-anak, si sulung dan anak nomor 2 yang akan bersekolah di Yogyakarta. Belum lagi segala keperluan pribadi lainnya yang harus  mereka bawa ke sana plus biaya transportasi dari Batam ke Yogyakarta. Duh, jika dipikir sungguh membuat kepala ini pusing.

Merencanakan Dana Pendidikan Bersama Sequis
Edited by Canva Picture from Pexels.com

Satu hal yang akhirnya saya sadari saat menggenggam perhiasan terakhir yang akan saya uangkan ke toko tempat membelinya adalah bahwa saya dan suami tidak benar-benar merencanakan dana pendidikan anak-anak dengan baik. Seharusnya sejak mereka lahir sudah saya masukkan ke asuransi. Saya benar-benar menganggap bahwa asuransi bukanlah hal penting, terutama asuransi pendidikan untuk anak-anak saya. Dan saya juga seperti disadarkan bahwa asuransi bukanlah karena tidak percaya dengan kuasa tuhan tetapi merupakan salah satu ikhtiar saya untuk anak-anak. Saya percaya bahwa Tuhan memiliki kuasa atas segala sesuatu terhadap hamba-Nya, tetapi jika segala hal yang saya lakukan diniatkan untuk ikhtiar suatu kebaikan, tentu Tuhan tidak akan murka. Lalu mengapa saya tidak menyadarinya sedari dulu?

Ada rasa perih jika mengingat diri ini terasa terlambat menyadari sesuatu, seperti  pentingnya  asuransi yang saya anggap seperti angin lalu. Belum lagi 6 tahun yang akan datang, 3 anak saya akan memasuki masa masuk sekolah bersamaan. Si sulung yang akan melanjutkan ke Universitas, si tengah yang akan melanjutkan ke jenjang menengah atas, dan si bungsu yang akan masuk ke tingkat menengah pertama. Dalam hati kecil saya menjerit, tetapi saya tidak boleh meratapi kesalahan yang jelas-jelas telah terlewatkan. Ada langkah yang harus saya ambil, salah satunya mengikutkan si bungsu asuransi, agar paling tidak saat dia nanti memasuki jenjang yang lebih tinggi akan ada dana yang bisa meringankannya masuk sekolah baru.

Bisa jadi pengalaman saya di atas terjadi juga pada orangtua lainnya yang sama-sama belum menyadari pentingnya merencanakan biaya pendidikan anak-anak sejak dini. Apalagi di zaman sekarang ini, banyak sekali pilihan rencana pendidikan anak yang ditawarkan dari berbagai macam lemabaga keuangan, salah satunya asuransi pendidikan. Namun sebelumnya agar semakin yakin untuk menjadi nasabah asuransi, masyarakat perlu mengetahui manfaat asuransi pendidikan demi kelangsungan pendidikan anak di masa yang akan datang. Masyarakat yang belum melek asuransi ini perlu mengetahui bahwa biaya pendidikan di Indonesia bukanlah semakin murah, tetapi justru semakin mahal. Saya sendiri merasakan bahwa jumlah uang daftar ulang yang harus segera dibayarkan naik 50% dari tahun sebelumnya.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Seperti saya yang belum begitu paham manfaat asuransi, terutama asuransi pendidikan dan menganggapnya seperti angin lalu, ada baiknya mencari tahu maanfaat dengan bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman atau yang kompeten dibidangnya atau mengunjungi langsung kantor lembaga asuransi untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci sehingga lebih mengerti dan memahami manfaat ataupuan kegunaanya.

Saya sendiri yang belum memiliki polis asuransi pendidikan untuk anak bisa membayangkan dan merasakan manfaat asuransi itu setelah tabungan emas dan uang saya habis untuk membiayai daftar ulang, yang berarti kini saya belum memiliki gambaran untuk biaya masuk sekolah ke jenjang lebih tinggi tahun depan.

Saya berandai-andai jika memiliki polis asuransi pendidikan tentunya akan merasakan 5 manfaat di bawah ini:

#1 Dana Pendidikan Anak Terjamin

Asuransi pendidikan dengan sejumlah iuran yang telah dipilih pihak pemilik polis dan disetujui pihak asuransi akan menentukan plafon dana pertanggungan yang akan diterima saat anak memasuki tahun ajaran barunya di setiap jenjang pendidikan seperti SD, SMP, SMA dan Universitas.

Seandainya saya menjadi nasabah asuransi pendidikan, tentunya dana untuk masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi tahun depan tetap tersedia. Anak-anak bisa tetap memilih sekolah terbaik sesuai yang diinginkan.

#2 Memberi Manfaat Lebih Untuk Pemegang Polis dan Juga Tertanggung

Selain dana pendidikan anak yang terjamin, asuransi pendidikan juga bermanfaat bagi pemegang polis (biasanya orang tua-ayah atau Ibu). Jika pemegang polis mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan nyawa ataupun cacat permanen maka  pihak asuransi akan memberikan santunan plus uang pertanggungan asuransi yang nilainya jauh berlipat lebih besar daripada uang pertanggungan yang seharusnya diterima.

Ini berarti jika saya ataupun misalkan suami sebagai pemegang polis mengalami hal yang mengakibatkan keluarga saya tidak memiliki kemampuan untuk mencari nafkah ataupun membayar iuran premi, tertanggung atau anak saya tetap bisa mendapatkan dana pendidikan hingga universitas.

Namun jika saya hanya memiliki uang tabungan, maka bisa jadi uang tabungan tersebut justru habis untuk keperluan lainnya di luar biaya pendidikan anak.

Asuransi Sequis
Manfaat Asuransi Pendidikan

#3 Menjadikan Diri Sendiri Konsisten dalam Perencanaan Keuangan Terutama untuk Dana Pendidikan Anak

Tanpa disadari jatah uang premi yang harus dibayarkan pemegang polis asuransi setiap bulan atau per 3 bulan ataupun pertahun sesuai dengan kesepakatan telah mengajari pemegang polis untuk konsisten merencanakan pengeluaran mereka. Bahkan batasan waktu atau jadwal pengambilan asuransi yang telah disepakati, mendidiknya  untuk  mengambil sesuai dengan kebutuhan pendidikan di awal tahun ajaran baru.

#4 Pilihan Iuran Premi yang Fleksibel Sesuai dengan Keuangan Keluarga

Setelah mencari tahu tentang asuransi pendidikan saya baru paham bahwa jumlah premi asuransi itu beragam dan fleksibel bisa disesuaikan dengan keuangan keluarga. Bahkan ada yang menawarkan preminya sejumlah Rp 6.500/hari, sangat terjangkau sekali bahkan uang sebesar itu bisa saya sisihkan dari jatah uang belanja harian.

Menyesal rasanya tidak menyadari pentingnya pentingnya merencanakan dana pendidikan anak dengan salah satunya mengikuti asuransi terlebih iuran premi asuransinya terjangkau.

#5 Hati Lebih Tenang

Andaikan saya mengikuti asuransi sejak dulu tentu hati saya semakin lebih tenang, karena dana pendidikan anak sudah tersedia. Saya hanya perlu memikirkan kebutuhan lainnya. Meski tidak mengharapkan musibah besar terjadi, tetapi kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, yang pasti merencanakan dana pendidikan anak dengan baik adalah salah satu faktor membuat hati lebih tenang.

Menjadi nasabah asuransi pendidikan mendapat jaminan dana asuransi penuh tanpa membayar premi jika pemegang polis mendapat musibah yang menyebabkan kehilangan nyawa atau cacat permanen. Tentu saja dengan kondisi ini keluarga tetap merasa lebih tenang karena tertanggung atau anak mendapatkan dana santunan dan dana asurani pendidikan penuh tanpa membayar sisa kewajiban premi.

Mengenal Secara Singkat Sequis

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat asuransi pendidikan seperti di atas, sekarang yang harus difikirkan adalah lembaga asuransi manakah yang harus dipilih?  Tak perlu bingung sebenarny, karena ada Sequis. Perusahaan asuransi yang berdiri sejak tahun 1984 dengan nama PT Universal Life Indonesia dan setelah berganti nama menjadi PT Sewu New York Life pada tahun 1992 kemudian pada tahun 2003 saham di akuisisi menjadi PT Sequislife.

Merencanakan dana pendidikan anak bersama Sequis

Setelah mencoba browsing mencari tahu tentang perusahaan-perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan , Sequis layak menjadi pilihan. Ada 3 alasan utama memilih Sequis adalah

#1 Pilihan iuran premi yang ringan, dimulai  dari harga Rp 6.500,00/hari

#2 Memiliki 4 pilihan produk asuransi pendidikan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pendidikan anak di masa yang akan datang.

#3 Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan No. Izin Usaha:KEP-106/KM.13/1992

Mengenal 4 Produk Asuransi Pendidikan PT Sequis

Untuk memenuhi kebutuhan asuransi pendidikan tiap-tiap keluarga yang tentunya memiliki latar ekonomi yang berbeda, Sequis menawarkan 4 produk asuransi pendidikan yang berbeda.

#1 Eduplus

Eduplus merupakan kerjasama antara Sequis dan BRI di mana memberikan manfaat lebih yaitu manfaat meninggal dunia, sehingga apabila tertanggung meninggal dunia bukan karena kecelakaan akan mendapatkan 150% Uang Pertanggungan atau Tertanggung akan mendapatkan nilai manfaat uang Pertanggungan sebesar 200% jika meninggal dunia karena kecelakaan.

Merencanakan Dana Pendidikan Anak bersama Sequis
Keunggulan dan S&K Produk EduPlus

#2 Sequis Eduplan Insurance

Dengan memilih asuransi ini, pihak Sequislife akan membantu merencanakan dana pendidikan yang terbaik berdasarkan antisipasi kenaikan biaya pendidikan yang terus merangkak naik setiap tahunya ditambah adanya inflasi. Sequis Eduplan memiliki beberapa kelebihan salah satunya adalah fleksibilitas masa asuransi dan uang pertanggungan sesuai rencana yang dipilih.

Merencanakan Dana Pendidikan Anak bersama Sequis
Keunggulan dan S&K produk Sequis EduPlan Insurance

#3 Sequis Eduplan Global Insurance

Asuransi pendidikan yang membantu merencanakan dana pendidikan terbaik anak hingga keluar negeri. Salah satu kelebihan asuransi ini adalah apabila tertanggung kehilangan nyawa pada masa pertanggungan asuransi maka uang pertanggungan akan dibayarkan 100%.

Merencanakan Dana Pendidikan Anak bersama Sequis
Keunggulan dan S&K Produk Sequis EduPlan Global Insurance

#4 Telepro Beasiswa Berjangka

 Produk asuransi ini adalah jenis asuransi pendidikan dengan manfaat perlindungan jiwa serta pembayaran premi berjangka 8 tahun tetapi dengan Masa Pertanggungan asuransi selama 18 tahun. Kelebihan lainnya dari asuransi inia dalah iuran premi terjangkau mulai Rp 6.500,00/hari, kemudian jika tertanggung meninggal dunia maka ahli waris berhal mendapatkan uang pertanggungan dengan nilai 150% atau ahli waris mendapatkan 125% uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.

Merencanakan Dana pendidikan Anak bersama Sequis
Keunggulan dan S&K Produk Telepro Beasiswa Berjangka

Nah, dari ke-4 produk asuransi Pendidikan Sequis, kira-kira manakah yang menjadi pilihan kita? Yuk segera rencanakan dana pendidikan anak mulai dari sekarang bersama Sequis, agar hati kita tenang dan tidak mengalami hal seperti apa yang saya ceritakan di atas. Sequislife, Your better tomorrow. (end)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Kontes Menulis Blog Bersama Sequis

Kontes Lomba Menulis Blog bersama Sequis

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: