Sekarang, apa-apa serba AI. Mau promosi barang, pakai bantuan AI. Atau mau bikin gambar juga pakai AI. Mau bikin caption? Pakai AI juga bisa. Terus… Mau cari informasi di internet juga sekarang tak lepas dari dukungan AI.

Tapi tunggu dulu! Sebenarnya AI itu apa sih?

Saya yakin, kalian pasti sudah familiar dengan istilah “AI” ini. Tapi, saya juga yakin, pasti masih banyak di antara kita yang belum mengetahui cara kerja AI. Jadi, apa itu AI?

Yuk Kenalan Sama AI

AI sendiri adalah singkatan dari Artificial Intelligence. Dalam bahasa Indonesia, kita biasa menyebutnya dengan istilah “kecerdasan buatan.”

Kalau dijelaskan dengan menggunakan terminologi awam, AI ini bisa diartikan sebagai, sebuah mesin yang memiliki kemampuan untuk belajar dan merespon serta mengerjakan berbagai tugas layaknya manusia.

Jadi, jangan heran kalau AI itu… bisa mengenali ucapan kita, bisa disuruh menggambar, dan bisa menimpali pembicaraan kita. Kalau saya bilang, AI ini sama persis seperti Jarvis, si asisten virtual Tony Stark di film Iron Man.

Karena mereka belajar seperti kita, AI juga bisa membuat keputusan, bisa menyelesaikan berbagai masalah, dan juga bisa memberikan analisa atau prediksi. Keren ya?

Ya! Itulah AI. Sekarang, AI sudah makin banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya, di bidang pemasaran (marketing) periklanan (advertising), keuangan dan perbankan, kesehatan, e-commerce, pertanian atau perikanan, manufaktur, otomasi, transportasi, logistik, pendidikan, dan lain sebagainya.

Kecerdasan buatan atau AI sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnis atau UMKM

Ngomongin soal teknologi AI, saya jadi teringat pada saudara saya yang punya usaha pabrik tahu. Meskipun tahu buatannya cukup enak (menurut saya), tapi pada tahap awal merintis usaha, saudaraku ini lumayan soro (susah). Mulai dari terkendala modal, nggak bisa promosi, hingga kesulitan bersaing di pasar lokal.

Tapi sejak ia mencoba mengenal melakukan pemasaran lewat internet (sosial media), usaha tahu yang tadinya sulit berkembang sekarang justru berbalik 360°. Sekarang, usahanya nggak hanya dikenal di pasar lokal, tapi juga terkenal sampai ke kota lain–berkat pemasaran digital. Mungkin juga UMKM atau pengusaha lainnya sangat membutuhkan bantuan digital agency Jakarta untuk meningkatkan branding usaha mereka.

Menurut saya, kekuatan teknologi seperti internet dan sosial media ini benar-benar ampuh kalau benar-benar dimanfaatkan.

Saudara saya ini adalah buktinya. Dan saya yakin, di luar sana juga pasti banyak masyarakat yang sudah merasakan manfaat digital marketing. Meskipun kegiatan promosi yang dilakukan saudara saya ini tampak sepele dan hanya mengandalkan trik marketing sederhana, tapi hasilnya justru jauh melampaui dugaan saya.

Saya pun jadi berandai-andai, bagaimana kalau saudara saya ini mau menggunakan teknologi AI atau teknologi kecerdasan buatan untuk pemasaran?

Pemasaran Digital Berbasis AI

Dewasa ini, pemasaran digital (digital marketing) trennya sudah mulai beralih ke teknologi AI. Mengapa?

  • AI bisa membantu menganalisa data konsumen sekaligus menawarkan konten yang relevan per individu
  • Bisa membantu pelaku usaha memahami respon pelanggan sekaligus mengidentifikasi trend atau isu-isu berpengaruh terhadap citra brand
  • Bisa dijadikan sebagai asisten virtual yang dapat memberikan jawaban secara cepat, sehingga kita bisa lebih mudah mengambil keputusan
  • Meningkatkan akurasi target promosi
  • Hemat biaya dan efektif serta efisien
  • Responsif terhadap setiap perubahan-perubahan yang terjadi pada trend pasar
  • Bisa membantu mengelola dan menganalisis data secara efisien, dan
  • Bisa membantu menangani volume data yang besar

Di Indonesia, pemasaran digital berbasis AI sudah mulai ramai digunakan. Terutama, sejak RED Asia Inc memperkenalkan Inisiatif “RED AI For Indonesia.”

Ready to Evolve and Disrupt with AI dari Red Asia Inc

Sedikit informasi bagi kalian yang belum tahu. RED Asia Inc. ini adalah grup perusahaan pemasaran digital dan teknologi yang terkemuka dan sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Sebagai digital agency Indonesia mereka bahkan sudah sering bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar sekelas Fortune 500.

Jadi, beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada bulan November 2023 lalu, di KAUM Menteng, Jakarta, RED Asia Inc memperkenalkan RED AI atau Ready to Evolve and Disrupt with AI untuk membantu meningkatkan daya saing bisnis-bisnis yang ada di Indonesia.

Di antara fokusnya adalah, mendorong inovasi serta transformasi digital bisnis-bisnis yang ada di tanah air agar bisa berkembang lebih cepat dan bisa bersaing di level internasional.

Untuk membantu para pelaku bisnis mengembangkan usaha, RED Asia Inc sebagai grup perusahaan teknologi dan perusahaan agensi digital di Jakarta yang berkecimpung di Industri AI mengandalkan sejumlah perusahaan yang berada berada di bawah naungannya, seperti Redcomm, SALT & INSIGNIA. Berikut ini adalah 5 layanan atau produk yang diluncurkan oleh RED Asia Inc:

ASK-DEA

Asisten digital sebenarnya bukan hal baru. Tapi berbeda dengan asisten digital kebanyakan, ASK-DEA adalah teknologi asistensi khusus yang dibekali dengan teknologi AI. Dengan kemampuan AI-nya, ASK-DEA dapat diandalkan dalam mendukung pertumbuhan startup hingga UMKM yang baru dirintis.

Beberapa contoh kemampuan AI digital marketing assistant ini di antaranya adalah: Bisa difungsikan sebagai asistensi pembelajaran untuk mencari ide dan strategi pemasaran digital yang dibutuhkan pada tahap-tahap awal pengembangan bisnis.

AI digital marketing assistant sendiri bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan setiap brand. Dengan begitu, outputnya akan terasa lebih relevan dalam membantu menyusun strategi pemasaran yang pas.

RED-AINSTEIN

Bagi Anda yang kerap merasa kampanye digital Anda kurang tidak menghasilkan karena kurang tepat sasaran, RED-AINSTEIN adalah solusinya.

Pasalnya, RED-AINSTEIN ini adalah asisten digital berbasis AI yang secara khusus diciptakan untuk meningkatkan kinerja kampanye pemasaran digital.

Sebagai asisten berbasis AI, RED-AINSTEIN punya kemampuan dalam: mengumpulkan dan mengintegrasikan berbagai data, mempelajari informasi tentang merek, menganalisis kompetitor, dan menjaring data dari percakapan di media sosial untuk kemudian diolah dan dipadukan.

Redcomm adalah salah satu Digital agency Indonesia terpercaya

SALTX.AI

SALTX.AI adalah sebuah sistem yang dirancang untuk memberikan solusi atau jawaban atas berbagai permasalahan atau kebutuhan yang berkaitan dengan, cara-cara: 

  • Meningkatkan pendapatan usaha
  • Pengambilan keputusan yang lebih tepat
  • Membuat pekerjaan jadi lebih efisien, dan juga
  • Membuat pengalaman pelanggan menjadi lebih baik

RED AI-VENTURES

RED AI-VENTURES adalah program akselerasi spesial yang dirancang untuk mendukung perkembangan startup yang masih dalam tahap awal pertumbuhannya. 

Produk RED AI-VENTURES ini juga didesain untuk membantu startup dalam menciptakan visi yang kuat, teknologi yang unik, dan kepemimpinan teknis yang tangguh.

INSIGNIA IQ

Untuk meningkatkan daya saing bisnis UMKM dan juga startup di Indonesia RED AI juga menyertakan INSIGNIA IQ. Sebuah Pusat Manajemen Data yang disokong dengan teknologi AI agar lebih mudah dalam,

  • Memastikan kemurnian dan kualitas
  • Menyinkronkan berbagai sumber data, serta
  • Mengubah format untuk disempurnakan

Kesimpulan

Saya merasa saat ini penggunaan teknologi ini benar-benar dominan di berbagai aspek kehidupan kita. Termasuk di sektor pemasaran digital. Dengan bantuan AI, saya yakin startup dan UMKM bakal semakin mudah berkembang dan mendunia.

Di Indonesia sendiri sekarang sudah ada RED Asia Inc yang menawarkan inisiatif “RED AI For Indonesia” untuk meningkatkan daya saing bisnis startup hingga UMKM. Untuk mencapai tujuan tersebut, RED AI mengandalkan berbagai perusahaan unggulan yang bernaung di bawah bendera RED Asia Inc. seperti: SALT, INSIGNIA, hingga Redcomm yang dikenal sebagai penyedia jasa digital agency Jakarta terbaik.

Redcomm Indonesia adalah digital agency Indonesia terpercaya yang berkantor pusat di Tanah Abang, Jakarta. Agen pemasaran digital ini sudah banyak membantu berbagai brand dalam menciptakan pasar baru.

Seperti Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of The Year 5 tahun berturut-turut merupakan bukti sahih kemampuan digital agency di Jakarta ini dalam berkiprah. Sekaligus sebagai sebagai bukti nyata kapabilitas agensi digital di Indonesia ini.

Apakah kalian sudah siap meningkatkan akselerasi dan mengenalkan startup dan UMKM besutan kalian ke seluruh dunia?