Resep Soto Ayam Sederhana
Food and Travel

Resep Soto Ayam Sederhana untuk Berbuka Puasa

Resep Soto Ayam Sederhana

Resep Soto Ayam Sederhana untuk Berbuka Puasa. Ibu-ibu, tak terasa sudah 4 hari Ramadhan berlalu. Bagaimana dengan ibadah puasanya, tarawihnya dan juga tadarus Al-Qur’annya? Semoga ibu-ibu dan keluarga masih semangat untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Oh ya, ibadah nggak semuanya hanya berbentuk salat, puasa dan mengaji Alqur’an. Memasak, mencari nafkah dan mengurus rumah tangga adalah juga ibadah dengan syarat ikhlas dan diniatkan hanya mengharap ridho Allah SWT.

Nah, ini sudah Ramadhan hari ke-4. Sudah masak apa saja, bu? Apakah Soto Ayam ada di list rencana  memasak di bulan penuh rahmat ini? Jika belum, masukkan ya, bu. Soto ayam dengan resep sederhana pastinya sangat  nikmat disajikan untuk berbuka puasa. Kuahnya yang segar terasa lezat dinikmati dengan kerupuk dan taburan bawang goreng. Puasa terasa sempurna.

Memasak soto ayam tidaklah repot. Bahannya pun gampang di dapat di warung-warung dekat rumah. Juga tidak memerlukan waktu yang lama. Karena saat kita memasak kuahnya, kita bisa meracik bahan-bahan lainnya. Sehingga ketika kuah soto ayam sudah benar-benar siap masak, semua bahan telah tersaji lengkap di atas meja, siap di santap. Yuk, cus ke resep Soto Ayam Sederhana berikut!

Resep Soto Ayam Sederhana
sumber : www.pexels.com

Resep Soto Ayam Sederhana

Bahan-Bahan:

  1. 1/2 Kg Ayam Bagian dada
  2. Mie soun, 2 gulung
  3. Kol 250 gr atau secukupnya (biasanya saya minta Rp 2.000,00), iris tipis
  4. Daun bawang dan seledri
  5. Taoge, +- 200 gram
  6. Wortel, 1 buah, potong tipis, bagi 4 bagian
  7. Bawang goreng untuk taburan
  8. +- 2 liter air
  9. Kerupuk

 

Bumbu :

  1. 6 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh merica
  4. 1 ruas jahe
  5. 4 butir kemiri
  6. 1 ruas jari kunyit
  7. 3 lembar daun jeruk, sobek sedikit tepinya
  8. Lengkuas di geprek
  9. Serai di geprek
  10. Dua lembar daun salam

Cara memasak:

  1. Cuci bersih ayam dalm keadaan utuh, lalu rebus dengan 2 liter air
  2. Haluskan bumbu ( bawang merah, bawang putih, merica, jahe, kunyit, kemiri).
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, setelah harum masukkan daun jeruk lengkuas dan serai serta daun salam. Tuangkan 1 centong air rebusan.
  4. Masukkan bumbu ke dalam air rebusan ayam. Cicip dan tambahkan penyedap rasa atau garam higga mendapatkan rasa yang diinginkan. Biarkan hingga matang
  5. Setelah matang, angkat ayam
  6. Rebus sebentar kol, soun, wortel dan tauge bergantian hingga lunak
  7. Goreng ayam dengan minyak banyak. Setelah masak ambil bagian tulang, masukkan ke dalam kuah soto. Suwir-suwir ayam.
  8. Penyajian: ambil sejumput soun, kol, tauge, wortel, suwiran ayam dan daun bawang seledri juga bawang goreng. Tuang kuah soto. Sajikan dengan sambal dan kerupuk. Tambahkan telur dan tomat jika suka.

Sambal Cabe hijau:

  1. 150 gram cabe rawit hijau, 2 siung bawang, rebus bersamaan, ulek, tambahkan garam secukupnya. Cabe siap menjadi teman santap soto.

Nah, terbayangkan betapa segarnya kuah soto dengan sayuran pelengkapnya. Bumbu rmpah yang menghangatkan tubuh.  Masukkan di list rencana memasak di bulan Ramadhan ya, Bu. Selamat mencoba dan selamat berbuka puasa. Jangan lupa niatkan semua kegiatan sehari-hari kita hanya untuk mendapat ridho-Nya. (end)

#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day4
#30DayRamadhanBlogChallenge

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: