Sandisk
Lifestyle

Transfer Foto dan Dokumen Aman Tanpa Kabel USB

Transfer Foto dan Dokumen Aman Tanpa Kabel USB. Dunia digital  telah memudahkan pemakainya dalam segala hal. Hal ini dibuktikan bahwa sebagian besar manusia yang ada dibumi ini tidak bisa lepas dari perangkat gawai atau PC. Smartphone, salah satu media digital yang menjadi andalan utama, karena dengan gawai orang dapat melakukan apapun, baik belanja, fotografi, transfer uang hingga transfer file-file penting. Salah satu alasan gawai menjadi hal penting karena gawai bisa dibawa kemanapun, bentuknya yang praktis, bisa disimpan di dalam poket. Hanya memerlukan konektivitas data internet ataupun sambungan wifi, maka gawai bisa berfungsi maksimal.

Fungsi utama gawai yang sering diandalkan bagi sebagian besar orang adalah sebagai alat fotografi. Tanpa perlu repot membawa kamera poket ataupun kamera DSLR yang ukurannya terbilang tidak begitu praktis, gawai sudah bisa menggantikan fungsinya dengan baik. Hasil gambar yang langsung tersimpan di dalam gawai memudahkan orang untuk memamerkannya pada dunia dengan langsung memposting kegiatan yang dia lakukan di media sosial. Gawai perpanjangan tangan seseorang untuk mengabarkan dunia dimana dan bagaimana keberadaannya pada detik itu.

Namun, apa jadinya jika pada saat momen-momen istimewa atau penting, memori gawai tidak mampu lagi menerima file dokumen ataupun menyimpan hasil  jepretan foto saat itu? Tentunya sedih sekali. rasanya frustasi banget, pengin menjerit atau banting gawai saat itu juga. Dan mungkin salah satu jalan keluar yang terlintas di dalam fikiran kita adalah menghapus beberapa file yang kita rasa tidak begitu penting. Nah, bagaimana jika semua file dokumen dan foto yang tersmpan di gawai adalah hal-hal yang memang penting dan tidak bisa dihapus begitu saja? Tentu saja rasanya bimbang plus sedih banget ya.

Saya pernah mengalami hal itu. Waktu itu ada acara blogger gathering bareng ASUS di The Duck King Batam, dilanjutkan dengan touring ke Jembatan Barelang dan berakhir makan malam di Golden Fish Restaurant. Momen gathering dengan teman baru -terlebih bisa berjumpa dengan mbak Rien dan Mas Anjasmaradita- dan juga keindahan panorama Jembatan Barelang pada saat matahari terbenam sungguh sangatlah indah. Namun apa daya, memori gawai saya yang saat itu hanya berkapasitas 16 GB sudah tidak mampu mengabadikan momen istimewa saat itu.

Asus Blogger Gathering
Salah satu momen Senja dengan latar Jembatan Barelang saat Blogger Gathering

Saya pasrah, akhirnya saya hanya numpang foto dengan mbak Endahlarasati -salah satu blogger Kepri-meski harus menunggu dua hari setelah acara usai hasil jepretan kameranya dikirim kegawai saya. Hal itu bisa dilakukan setelah saya mentransfer hampir semua foto dan file-file yang ada di gawai ke laptop.

Saya yakin, tidak saya saja mengalaminya. Masih banyak pengguna smartphone lain yang bernasib sama karena gawainya sudah full memori. Apakah memang banyak pengguna gawai dengan kapasitas memori antara 16GB sampai 32 GB? Banyak? Untuk mengetahuinya yuk kita lihat paparan Western Digital tentang masalah Kehilangan data penting dan Keterbatasan memori smartphone.

Beginilah Hasil Survey Western Digital

Berdasarkan survey yang melibatkan 1120 koresponden dari 6 kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Medan  dan Makasar diketahui bahwa pengguna smartphone dengan kapasitas memori 16 GB-32 GB sebanyak 56% responden. Dari sejumlah responden ini diketahui juga bahwa 97% mengandalkan smartphone sebagai gawai utama mereka. Hal ini meunjukkan bahwa smartphone memiliki peranan penting dalam hidup mereka. Dengan smartphone, pengguna bisa mendapatkan income dari berjaalan online, bermain game, belajar secara online, belanja, membayar tagihan, transfer uang, dan masih banyak lagi.

Hasil Study Western Digital
Hasil Study Western Digital

Selain itu, biasanya gawai dipakai sebagai alat photografi. Nggak salah memang, apalagi zaman sekarang ini hampir semua produsen Smartphone berlomba-lomba menarik konsumen dengan fitur kamera canggih. Gawai memang fleksibel, mudah dibawa kemana saja, asalkan ada internet ataupun jaringan wifi, gawai mampu menyelesaikan banyak masalah. Hasil survey Western Digital sendiri menyatakan  bahwa data terbanyak yang disimpan di gawai adalah foto (98%), lalu Video (79%) diikuti oleh music (71%) lalu aplikasi (56%) dan 28%nya untuk menyimpan dokumen. Sedangkan fitur yang sering digunakan dalam smartphone adalah mengisntal gambar (98%), menyimpan (87%), chatting (72%), merekam video (63%) dan 63 % untuk mengakses media.

Perlu diketahui berdasarkan survey pada September 2018, bahwa pengguna smartphone di Indonesia sekitar 27,4% atau sekitar 73 juta. Disebutkan juga oleh Western Digital jika 67% di antaranya pernah mengalami kehilangan data di smartphonenya bahkan tidak memiliki backup data, sehingga data benar-benar lenyap.

Ada beberapa tips yang disampaikan Western Digital bagi pengguna smartphone mengelola dan membackup data dengan cepat yaitu

TRansfer foto dan dokumen
SanDisk dengan Dua Drive

#1 Membebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone

Kita sering mengalami kekurangan memori data smartphone. Ketika kita telah berusaha memiliki gawai yang kapasitas memorinya lebih tinggi, tetap saja kebutuhan akan memori smartphone masih tidka mencukupi. Untuk itu, kita memerlukan perangkat digital yang mampu membersihkan data kita dengan aman, cepat dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. USB OTG Sandisk adalah solusi untuk membebaskan memori gawai kita dari tumpukan dokumen dan foto. Dengan menghubungkan USB OTG Sandisk, foto dan dokumen siap untuk dipindahkan ke media lain. Bahkan mungkin ke smartphone baru bagi kita yang ingin mengganti gawai yang lebih kekinian.

#2 Plug dan Play yang Praktis

Kita sebagai pengguna smartphone seringkali tidak membackup data yang ada. Namun, USB OTG sandrive mampu melakukan backup secara otomatis untuk file-file penting ketika disambungkan dengan gawai.

Transfer foto dan dokumen
SanDisk Plug & Play

#3 Melakukan Back-up untuk Konten Media Sosial

Selain melindungi dan menyimpan data di smartphone, kita juga diberikan keamanan dan kenyamanan karena aplikasi SanDisk memory zone dan iXpand Drive app mampu membackup konten media sosial seperti foto dan video, sehingga kita tidak perlu kehilangan konten-konten spesial dari mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.

#4 Upgrade Smartphone dengan Menambah Kapasitas Memori

Tanpa perlu membeli gawai baru, kita bisa menyisipkan SanDisk external MicroSD agar kapasitas memori gawai lebih besar dan tentunya mampu menampung foto dan dokumen lebih banyak.

Alasan Memilih USB OTG Sandisk

Nah, dari hasil survey diatas, untuk menghindari kehilangan data ada baiknya pengguna handphone memiliki SanDisk dual drive (untuk Android) dan iXpand Flash Drive (untuk Iphone). Karena SanDisk ini sangat mudah untuk menyimpan foto maupun dokumen dikamanpun kita berada tanpa repot menggunakan kabel USB. Kita hanya tinggal mencolokkanya dilubang tempat biasanya digunakan untuk mengisi daya. File dokumen maupun foto siap untuk dipindahkan ke komputer ataun smartphone lainnya atau justru untuk sementara tetap tersimpan di USB OTG SanDisk.

Bebebarap kenyaman yang didapat saat memiliki USB OTG SanDisk

#1 Bentuknya Ekonomis Mudah Untuk Dibawa

Bentuk USB OTG SanDisk ini meskipun memiliki dua drive, tetapi tetap mungil, hanya mungkin sekitar 2 cm saja. Meskpun bentuknya kecil dan dirasa mudah untuk mungkin terselip di antara sekian banyak alat-alat lainnya, kita bisa menggunakan USB ini sebagai gantungan kunci, atau menyimpannya di belakang badgename karyawan.

Transfer Foto dan Dokumen dengan SAndisk OTG
SanDisk yang Mungil bisa diSimpan Sebagai Gantungan Kunci

#2 Praktis

Dengan memiliki dua drive, USB OTG SanDisk sangat praktis karena tinggal mencolokkan ke drive USB sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya memerlukan waktu yang relatif sangat cepat karena tanpa perlu kabel USB. Dapat dilakukan dimanapun, saat kita ingin memindahkan data dari gawai lama ke gawai baru ataupun dari gawai ke perangkat digital lainnya seperti PC ataupun laptop.

TRansfer Foto dan Dokumen dengan SANDISK
SanDisk yang Mungil

#3 Harga Terjangkau

Hanya dengan harga RP 69.000 saya bisa mendapatkan USB OTG SanDisk dengan kapasitas memori 16 GB. Namun ini sangat membantu ketika saya ingin memindahkan video-video hasil kreativitas anak-anak ke laptop.

#4 Mudah didapat

USB OTG SanDisk mudah didapat, hampir semua e-commerce menawarkan produk ini dengan harga berbeda sesuai dengan kapasitas memori yang disematkan di dalamnya. Salah satu toko terpercaya adalah di akun oficial yaitu SanDisk official di Shopee.

Kesadaran pengguna smartphone bahwa kapan saja kita bisa kehilangan data-data penting yang tersimpan di gawai, entah itu karena hilang karena tercecer saat perjalanan, ataupun karena musibah, atau gawai rusak, ataupun hilang karena dicuri orang, maka tindakan mencegah dengan membackup data dan menyimpan ke media lain adalah suatu langkah yang cerdas.

Dan mengingat keberadaan USB OTG SanDrive yang kinerjanya sangat membantu untuk backup dan sekaligus transfer data dengan cepat dan praktis, sudah seyogyanya pelaku digital yang smart mempertimbangkannya untuk memiliki perangkat ini.

Pastikan hati kita merasa aman dan tenang karena dokumen dan foto bersahabat erat dengan USB OTG SanDisk. (end)

#Dibuangsayang #SAnDIskAPAC

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: