Pantai Elyora Batam

Pantai Elyora Batam
Photo : Koleksi Pribadi

Yuk Jalan-Jalan ke Pantai Elyora Batam. Pagi ini Sekolah SDIT AT Thoriq di mana kedua anak saya bersekolah mengadakan wisata dakwah. Program sekolah yang selalu diadakan sekali setahun ini, kali ini memilih Pantai Elyora sebagai tempat kegiatan.

Semua siswa dan walimurid yang menyertai kepergian anak sudah berkumpul di sekolah paling lambat jam 07.20 wib. Namun kali ini tidak seperti biasanya yang selalu ontime. Jadwal yang direncanakan akan berangkat pada pukul 07.30 wib dari SDIT At Thoriq, tepatnya lapangan Usman Harun tempat bus parkir terpaksa mundur ke jam 09.00 wib dikarenakan salah satu sopir bus pingsan. Bersyukur bahwa beliau pingsan masih di Lapangan Usman Harun, bukan di tengah perjalanan. Andai iya, wallohua’lam kami tidak berani membayangkan apa yang akan terjadi. Bersyukur Allah masih melindungi kami meski perjalanan tertunda.

Pantai Elyora Batam

Pantai Elyora Batam

Setelah merawat supir bus tersebut ke puskesmas yang kebetulan juga tidak jauh dari SDIT At Thoriq, kami semua menunggu bus pengganti berikut sopirnya. Hingga kemudian pukul 09.00 wib 16 bus beriringan meninggalkan Lapangan Usman Harun menuju Pantai Elyora. Tentu saja ke-16 bus itu dikawal oleh PATWAL Polisi demi keamanan dan keselamatan semua penumpang dan juga lancarnya arus perjalanan.

Sedikit perlu diketahui oleh teman-teman bahwa Batam terkenal dengan ikon Jembatan Barelang. Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Batam, Rempang, Galang ini memiliki  6 jembatan. Jembatan 1 adalah jembatan yang paling gagah, dan dijadikan sebagai ikon kota Batam.

Pantai Elyora sendiri terletak di Jembatan 6, sekitar 2 kilometer setelah melewati jembatan 6 akan terlihat pantai yang terbentang indah dihadapan. Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam dari SDIT At Thoriq. Meski jalan masuk Pantai Elyora masih belum diaspal, tetapi tempat parkirnya begitu luas. Memang, Pantai Elyora termasuk destinasi wisata baru di Batam. Tidak salah jika setiap akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Pantai Elyora Batam

Pantai Elyora Batam
Photo : Koleksi pribadi

Sekitar pukul 10.30 wib, kami sampai di Pantai Elyora. Siswa-siswi berkumpul di tengah lapangan yang telah disediakan untuk mengikuti rangkaian acara yang telah dipersiapkan. Dan para walimurid menyebar disekitaran pusat kegiatan dengan menyewa tenda biru ataupun duduk di pondok yang telah disewakan oleh pihak sekolah.

Baca juga : Liburan Asyik Bersama Keluarga di SBS Resort Batam

Rangkaian acara dibuka dengan pembacaan kalam ilahi dan terjemahannya, kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama dan diakhiri permainan untuk masing-masing kelas dan sholat Dzuhur berjamaah. Setelahnya para siswa bebas bermain di pantai hingga pukul  14.00 wib. Pukul 15.00 wib bus kembali beriringan meninggalkan Pantai Elyora.

Sebagai destinasi wisata baru, ini untuk pertamakalinya saya mengunjungi Pantai Elyora. Namun tak perlu ragu untuk menjejakkan kaki di sana, karena perjalanan panjang akan terbayar setelah memandang hamparan pantai pasir putih di depan mata. Berikut kesan pertama saya setelah setengah hari menikmati Pantai Elyora,Batam:

#1 Pantainya Luas dan Bersih

Dengan hamparan pantai pasir putih Pantai Elyora terlihat bersih. Meski saat kedatangan kami pantai ini sedang surut, namun sebagian besar pantainya berpasir putih, sehingga pengunjung tetap bisa bermain di pantai.

#2 Sewa Tenda dan Tikar yang Terjangkau

Meski banyak pondok yang didirikan di tepian pantai, namun jika tidak mendapatkan tempat saat sedang ramai, pengelola Pantai Elyora menyewakan tenda biru yang cukup luas dengan harga sewa RP50.000,-/tenda dan juga tikar bersih Rp15.000,-. Tenda ini bisa muat hingga lebih dari 6 orang. Pengunjung bisa mencari teman untuk diajak patungan membayar tenda dan tikar agar terasa lebih hemat.

#3 Tempat MAndi & BAB yang Bersih

Ini sesungguhnya yang paling penting, buang hajat dan kebutuhan yang sangan pribadi ini harus di nomorsatukan. Dengan tempat MCK yang bersih pengunjung akan merasa nyaman saat kebutuhan pribadi mereka tersalurkan dengan baik.

#4 Tempat Parkir yang Luas

Tempat parkir yang luas sangat penting lho, karena biasanya tempat wisata akan sangat padat pada saat libur. Nah, Pantai Elyora meskipun disebut sebagai destinasi wisata baru telah menyediakan tempat parkir yang luas dan tidak perlu berjalan jauh dari lokasi utama.

 

Nah, yuk ke Pantai Elyora Batam! Dijamin pengin datang lagi ke sana lagi sebab teringat hamparan pantai yang membentang dengan belaian angin semilir saat duduk di pondok yang telah disediakan. (end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Wildan Fuady · 1 March 2019 at 08:02

Wah saya jadi tertarik ke sana, Mba. Semoga bisa. Aamiin

    Wiwid Nurwidayati · 1 March 2019 at 08:34

    Aamiin semoga dikabulkan ya bisa ke Batam. Terimakasih telah mampir, Mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: