zakat Infaq sodaqoh
Lifestyle

Zakat, Infaq dan Sodaqoh

zakat Infaq sodaqoh

Zakat, Infaq dan Sodaqoh. Tak terasa Ramadhan sudah berlalu lebih dari setengah bulan, sebentar lagi bulan yang penuh berkah ini akan berlalu. Bulan di mana dilipatgandakan segala amalan. Sudah sebesar manakah amalah kebaikan yang kita lakukan? Sudah sebanyak apakah

Dua hari yang lalu ceramah agama menjelang salat tarawih di masjid perumahan tempat saya tinggal membicarakan tentang Zakat Infaq Sodaqoh. Di awal ceramah,  penceramah menanyakan alasan mengapa Allah banyak menganjurkan untuk melakukan Zakat, infaq dan sodaqoh? Bahkan anjuran untuk sering berbuat kebaikan seperti berzakat berinfaq dan bersodaqoh itu langsung diturunkan di firman-firman-Nya dalam Alquran.

Berzakat, berinfaq ataupun bersodaqoh bukanlah perkara mudah, perlu keikhlasan karena melepaskan apa yang “sepertinya” kita miliki. Sesuatu yang terlihat ada di genggaman, lalu harus rela kita berikan kepada orang lain. Rasanya pasti tidak mudah. Namun, kita juga harus tahu bahwa dibalik perintah Allah untuk melakukan Zakat, Infaq, sodaqoh tersebut Allah pun telah memberikan jaminan berupa balasan kebaikan.

Sebelumnya yuk kita kenali apa definisi Zakat, Infaq dan Sodaqoh itu

INFAQ

Infaq adalah sebagian harta yang kita berikan kepada orang lain, baik berupa makanan, minuman maupun harta benda lainnya ikhlas karena Allah SWT.

Banyak ayat-ayat Alquran tentang anjuran untuk berinfaq ini antaralain:

Qs AlBaqarah ayat 261

261] Perumpamaan orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.

Qs AlBaqarah ayat 262

262] Orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infaqkan ini dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala, di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut bagi mereka dan mereka tidak bersedih hati

SODAQOH

Tidak jauh definisinya dengan infaq, sodaqoh adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan sukarela karena Allah SWT. Namun sodaqoh bentuknya tidak hanya materi, tetapi bisa ilmu, tenaga, waktu, senyuman. Apapun itu yang penting kebaikan untuk orang lain atau membuat orang lain senang/bahagia.

Beberapa ayat Alquran tentang anjuran bersodaqoh antara lain:

Qs Al Hadid ayat 11

11] Siapakah yang mau meminjamkan kepada Alloh pinjaman yang baik, Maka Alloh akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan Dia akan memperoleh pahala yang banyak

Qs Al Hadid ayat 18

18] “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak

 

ZAKAT

Berbeda dari infaq dan sodaqoh yang nilainya tidak ditentukan, Zakat merupakan rukun islam yang ke empat di mana besarnya nilai zakat  telah ditentukan, juga 8 golongan penerimanya pun sudah ditentukan oleh islam. Aturannya sudah baku dan kita harus mengikutinya mutlak, tidak boleh melenceng dari semua aturan tersebut.

Selain merupakan rukun islam yang ke-4, Zakat disebut dalam Alqur’an sebanyak 32 kali. Beberapa ayat Alquran antara lain:

Qs Albaqarah ayat 43

43] “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”

Qs Albaqarah ayat 110

110] Dan tegakkanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat terhadap apa yang kamu kerjakan.

Dengan segala janji imbalan yang disampaikan Allah dalam Alqur’an. Sudahkah kita gemar berinfaq dan bersodaqoh? Dan jangan lupakan kewajiban kita membayar zakat fitrah sebelum salat idul fitri usai. (end)

#BloggerPerempuan
#
BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#30HariKebaikanBPN
#Day16

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: