Blogging & Writing

Ngodop.com, Wadah Karya Anggota Komunitas ODOP (One Day One Post)

ngodop.com
ngodop.com

Ngodop.com, Wadah  Karya Anggota Komunitas ODOP (One Day One Post). Tanggal 15 Maret 2019 lalu, Ketua Umum Komunitas One Day One Post Wakhid Syamsudin alias Suden Basayev meluncurkan ngodop.com. Ngodop.Com adalah sebuah situs tempat berkarya anggota komunitas One Day One Post. Catat ya, Anggota Komunitas One Day One Post. Selain anggota tentu saja tidak berhak berhak berpartisipasi. Namun, jika ingin berkontribusi tentu saja harus menjadi anggota Komunitas ODOP terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Tunggu pendaftaran anggota ODOP batch berikutnya.

Jika selama ini anggota ODOP yang lebih banyak berkarya lewat blog, namun dengan adanya ngodop.com para anggota bisa mengeluarkan bakat terbaiknya untuk bersaing dengan para anggota yang lain agar karyanya bisa nangkring di sana.

Untuk saat ini ngodop.com menerima 4 jenis tulisan yaitu lakon alias cerpen, bait alias puisi, kiat alias artikel yang berisi tips-tips atau kiat-kiat yang berhubungan dengan dunia kepenulisan, pustaka alias resensi. Untuk tulisan resensi, ngodop.com hanya menerima rensensi buku-buku karya anggota ODOP baik berupa antologi maupun buku solo.

Meskipun ngodop.com terbilang baru, tetapi setiap jenis tulisan digawangi alias dikurasi oleh ahlinya. Kurator-kutrator yang sudah tidak diragukan lagi karyanya. Untuk bait digawangi oleh N.A Fadli, seorang cowok yang sedang asyik berkecimpung dengan dunia baterainya. Karya-karya puisinya sudah beberapa kali memenangi lomba puisi tingkat nasional dan tentunya juga pernah dimuat media.  Untuk pustaka akan dikurasi oleh MS Wijaya. Cowok satu ini adalah jomblofisabilillah yang sudah beberapa kali membuat patah hati gadis-gadis yang ingin bbersanding dengannya (ceilah), bahkan cowok satu ini adalah businessman tapi bacaan bukunya seabrek-abrek plus penikmat film yang paling up to date di seantero ODOPers. Blognya lebih banyak berisi review buku dan film, tak salah jika cowok satu ini didapuk sebagai kurator resensi di ngodop.com. Untuk kiat dikurasi oleh Mbak Alif Kiky, ibu satu ini kompeten untuk tulisa-tulisan jenis nonfiksi, dia juga seorang content writer di kontenmu. Untuk lakon digawangi pakarnya fiksi, Achmad Ikhtiar, seorang guru yang (dulu) berambut gondrong, yang identik dengan sapaan “sudah ngopi belum” “ada apa?” “keren”, plus tulisan satire dan juga prosa lirisnya, tulisan-tulisannya penuh dengan diksi yang memikat. Tentu saja melihat kualitas tulisannya yang sudah tidak diragukan lagi menjadikan gawang lakon adalah gawang yang tidak gampang ditembus para ODOPers. Jadi keder kalau mau kirim ke lakon.

Redaksi ngodop.com
Dewan Redaksi ngodop.com

Untuk jajaran redaksi ngodop.com  secara lengkap dipimpin oleh Wakhid Syamsudin. Kurator: NA Fadli, MS Wijaya, Alif Kiky, dan Achmad Ikhtiar. Untuk ilustrator di pegang oleh Dymar Mahafa dan bagian keuangan dipegang Isnaini Anissa.

Untuk lebih meningkatkan kesempatan dan kemauan para anggota ODOP mengirimkan karyanya ke ngodop.com maka salah satu Program ODOP yaitu OTM (ODOP Tembus Media) mewajibkan anggotanya untuk mengirimkan karya ke ngodop.com. Eh, ada honornya loh  jika tulisannya dimuat di sana. Untuk kiat, pustaka, bait besar honornya adalah Rp 25.000,00 dan untuk lakon sendiri honornya Rp 30.000,00. Keren bukan? Tetapi karena jumlah tayang masing-masing artikel hanya 1 bulan sekali, maka persaingannya sangat ketat dari jumlah anggota ODOP yang bergabung di WAG sekitar 194 orang. So, persiapkan karya terbaiknya, dan meskipun sesama anggota komunitas tetapi para kurator akan bekerja secara professional dan objektif. Jadi karya yang ditayangkan di ngodop.com adalah karya-karya pilihan, terbaik dari yang terbaik. Untuk lebih detail cara pengiriman naskah ke ngodop.com, bisa dikunjungi ke link ini. Selamat berkarya!

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: