Spread the love

Macam-Macam Sate yang Bisa Diolah Di Dapur. Apa yang ada dipikiran kita jika mendengar kata sate? Tentunya olahan daging yang dipotong kecil kemudian ditusuk, di bakar. Kemudian dimakan dengan kuah kacang atau sambal kecap.

Apalagi di bulan Haji alias Dzulhijah, biasanya kita banyak mendapatkan daging di Hari Raya Idul Adha. Kalau nggak daging sapi ya daging kambing. Kebanyakan sih daging kambing, ya. Dan masyarakat banyak yang mengolah daging tersebut menjadi olahan sate. Kegiatan itu terlihat setelah mereka posting di media sosial.

Sebelum mengolah daging sapi atau kambing, aku harus tahu perbedaan dari kedua daging tersebut.

Perbedaan Daging Sapi VS Daging Kambing

Yuk perhatikan ciri-ciri daging sapi dan daging kambing dibawah. Dengan begituaku dan kalian bisa membedakan kedua jenis daging tersebut. Lalu bisa memasaknya sesuai dengan selera. Sebab masing-masing daging memiliki karakter sendiri saat diolah.

Perbedaan daging lambing vs Sapi
health.grid.id

1. Bau

Bau daging kambing terasa lebih amis dan menyengat. Apalagi jika tidak pandai menyembelih dan mengolahnya. Sedang Bau daging sapi tidak terlalu menyengat, atau hampir tidak memiliki bau.

2. Warna

Warna daging sapi trelihat lebih merah dibandingkan daging kambing. Sedang daging kambing terlihat sedikit lebih pucat.

3. Tekstur

Tekstur daging sapi lebih halus dan rapi. Sedang Daging kambing terlihat lebih kasar dan potongannya tidak menjadi rapi.

4. Volume

Aku biasanya juga melihat tulang. Jadi tulang daging sapi lebih besar dibandingkan tulang daging kambing.

Jenis Olahan Daging Kambing

Meskipun tekstur dan baunya memiliki cita rasa sendiri, banyak jenis olahan yang bisa dibuat dari daging kambing ini.

1. Sate

Ini olahan yang paling banyak digemari. Memang mengolahnya gampang. bumbu pelengkapnya juga mudah dibuat. Tinggal mencincangnya sesuai dengan kebutuhan, lalu dibumbui dengan marinasi, didiamkan sebentar agar bumbu meresap. Setelahnya kalian bisa menusuknya dn membakarnya.

Olahan Sate Kambing
unsplash.com

Nah bumbu pelengkapnya yang paling gampang adalah dengan memotong cabe rawit, bawang merah dan lalu dicampur dengan kecap. Dan sate yang sudah matang bisa disantap. Tetapi tentu saja resepnya akan berbeda jika kalian ingin mengolahnya menjadi sate padang, sate madura, atau sate ponorogo. Semua memiliki ciri khas sendiri.

2. Gulai Kambing

Orang banyak menghindari mengolah jenis masakan ini karena takut dengan bau amis yang ditimbulkan. Kalau orang jawa bilangnya “prengus”. Bau ini sebenarnya bisa hilang, salah satunya dengan merebusnya terlebih dahulu debgan bugalawang. Setelah empuk, kalian bisa mengolahnya dengan bumbu gulai pada umumnya.

Olahan daging kambing
Cokpad Olahan Gulai kambing

Resep Gulai Kambing untuk ukuran 1 Kg : 1kg daging kambing, bawang merah 6 siung, bawang putih 6 siung, Cabe rawit sesuai selera, satu ruas jahe, kemiri 6 biji, 1 jari kunyit, ketumbar 1 sendok makan, merica 1/2 sendok makan, 1 batang serai, kapulaga 2 biji, daun kunyit, daun salam, 4 lembar daun jeruk, asam jawa 1 sendok teh, seruas kayu manis, bunga lawang untuk merebus daging, 400 cc santan kental, perasa masakan, Garam secukupnya, Minyak goreng secukupnya, Bawang goreng (sesuai selera)

Untuk cara memasak : rebus daging dengan bunga lawang hingga daging terasa empuk. Setelah itu tiriskan. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging kambing, aduk hingga merata. Setelah itu masukkan santan. Saat mendidih, aduk agar santan tidak pecah. Cicip dan matikan setelah kekentalan santan sesuai yang kalian inginkan.

3. Tongseng

Ciri khas olahan ini adalah di citarasa. Biasanya rasanya pedas. Namun bagi kalian yang tidak begitu suka pedas, bisa mengolahnya menurut selera. Sehingga bisa tetap dinikmati.

Olahan daging kambing
Tongseng. Wikipedia

Resep Tongseng
Bahan : ½ kg daging kambing, daun salam 2 helai, 1 l air, satu ruas lengkuas yang dimemarkan, serai, daun kol dipotong agak besar, cabe rawit, daun bawang dipotong secukupnya, tomat 1 buah dipotong sedang. 2 sendok makan kecap atau sesuai selera.

Bumbu halus : Bawput 4 butir, bawmer 5 siung, ½ sendok makan lada, 3 kemiri sedang disangrai, dua ruas kunyit dibakar, satu ruas jahe, 1/2 sendok makan ketumbar

Cara memasak :tumis bumbu halus tumis hingga harum. Masukkan serai, lengkuas, daun salam. Lalu masukkan daging, aduk hingga bumbu merata. diamkan sesaat hingga bumbu meresap. Tuang air, aduk dan masukkan penyedap rasa (jika suka), masukkan cabe rawit dan kecap. Aduk dan biarkan meresap. Jika air sudah sedikit mengental masukkan kol, daun bawang dan tomat. Biarkan sesaat hingga kental sesuai yang diinginkan dan rasa sudah enak.

3 Kuliner Olahan Daging Kambing yang Wajib Dicoba

Nah. meskipun kita bisa memasak olahan daging di rumah, tak ada salahnya jika kalian mencicip kuliner lezat olahan daging kambing yang terkenal di seantero nusantara:

1. Sate Hj Bu Bejo Surakarta

Warung makan ini terkenal karena kelezatan Sate buntalnya. Wah, lucu ya namanya. Sate ini dinamakan sate buntal karena bentuknya yang bulat padat (bukan potongang kecil-kecil). Mungkin jika menyantap 2 tusuk sate atau 2 sate buntal sudah merasa kenyang atau puas. Cara membuat sate buntal cukup unik. Daging kambing dipotong atau dicacah hingga halus dicampur dengan bumbu dasar dan telur agar bisa dibentuk, lalu dibalut dengan lemak daging.

Sate Buntal
Sate Buntal Hj Bu bejo

Diwarung Sate Hj Bu Bejo Surakarta ini selain menyajikan Sate buntal, ada sate biasa, tongseng dan juga tengkleng. Soal harga masih sangat terjangkau dan sungguh lezat.

2. Sate Klathak Yogyakarta

Mendengar nama sate yang satu ini mungkin telinga kita sudah tak asing lagi. Sate ini dibuat dari daging kambing muda yang usainya dibawah satu tahun. Yang lebih unik lagi, sate ini ditusuk dengan jari-jari sepeda. Oh, tentu bukan jari-jari sepeda bekas ya. Penjualnya langsung membeli jari-jari sepeda dari produsennya.

Sate Klathak Pak pong
Sate Klathak

Dinamai sate klathak karena suara yang timbul saat sate ini dibakar. Bukan dari bahan klathak (biji buah nangka – di Yogyakarta). Setiap satu tusukan sate berisi 8 potong daging yang ukurannya lebih besar daripada sate pada umumnya. Kalau ke Yogyakarta, jangan sampai ya kalian lupa untuk mengunjungi sate klathak ini. Gampang dijumpai di Yogyakarta yaitu Sate Klathak Pak Pong yang berada di Bantul.

Selain sate klathak, di sini juga dijual tengkleng dan juga tongseng lho. Jadi lengkap ya, satu tempat menawarkan 3 cita rasa olahan daging kambing.

3. Sate Padang

Ciri khas sate padang terlihat dari kuahnya yang berwarna kuning kental. Kuah kental ini terbuat dari campuran kaldu daging, tepung beras, dan bumbu dasar kari.

Sate padang
Sate Padang IG @Sucimeliasari

Sate padang biasanya terbuat dari jeroan ataupun daging sapi maupun kambing. Daging atau jeroan tersebut dipotong kecil-kecil. Dari sekian banyak ragam sate, saya paling suka dengan sate padang. Kuahnya lezat dan berbeda.

Oya bagi kalian yang nggak bisa makan daging kambing karena alasan kesehatan, ada resep olahan daging ayam. Resep olahan daging ayam favorit yang diulas dengan detil oleh mbak Lia di blognya. Kalian akan menemukan resep yang memanjakan lidah dan bikin ketagihan.

Nah dari ketiga masakan diatas, manakah jenis masakan yang kalian sukai?


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

2 Comments

Lia Nurlatifah · 1 September 2020 at 00:25

Saya waktu ke jogja belum nyoba sate klathak ini. Jadi penasaran, sepertinya enak ya. Di Bandung juga ada sate buntal Mba, memang khas rasanya, tapi bener-bener mengenyangkan ya. 2 tusuk juga kenyang banget.

Lia Yuliani · 1 September 2020 at 01:06

Wah, Ternyata ada tips buat bedain daging kambing sama sapi.
Kadang aku bingung sih kalau udah kecampur gitu. Makasih tipsnya, Mbak. Olahan daging kambing ketiganya suka saya makan Pas Iduladha. Yang unik sate Kletuk Yogyakarta, ya. Itu aslinya pakai jari-jari sepeda. Kepikiran idenya sampai sana, unik banget deh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: