>
Merantau
Lifestyle

7 Hikmah Merantau yang Membuatmu Betah di Rantau

Hikmah Merantau yang Membuatmu Betah di Rantau. Merantau adalah satu hal yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Definisi merantau itu sendiri adalah meningggalkan kampung halaman untuk mencari kehidupan yang lebih baik ke tempat tertentu. Alasan orang pergi merantau, biasanya karena masalah ekonomi, mencari pekerjaan dan juga mencari ilmu seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Safarlah! Engkau akan mendapatkan pengganti orang yang kau tinggalkan. Berpeluhlah engkau dalam hal berupaya dan berusaha. Karena lezatnya kehidupan akan kamu rasakan setelah penat dalam berusaha dan berupaya.

Nukilan Syair Diwan AS-Syafii

Kalimat di atas adalah nukilan dari syair karya ulama termasyur dunia Imam Syafi’i yang menganjurkan kita untuk melakukan perjalanan atau merantau. Karena dengan merantau kita akan menemukan banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pengalaman dan bekal hidup.

Merantau
unsplash.com

Memang tidak salah jika merantau adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah pengalaman hidup. Merantau akan membawamu ke sebuah kehidupan baru yang ritmenya akan sangat berbeda dibandingkan saat kamu masih berada di kampung halaman.

Saya sendiri sudah jampir 23 tahun merantau. Alasan merantau saat itu tentu saja mencari pekerjaan di tempat baru karena tidak mampu melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Awal merantau tentu rasanya sedih karena harus jauh dari orangtua, juga ritme kehidupan yang ternyata waktunya lebih banyak dihabiskan di pabrik. Waktu di dormitory hanya untuk istirahat, mandi dan makan. Begitu seterusnya.

Tetapi banyak hikmah yang bisa didapatkan setelah merantau. Salah satunya karena kenyamanan yang didapat di tempat baru yang membuat saya betah untuk merantau, 23 tahun lho.

7 Hikmah Merantau yang wajib Kamu Tahu

Jadi, apa saja hikmah yang bisa kamu dapatkan setelah merantau?

1.Saudara/Teman Baru dari Berbagai Suku

Ditempat perantauan akan kamu temukan orang baru. Biasanya jika sesama perantau akan memiliki ikatan yang kuat karena merasakan bahwa mereka senasib, yaitu sama-sama perantau yang jauh dari keluarga. Bonding di antara mereka akan terjalin dengan cepat dan kuat.

Friends. Unplash.com

Saya sendiri pada awal merantau tinggal di dormitory yang berisi anak-anak dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Sumatra Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur yang memiliki karakter sendiri-sendiri. Jika tidak mau memahami kebiasaan ataupun karakter mereka tentunya akan sering terjadi cekcok. Namun, dengan kesadaran penuh berusaha memahami mereka dari waktu ke waktu, justru mereka kini menjadi teman baik.

2. Mempelajari Adat Istiadat Baru

Berpindah dari kampung halaman ke tempat baru berarti kamu harus menyesuaikan dengan adat istiadat di tempat tersebut.

Pada dasarnya kamu mungkin akan terkejut mendapatkan bahwa adat yang kamu temukan di tempat baru amat jauh berbeda dengan adat di tanah kelahiranmu. Hal tersebut justru semakin memperkaya khazanah pengetahuan sekaligus mengasah hati kamu yang sudah terbiasa dididik dengan adat timur, yaitu mencintai dan legowo dengan segala perbedaan.

3. Masa Depan yang Lebih Baik

Mungkin salah satu alasanmu memutuskan untuk merantau adalah mencari kehidupan yang lebih baik, untuk masa depan yang lebih baik. Lingkungan tempat kamu mendapatkan sumber penghasilanmu juga akan menjadi rumah baru bagimu.

Lalu bagaimana yang merantau untuk mencari ilmu. Kalau yang ini sudah jelas tujuan dari kamu merantau, bukan? Tentu saja merantau untuk menuntut ilmu merupakan alasanmu untuk memperbaiki masa depan. Kampus atau asrama tentu saja akan mempertemukanmu dengan orang-orang baru dan membuatmu menjadi manusia yang memiliki wawasan lebih luas karena berteman dengan orang banyak.

4. Pengalaman Hidup yang Lebih Banyak

Orang yang tidak pernah memiliki pengalaman bepergian, tentunya berbeda dengan orang yang sudah melakukannya berulang kali. Dengan pengalamannya tersebut kamu tentunya sudah tahu kondisi jalan, rute, transportasi mana saja yang bisa membawa ke tempat tujuan, harga atau biaya perjalanan.

Selain itu terbiasa menghadapi orang dengan berbagai karakter dan berbagai suku tentu akan membuat kamu lebih luwes dalam berhubungan atau berinteraksi sosial.

5. Bertemu dengan Jodoh

Tidak sedikit loh yang bertemu dengan jodohnya dan kemudian menikah saat di dirantau. Bahkan mungkin sebagian besar yang merantau akan kembali pulang membawa pasangan hidupnya. Bahkan, biasanya pasangan hidup yang ditemui di tanah rantau berasal dari suku atau daerah yang berbeda. Hal ini tentu meningkatkan rasa toleransi yang tinggi karena bersatunya dua suku dan budaya.

6. Lebih Mandiri dan Disisplin

Melakukan segala hal oleh diri sendiri membuat kamu akan terlatih menjadi sosok pribadi yang mandiri dan disiplin. Ritme hidup dengan jadwal yang sudah kamu hapal dan tentunya harus ditepati ditambah segala kebutuhan hidup yang harus kamu selesaikan sendiri, membuat kamu harus disiplin sehingga memiliki pola hidup yang sudah terencana dan teratur.

7. Lebih Dewasa

Dewasa tak harus menunggu tua. Begitu mungkin istilah yang sering amu dengar. Dengan merantau akan membuatmu lebih dewasa. Permasalahan hidup yang kamu alami akan membuatmu berfikir lebih hati-hati sebelum memutuskan sesuatu atau ketika harus dituntut memutuskan sesuatu hal yang penting dalam waktu singkat sendiri. Kebiasaan ini membuatmu menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Nah, selain 7 hikmah di atas ketika kamu memutuskan merantau, kamu juga bisa mengetahui alasan mengapa merantau bisa membuatmu menjadi pribadi yang tangguh.

Selain tangguh kamu juga haru memiliki rasa percaya diri yang kuat agar tetap merasa nyaman dan tenang di antara saudara-saudara barumu dan juga ditengah aktivitasmu yang padat. Kamu memerlukan Rexona Dry Ice atau Rexona Men Cool untuk menunjang kepercayaan dirimu tersebut. Jadi kamu tak perlu ragu lagi saat mau memutuskan merantau, dan Rexona akan menemanimu meraih kesuksesan. (end)

Author

wiwid.nurwidayati80@gmail.com
Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: