5 Kuliner Gudeg yang Wajib Kam Coba Saat ke Jogja – Gudeg selalu identik dengan Kota Yogyakarta. Masakan dari nangka muda ini begitu legendaris dan memiliki cita rasa sendiri. Para turis lokal atau domestik , bahkan warga setempat pun selalu rela mengantri untuk mendapatkan masakan ini.

ODOP ICC
ODOP ICC

Gudeg biasanya rasanya sangat manis. Mungkin bagi lidah orang luar jawa, rasa terlalu manis. Namun, gudeg tidak hanya terdiri dari nangka muda yang dimasak manis tersebut. Ada tambahan pelengkap lainnya, seperti telur dan ayam areh dan sambal krecek pedas. Sambal krecek inilah justru yang menjadikan gudeg itu terasa lebih sempurna.

Jika kamu baru pertama kali ke Yogya, dan ingin menikmati gudeg, kamu bisa ke salah satu dari 5 gudeg legendaris di bawah ini. Atau mungkin bisa bergantian mencicipinya di hari yang berbeda.

5 Gudeg yang Wajib Kamu Cicipi Saat ke Yogyakarta

Berikut 5 gudeg yang terkenal kelezatannya. Bahkan beberapa diantaranya harus antri sebelum buka, atau harus pesan sebelum kita datang ke sana. Untuk menuntaskan rasa penasaran manakah gudeg yang sesuai lidahmu, ada baiknya kamu cicip semuanya. Yuk, simak 5 gudeg tersebut:

#1 Gudeg Pawon

5 Gudeg Legendaris
Gudeg Pawon

Kamu bisa menemukan Gudeg Pawon di Jl. Prof. Dr. Soepomo SH, Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Jogja. Gudeg satu ini sangat terkenal kelezatannya. Buka dari jam 22.00 wib – 23.30 wib . Ya, ampun satu setengah jam saja sudah habis. Eeee…tapi kalau weekend kabarnya setengah jam saja sudah ludes. Kamu kalau takut kehabisan, usahain antri 1 jam sebelum buka. Harganya juga terjangkau, mulai dari 15 k saja.

#2 Gudeg Lesehan Bu Satro

Gudeg Lesehan Bu Satro bisa kamu temukan di kawasan Malioboro. Lebih tepatnya di Jl. Malioboro, Jogja (100m sebelum Pasar Bringharjo, Kanan Jalan). Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Gudeg Lesehan Bu Satro ini, adalah menu andalannya yaitu Gudeg Ceker. Kamu wajib mencoba atau memesan ceker gorengnya. Endeus banget.

5 Gudeg Legendaris
Gudeg Lesehan Bu Satro. Foto IG @jogjafood

Gudeg Lesehan Bu Sastro Buka mulai pukul 23.00 wib – habis. Harganya juga terjangkau mulai 15 k. Untuk paket gudeg ceker + ceker goreng 1 porsi + 1 es teh kamu cukup ngeluarin uang nggak sampe 20 k.

#3 Gudeg Mercon Andalan

Kamu bisa datang ke Jl. Diponegoro No.100, Jogja (seberang Bank Mandiri/tugu jogja ke barat 300m kanan jalan). Seperti namanya, gudeg di sini rasanya pedas. Tapi tetep pas dilidah pedasnya. Biasanya Gudeg Mercon Andalan atau juga biasa di panggil gudeg mercon Mbak Yuni ni buka dari jam 18.00 wib – 02.00 wib. Harganya juga terjangkau mulai dari 15 k.

#4 Gudeg Blendi

Gudeg ini aslinya dari Blitar. Tapi sekarang sudah bisa dinikmati di Yogjakarta. Yang menjadi ciri khas Gudeg Blendi adalah, Gudeg ini berisi 12 lauk, dan harganya hanya sekitar 25 ribu rupiah saja. Satu piring isinya ada Ayam Suwir, Telor Ayam, Krecek PedesZss, Kikil Pedes, Oseng Kerang, Oseng Usus, Rebung, Remukan Peyek, Tempe Kremes. Wow, mantap banget ya.

Gudeg Blendi
Gudeg Blendi. IG @Jogjafood

Gudeg ini buka dari sore hingga tengah malam, 18. 00 wib – 24. 00 wib. Kamu bisa ke GUDEG BLENDI MOYS, Jl. Laksda Adisucipto no. 21, Jogja (pelataran mendem duren persis, baratnya McD). Harga mulai 15 K.

#5 Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg ini bisa kamu temukan di Jl. Gejayan, Jogja (Utara Univ Sanata Dharma/Toko Merah, kanan jalan). Buka mulai pukul 23.00 wib sampai habis. Tapi kamu harus ngantri ya, untuk dapetin sepiring gdek Bromo. Sabar deh, harganya terjangkau kok. Mulai 15 k saja.

5 Gudeg Lezat
Gudeg Bu Tekluk. IG @jogjafood

Nah, teman-teman semoga referensi gudeg-gudeg di atas bisa membantu kamu yang bingung mau menikmati gudeg yang lezat dan murah. Ayo Ke Yogyakarta dan nikmati lezatnya Gudeg legendaris di sana.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post
Komunitas Indonesian Content Creator”

#odopicc #30hbcicc #indonesiancontentcreator #30haribercerita #odopiccday4

@indonesiancontentcreator
@mubadalah.id
@bonnels.id


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.