Tradisi Lebaran
Lifestyle

7 Tradisi Lebaran Dalam Kenangan

Tradisi Lebaran

7 Tradisi Lebaran Dalam Kenangan. Lebaran mungkin tinggal hitungan hari ya, ternyata ramadhan berlalu begitu cepat. Apalagi tadi saat saya melihat berita di televise mengenai arus mudik. Salah satu perusahaan jamu terbesar di Indonesia menyediakan puluhan bus  untuk mengantarkan penumpangnya yang akan mudik ke kota-kota seperti Jogja, Solo dan sekitarnya. Terasa banget pasti ya, yang mudik. (Saya jadi pengin mudik).

Ketika lebaran semakin dekat, saya semakin mengingat jika banyak tradisi lebaran yang tidak pernah saya lakukan lagi semenjak saya merantau jauh ke negeri seberang ini. Tradisi di kampung kelahiran yang tetap diingat itu adalah

#1 Kenduren atau Kenduri

Tradisi ini biasa dilakukan ba’da Ashar bertempat di rumah tetua kampung yang ditunjuk. Kami, masing-masing kepala keluarga membawa sebakul nasi yang berisi nasi dan lauk pauknya. Biasanya ada peyek, urap, tempe goreng/tempe mendoan, sambal goreng ati (biasanya ditambahi krecek), telur dan daging ayam. Di sana kepala keluarga berdoa bersama, lalu saling tukar lauk dengan tetangga sebelah duduknya. Seneng, saya dulu suka menunggu acara kenduri ini.

#2 Takbir Keliling dengan Membawa Obor

Takbir keliling ini biasanya mengelilingi desa, diprakarsai oleh pemuda-pemudi pengurus masjid. Kami masing-masing membawa obor dari bamboo dan berkeliling kampung sambil melafazkan takbir. Setelah selesai takbir keliling, kami melanjutkannya dengan takbir di masjid hingga subuh. Biasanya bergiliran takbirnya, agar yang sudah mengantuk bisa istirahat.

#3 Mudik (Kakak Pulang Mudik)

Dulu menunggu kakak pulang mudik dari Jakarta adalah sesuatu hal yang ditunggu-tunggu. Entah memang karena rasa rindu atau karena kakak memang membawa oleh-oleh seperti baju atau mukena baru. Juga cerita kakak tentang macetnya perjalanan, karena hampir semua orang mudik dari kota Jakarta ke kampung masing-masing. Kakak saya sendiri sering menghabiskan waktu 1 malam 2 hari, terkadang 2 malam 2 hari untuk mencapai rumah. Padahal biasanya jarak Jakarta- Jogja bisa ditempuh dalam rentang waktu antara 8-12 jam, tergantung armada busnya.

#4 Nyekar

Kegiatan ini kami lakukan sebelum salat idul fitri. Biasanya pagi-pagi sekali, ketika matahari sudha sedikit terang, kami sekeluarga nyekar ke makam yang masih ada di dalam lingkungan kampung. Mendoakan arwah bapak dan juga kakek dan nenek.

#5 Salat Idul Fitri dengan Baju Baru

Siapa yang tidak senang saat bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri. Nah kami biasanya semakin senang saat melakukan salat Idul Fitri mengenakan baju baru. Tradisi yang membuat wajah kami berseri, juga kebiasaan memperhatikan baju-baju baru teman saat bertemu di tempat salat ied.

#6 Ujung atau Bersilaturahmi dari Rumah ke Rumah

Ini nih yang paling kami suka. Setelah salat idul fitri kami sekeluarga akan berkeliling kampung, silaturahim. Dulu waktu kecil tradisi angpau biasanya tidak setiap rumah memberi, hanya orang-orang yang tergolong kaya yang memberi. Rasanya senang sekali saat itu menerima uang Rp 100,00 (Zaman sekarang dapat apa ya, kan?) atau Rp 500,00 sebab bakso semangkok lezat dulu harganya cuman Rp 150,00. Murah banget ya kalau dbanding sekarang. Tapi ya iyalah zaman sudah beda sih.

#7 Makan Bakso Rame-Rame

Zaman dulu tahun 90-an, makan bakso adalah sesuatu yang istimewa. Jadi ketika kami sudah selesai ujung ke saudara jauh maupun dekat, kami pergi ke warung bakso langganan yang sudah terjamin rasanya lezat. Terlebih biasanya kita bosan makanan lebaran yang terus berkuah. Jadi dengan kuah panas  nan segar, makan semangkuk bakso adalah pilihan yang tepat.

Begitualah tradisi lebaran di keluuarga saya saat dulu masih kecil (sebelum merantau) yang hingga kini masih selalu saya kenang dan rindukan. (End)

#Bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN
#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#Day25

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: