>
Alat Penghemat Listrik
Lifestyle / Tekno

ALAT PENGHEMAT LISTRIK

Alat Penghemat Listrik. Membengkaknya biaya listrik sudah menjadi masalah klasik dalam rumah tangga. Jika sudah seperti itu biasanya masyarakat menyiasatinya dengan cara membeli barang rumah tangga yang memiliki kapasitas watt yang tidak terlalu besar. Selain itu masyarakat juga biasanya memasang alat listrik hemat energi yang salah satunya dikeluarkan oleh https://sewatama.com/id/ dan berikut ini adalah beberapa alat yang juga bisa di klaim dapat menghemat daya listrik, berikut cara kerja dan efektivitasnya.

Pengertian Alat Penghemat Listrik/Kompresor Daya

Kompensator daya atau biasa juga disebut dengan energy saver, alat ini biasa digunakan untuk menghemat listrik. Ada dua jenis kompensator yang dijual di pasaran yaitu

  • Kompensator yng dipasang secara pararel dengan beban
  • Kompensator yang dipasang dengan beban

Prinsip dan Cara Kerja Alat Penghemat Listrik/Penurunan Daya Listrik

Lalu bagaimana prinsip cara kerja alat penghemat listrik / kompesator daya? Untuk kompesator berjenis paralel biasanya didalamnya berisi kapasitor. Kapasitor inilah yang dapat berfungsi sebagai penurun daya listrik untuk mereduksi atau menurunkan lonjakan listrik ketika perangkat elektronik rumah tangga dinyalakan. Karena seperti kita ketahui, setiap peralatan elektronik di dalam rumah dinyatakan akan memunculkan lonjakan listrik sesaat dan hal inilah yang membuat daya listrik membengkak.

Penghemat listrik
electricity

Jika alat penurun daya listrik ini dipasang pada rumah, penghematan yang didapat cukup bervariatif mulai dari 10% hingga 40%. Kondisi ini pun dapat dicapai jika faktor daya dari beban listrik dirumah tersebut sangat jelek.

Untuk jenis kompensator daya yang dipasang seri dengan beban, dengan cara menurunkan satu daya yang mensuplai peralatan elektronik yang terhubung dengan listrik. Harapannya dengan mengurangi suplai energi listrik ke barang-barang elektronik akan menghemat penggunaan listrik, namun sebenarnya justru akan membuat performa alat elektronik menjadi kurang maksimal, bahkan akan membuat peralatan rumah tangga mengalami korsleting hingga menjadi rusak.

Bagi yang ingin menghemat biaya listrik, mungkin ada baiknya jika kita membuat sendiri kompensator daya sendiri, karena sebenarnya membuat kompensator sangatlah mudah.

Author

wiwid.nurwidayati80@gmail.com
Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: