Unsplash.com
Blogging & Writing

Manfaat yang Didapatkan dari Blogwalking

Unsplash.com
Sumber Gambar : unsplash.com

Blogwalking adalah berkunjung ke blog orang lain. Dan jika ini dilakukan secara kontinyu maka akan dirasakan banyak sekali manfaat yang didapatkan dari blog-blog yang dikunjungi tersebut. Saya sendiri sejak bergabung dengan komunitas blogger dan komunitas kepenulisan, banyak sekali manfaat yang bisa saya dapatkan. Selain juga pengunjung blog yang beragam, tentu  saja banyak ilmu baru yang bisa saya dapatkan dari tulisan mereka.

Berikut beberapa hal penting yang saya dapatkan  dari aktifitas blogwalking:

#1 Mendapatkan Ilmu Baru

Saya menyadari bahwa begitu menakjubkannya kerja otak dengan melihat postingan blog yang selalu berbeda setiap hari dan juga berbeda tiap blognya. Seperti blognya mbak Steffi Fauziah yang sering memposting tentang blogging dan atau juga Mbak Muyasaroh . Dari sana saya bisa mengetahui banyak website yang menyediakan gambar gratis. Selain itu juga tips-tips optimizing blog, bagaimana mengenal DA/PA dan cara untuk menaikkannya.

#2 Mendapatkan Informasi Lomba Terbaru

Ini nih yang sangat menyenangkan. Saya suka membuat list lomba berdasarkan informasi dari salah beberapa blog. Mengikuti kompetisi menulis atau lomba blog, sangat memacu adrenalin karena tentu saja saya dituntut untuk memberikan tulisan yang bagus, unik dan padat bergizi. Nah saat ini saya suka lepoin blognya mbak Miyosi,klik di sini, untuk informasi lomba dan blognya duniabiza,klik di sini.

#3 Mempelajari Gaya Tutur Para Narablog Senior yang Sudah Sering Memenangkan Lomba

Karena saya suka ikut berkompetisi (tapi baru 3 lomba saja saya ikuti) dan saya berniat di tahun 2019 ini mengikuti kesempatan yang ada, dan tentu saja suatu saat mengharapkan sebagai salah satu pemenangnya. Nah dari 3 lomba yang diikutkan tadi, belum ada satupun yang nyangkut sebagai pemenang. Tidak apa-apa sih, karena itu juga tulisan pertama untuk diikutkan lomba. Nah setelah mengetahui para pemenangnya biasanya saya suka kepoin tulisan mereka, seperti apa sih tulisan yang menang itu. Dan memang saya kemudian spontan berkomentar kalau tulisan mereka unik, padat bergizi dan informative sekali dan saya masih harus banyak belajar.

unsplash.com
Sumber Gambar : Unsplash.com

#4 Mendapatkan Informasi tentang Buku-Buku yang Belum Pernah Saya Baca

Meskipun hal ini membuat wishlist buku saya semakin panjang, tetapi membaca informasi dari resensi yang dituliskan di blog membuat saya mempunyai gambaran dan mengetahui buku yang mana benar-benar menarik dan menjadi prioritas untuk dimiliki.

#5 Mendapatkan Teman Seperjuangan

Untuk tetap semangat dalam terus meningkatkan kualitas tulis menulis, tentu saja komunitas adalah salah satu pendukung yang bagus untuk membuat kita tetap semangat berkarya. Karena jika benar-benar disadari, kita manusia selalu ingin menjadi unggul dari yang lainnya. Dan mengetahui jika seseorang itu jauh lebih baik dari kita lalu membuat  kita ingin seperti mereka atau jauh lebih baik lagi, hal itu sungguhlah sebuah semangat positif, asalkan tidak diiringi ras sombong, iri dan dengki.

Nah, Bagaimana dengan teman-teman sendiri? Apakah manfaat yang dirasakan dari aktifitas blogwalking? Boleh di share di kolom komentar. (end)

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: