Belajar Blogging
Blogging & Writing

Belajar Nulis Artikel Bersama Wildan Fuady : Step Dasar Optimasi Blog

Belajar Blogging
Blogging
Sumber : http://www.designerspics.com

Menulis di blog itu mengasyikkan. Apalagi jika mendapatkan follower  atau  visitor  loyal yang dengan setia akan selalu berlama-lama dengan tulisan di blog kita. Lalu pertanyaanya adalah apakah perlu langkah-langkah khusus agar para visitor loyal itu datang begitu saja ke blog kita? Tentu saja perlu, lalu bagaimana caranya agar blog bisa mendatangkan visitor sukarela.

Nah saya yang masih belajar tentang dunia blog seperti dapat durian runtuh ketika bisa ikut kelas BNA Level 2 bersama Mas Wildan Fuady . Pasalnya di kelas BNA (Belajar Nulis Artikel) kan saya pikir ya hanya belajar nulis artikel, bagaimana langkah-langkah menulis artikel dengan baik dan kemudian bisa terus menemukan ide untuk menulis artikel. Ternyata tidak. Justru di awal, kita dikasih ilmu pengetahuan tentang blogging.

Buku Karya Wildan Fuady
Buku-buku Karya Wildan Fuady Sumber Gambar : www.wildanfuady.com

Di awal pembukaan di kelas BNA level 2 ini, Mas Wildan sudah memberikan sedikit opening, bahwa di kelas ini tekanannya semakin berat. Ih…agak keder juga nih, tapi karena pengin tetep dapat ilmu dari Mas Wildan Fuady ini, ya udah ditegarin saja. Semoga bisa kelar ngikutin kelasnya sampai akhir, dan syukur-syukur bisa nerbitin buku solo. (Aamiin, ini juga harapan dari mentor BNA, Mas Wildan Fuady) . Perlu diketahui kalau Mas Wildan adalah seorang penulis 20 buku, guru dan juga web developer. Keren banget, bisa memiliki 3 profesi tersebut dalam waktu bersamaan, belum lagi kelas-kelas menulis online yang harus beliau tangani. Saya yakin tentunya Mas Wildan pandai membagi waktu dan menentukan skala prioritas dalam hidupnya.

Template WordPress
Tampilan Menu WordPress Berbayar Vs Gratisan

Oke kita kembali ke kelas BNA level 2. Untuk kali ini kita (20 anggota di dalamnya) diajari terlebih dulu loh cara optimasi blog. Loh, kok tidak diajari nulis artikel? Tunggu, kita nulis artikel di mana? Di blog, bukan? Dan ingin tulisannya bisa dibaca khalayak ramai? Nah tentu saja blog berperan penting karena ia seperti rumah bagi tulisan kita. Salah satu kunci agar pengunjung blog betah adalah adalah mensetting blog kita dengan template yang responsif, apalagi usahakan mobile responsive karena hampir sebagian besar para netizen bisasanya menggunakan gawai mereka untuk browsing atau mengunjungi blog kita dari link blog yang telah kita share di sosmed ataupun di grup kepenulisan.

Mas Wildan menyampaikan 3 materi di kelas Level 2 ini, yaitu:
Pertama, optimasi wordpress,
Kedua, optimasi blogspot/blogger
Ketiga, mensetting blog dengan template yang responsif

Mungkin bagi yang masih belajar blog seperti saya terdapat ganjalan pertanyaan, mengapa harus dibedakan optimasi wordpress dan blogger? Ya, wordpress dan blogspot jenis template untuk blog dan keduanya memiliki format yang berbeda dalam settingan menu dan hal lainnya. Kita harus mengenali terlebih dahulu menu apa saja yang terdapat dalam tampilan blog dengan template wordpress dan atau blogspot. Hingga kemudian kita akan bisa mendapatkan tampilan blog yang nyaman dan responsif tentunya ditambah dengan tulisan kita yang enak dibaca dan bermanfaat, menjadikan pengunjung akan loyal mendatangi blog kita.

Selain itu ingat di materi sebelumnya bahwa memilih URL blog yang tidak asal-asalan akan juga memberikan manfaat antara lain, mudah diingat orang lain, menjadi branding penulis dan membuat kesan professional. Jika ingin mempelajari dunia blogging bisa berkunjung ke SaungIT, di dalamnya banyak sekali ilmu tentang blogging, tutorial tentang CSS dan HTMl dan masih banyak lagi.

Selain mengenalkan materi optimasi wordpress dan blogspot, Mas Wildan juga membagikan beberapa template blogger yang responsif untuk diaplikasikan di blog para anggota. Template yang sangat dianjurkan untuk diaplikasikan adalah Ijonk yang SEO responsive juga.

Template Blogspot Ijonk
Salah satu blogspot gratisan saya yang memakai template Ijonk

Dan ini warning saja deh bagi yang mau ngutak-atik blog, kalau kalian akan menemukan keasyikan sendiri saat mengutak-atiknya, dan bisa lupa waktu. Selamat belajar!

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: