Pentingnya Domain untuk bisnis
Lifestyle

3 Alasan Domain Penting untuk Bisnis

3 Alasan Domain Penting untuk Bisnis. Era digital saat ini telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia, sebab segala hal bisa dikendalikan hanya dari ujung jari. Dari urusan belanja, membayar beberapa pos penting seperti token listrik, PDAM,  Wifi, TV Kabel bahkan transfer antar bank. Semuanya bisa diselesaikan hanya dengan menggerakkan ujung jari  di layar gawai ataupun keyboard PC/Laptop. Asalkan perangkat gawai ataupun PC terkoneksi dengan jaringan internet dan tentunya saldo di bank ataupun media pembayaran lainnya mencukupi, maka segala urusan pembayaran akan selesai.

Selain itu, era digital ini juga membantu para pelaku bisnis mengenalkan usaha mereka ke berbagai pelosok dunia hanya dari ujung jari. Jika 20 tahun yang lalu, bisnis akan tumbuh dan berkembang dengan baik karena promosi dari mulut ke mulut atau iklan dari televisi ataupun surat kabar. Tetapi saat ini era digital telah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk mengenalkan produknya dengan jangkauan daerah yang lebih luas dan tentunya lebih cepat.

Kok bisa? Bisa saja karena berdasarkan data yang dirilis hootsuite per Januari 2019, pengguna internet di Indonesia mencapai 150 juta jiwa dari jumlah penduduk Indonesia yang tercatat 268 juta jiwa. Hal Ini berarti jumlah pengguna internet mencapai 56% dari total penduduk Indonesia. Sedangkan pengguna internet di dunia seperti juga dilansir hootsuite berjumlah 4.388 milyar dari jumlah penduduk dunia yang tercatat 7.676 miyar. Ini  berarti ada 57 %  pengguna internet di dunia.

Alasan Domain penting Untuk Bisnis
Prosentase Jumah Pengguna Internet VS Jumlah Penduduk Dunia dan Indonesia

Suatu angka yang sangat potensial untuk mengenalkan bisnis lewat dunia maya, salah satunya adalah mengenalkan bisnis sendiri melalui nama domain sebagai representastif bisnis offline kita di media daring.

Apa itu Domain?

Domain adalah alamat sebuah website yang fungsinya memudahkan pengguna internet untuk mengakses website kita. Biasanya kita menyebutnya sebagai alamat domain atau Domain Address.  Misalkan bisnis kita adalah jualan kopi maka kita bisa memberi nama usaha kita tersebut dengan bakulkopi. Maka dari nama bakulkopi tersebut kita bisa membuat domain address menjadi www.bakulkopi.com. Nah di sini, bakulkopi adalah  nama website sedangkan .com adalah ekstensi domain.

Lalu, apa website itu? Website adalah halaman yang ditampilkan oleh webrowser sesaat setelah kita mengetikkan nama domain atau domain name atau domain adress. Website sendiri sering disebut sebagai tempat fisik.

Seperti contoh ketika kita mengetikkan nama www.rumahweb.com, seketika browser akan menampilkan halaman yang menawarkan berbagai macam domain ataupun hosting dengan berbagai pilihan harga dan kelebihannya.

Online shop by rumahweb.com
Sumber gambar : rumhweb.com

Tetapi perlu diingat bahwa website tidak akan pernah terwujud jika kita tidak menggunakan hosting, meskipun nama domain sudah kita miliki. Karena hosting adalah tempat untuk menyimpan data, gambar ataupuan segala keperluan agar website bisa nyata tampil di dunia maya. Jadi domain + hosting = website.

Banyak pilihan ekstensi domain yang bisa dipilih.  Contohny ektensi domain yang ditawarkan www.rumahweb.com. beberapa ektensi domain tersebut memang dibuat untuk tujuan khusus. Ektensi domain bisa dipilih adalah  .com, .id, .xyz, .shop, .org, .net, .online, .store, .art, .date, .pictures, .win. Dari kesemua ekstensi domain tersebut .com (dibaca dot com) lebih banyak dipilih untuk berbagai keperluan terutama untuk bisnis.

3 Alasan Domain Penting Untuk Bisnis

Seperti yang disampaikan di atas bahwa domain merupakan alamat menuju sebuah website. Jika website yang kita bangun merupakan representatif dari bisnis offline yang kita miliki, maka domain berperan penting sebagai jalan bagi dunia mengenal bisnis kita secara daring.

Maka berikut 3 alasan domain penting untuk bisnis kita di era digital ini:

#1 Nama Domain adalah Branding dari Bisnis Kita

Pilihlah nama domain yang mencerminkan bisnis kita. Jika kita memiliki usaha penjualan berbagai jenis kopi, maka domain bisa kita beri nama bakulkopi. Disempurnakan dengan ektensi domain.com, maka www.bakulkopi.com akan memberikan dampak dalam ingatan jika bakulkopi menyediakan berbagai macam kopi di lamannya.

3 Alasan Domain penting untuk bisnis
3 Alasan Domain Penting untuk Bisnis

Contoh lain adalah nama domain rumahweb.com. Di dalam pikiran kita sudah terbayangbahwa rumahweb adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai macam kebutuhan website.

 #2 Domain Memberikan Kepercayaan bagi Pelanggan

Dengan menggunakan domain yang bukan gratisan seperti bakulkopi.com, orang akan lebih percaya dengan segala informasi yang ditampilkan di halaman website tersebut. Selain itu menggunakan domain berbayar memperlihatkan keseriusan ataupun keprofesionalan pelaku bisnis dalam mengelola bisnisnya. Hal itu tidak menutup kemungkinan akan banyak investor-invenstor ataupun reseller ataupun agen  yang tertarik untuk ikut bergabung membesarkan usaha kita ataupun memasarkan hasil produk dari bisnis tersebut.

#3 Domain Memperkenalkan Bisnis Kita pada Dunia

Jika kantor pusat bisnis kita beroperasi hanya bisa diketahui oleh orang dari lingkungan sekitar kantor ataupun kolega-kolega. Tetapi dengan adanya domain, dunia akan mulai mengenal bisnis kita. Terlebih jika nama domain muncul di halaman pertama pencarian google.

Intinya dengan mengenalkan nama domain di internet maka bisnis kita akan menjangkau dunia yang lebih luas. Hal itu memungkinkan kita mendapatkan banyak pelanggan baru dari berbagai pelosok dunia.

Dimana Bisa Membeli Domain?

Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa domain. Salah satunya yang terpercaya dan memberikan pelayanan yang memuaskan adalah Rumahweb. Saya sendiri membeli domain dan menyewa hosting di Rumahweb, dan ini sudah masuk tahun ke-2 masa perpanjangan. Sekitar awal bulan maret 2018 Rumahweb sedang menawarkan promo hosting unlimited dengan harga sekitar di bawah 300 ribu dari harga normal Rp 600.000,00. Wow, sungguh menarik sekali promonya.

Promo Termurah RumahWeb
Promo Termurah Rumahweb hanya di Bulan September

Domain utama yang saya beli bernama www.tokosehari.com. Hingga saat ini domain tersebut lebih sering untuk membuat landing page sebagai bahan promosi di FB adsense. Sedangkan domain wiwidstory.com adalah add on domain dari domain utama  www.tokosehari.com yang saya gunakan untuk keperluan menulis dengan tema lifestyle.

Salah satu yang membuat saya tidak berpaling ke penyedia domain lain, karena team support yang biasa disebut “orangrumah”, siaga melayani selama 24 jam. Sudah beberapa kali saya menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan domain ataupun settingan di CPanel kepada orang rumah di saat  malam sudah larut. Reaksi mereka sangat fastrespon, tetap ramah, melayani sepenuh hati dan membantu menyelesaikan kendala yang saya hadapi.

Satu hal lagi yang saya suka dari rumahweb adalah seringnya memberikan promo hosting murah ataupun domain murah. Hal ini sangat membantu bagi blogger maupun pelaku bisnis yang ingin memiliki domain TLD untuk memulai mengenalkan usahanya di dunia maya.

web
5 Alasan Lain Memilih Rumahweb

Solusi hosting dan domain yang harganya sering bikin sakit kepala ya Rumahweb saja.

#rumahweb #blogcompetition

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: