Mencegah Penyebaran Covid19
Covid19 by Canva

Apa yang Dilakukan untuk Mencegah Penyebaran COVID19? Penyebaran wabah penyakit yang semakin mengganas tidak akan surut jika tidak ada andil kita dalam memeranginya.

Selama ini pemerintah telah memberikan beberapa anjuran yang hendaknya dipatuhi oleh semua lapisan masyarakat. Meski sejauh ini masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi semua anjuran tersebut.

Berikut ini anjuran dari pemeritah untuk mencegah penyebaran virus Covid19

Hal-Hal yang Dilakukan untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid

1. Mencuci Tangan

Mencuci Tangan by Canva

Cuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun, juga mengikuti aturan yang benar. Sehingga tangan benar-benar bersih merata dan bebas dari kuman.

2. Menggunakan Handsanitizer

Menngunakan handsanitizer
Menggunakan Handsanitizer by Canva

Setelah beraktivitas dari luar, gunakan handsanitaizer. Usahakan memastikan handsanitaizer yang dipakai bukan palsu, dan benar-benar membantu membersihkan tangan dari kuman. Tak salah untuk berhati-hati dengan orang -orang yang menyalahgunakan kesempatan ini untuk mengambil keuntungan.

3. Mengenakan Masker Saat Keluar Rumah

Usahakan menggunakan masker N95 saat keluar rumah. Kenapa harus masker N95? Karena masker jenis ini adalah masker yang mampu melindungi partikel udara yang mengandung virus dan bakteri dari mulut dan hidung. Sayangnya masker ini hanya sekali pakai dan tidak didesign untuk semua kalangan termasuk anak-anak dan ornag yang memiliki bulu lebat di bagian sekitar bibirnya.

Menggunakan Masker
Menngunakan Masker by Canva

Selain menggunakan masker N95, kita juga bisa memakai masker berlapis 3. Intinya masker yang mampu menahan bakteri dan kuman menerobos masuk lewat hidung dan mulut.

4. Jauhi kerumunan Massa

Menjauhi kerumunan massa dengan menerapkan sosial distancing atau juga memenuhi peraturan PSBB yang telah ditetapkan permerintah. Intinya usahakan meminimalisir kontak dengan orang lain.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berserat. Selain itu juga sempatkan untuk berolahraga.

Makanan sehat
Buah & Sayuran by Canva

Makanan bergizi dan berserat tidak sellau mahal. Sayuran, tahu dan tempe sudah termasuk makanan bergizi. Bahkan beberapa jenis ikan, seperti ikan kembung, ikan benggol, ikan mata besar, ikan lele, ikan mujair, ikan bandeng, harganya masih cukup terjangkau karena jauh di bawah harga daging ayam dan daging sapi.

Olahraga juga tidak harus dilakukan di ruang fitness. Berjalan kaki mengitari komplek setiap pagi, atau bersepeda mengitari komplek perumahan, atau bisa berolahraga di dalam rumah dengan menyalakan youtube dan mencari jenis olahraga di sana.

6. Bekerjasama dengan Petugas Kesehatan

Segera konsultasikan kesehatanmu jika merasa tubuh kurang fit atau memiliki gejala penyakit tertentu seperti sesak nafas, demam tinggi, batuk, dan tenggorokan sakit . Hal itu dilakukan tentunya karena untuk menghindari semakin memburuknya dan bisa jadi berakibat fatal yaitu kematian.

7. Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selalu jagalah kebersihan lingkunan rumahmu baik yang di dalam maupun diluar. Selain mengurangi kemungkinan timbulnya suatu wabah penyakit, lingkungan rumahmu akan terlihat asri dan bersih.

Nah, dari 7 poin di atas sebenarnya sangat mudah bukan untuk dijalankan? Dengan menjalankan poin-poin di atas kita sudah membantu dunia, khusunya pemerintah Indonesia, mencegah penularan virus Covid19. Stay Safe and stay at home, always. (end)

#Day6
#BPN30DayRamadanBlogChallenge
#BPNRamadan2020


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.