5 Rekomendasi Buku Bagus di Bulan Juni.Bagi sebagian orang, membaca merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih jika dihadapan mereka tersaji buku-buku bagus. Eh…tapi memang ada nih buku-buku yang nggak bagus. Ada dong. Anyway bagi penikmat buku, biasanya hampir semua buku dia lahap, terkecuali memang mungkin buku-buku yang tidak sesuai dengan selera mereka. Meskipun begitu, biasanya mereka tetap membacanya untuk dijadikan sumber pengayaan wawasan.

Saya sendiri sejak dua bulan ini mulai menekuni hobi yang sudah agak lama saya tinggalkan. Karena gawai lama saya tidak support untuk mengunduh berbagai aplikasi membaca online. Ya, hampir sebagian besar buku yang saya baca berasal dari beberapa aplikasi atau media daring. Lebih ngirit, meski sebenarnya saya lebih menyukai buku fisik. Karena bagaimanapun lebih nyaman membaca buku fisik.

Dan berikut ini 5 rekomendasi buku bagus yang wajib masuk list to read. 5 buku bagus ini saya pinjam dari Ipusnas kok. Ipusnas adalah media daring legal yang bisa kamu unduh di playstore. Rasanya itu lebih baik daripada kita baca dari buku bajakan atau pdf bajakan, ye kan?

5 Rekomendasi Buku Bagus

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, jika 5 rekomendasi buku bagus ini saya dapatkan dari Ipusnas. Beberapa buku bagus ini harus menunggu antrian. Dan sebagian besar buku yang saya rekomendasikan ini berasal dari penerbit Basa-Basi, Divapress atau Laksana.

1. Surat-Surat Hebel dan Veronika Karya Ajen Angelina

Seperti judulnya, seluruh isi buku ini berisi surat-surat antara Hebel dan Veronika. Mereka berdua saling berbalas surat. Meski begitu, novel ini amat sangat bagus, tidak membosankan, dan berisi banyak pencerahan pikiran. Selain itu penulisnya juga berani mengekspresikan isi pikirannya, meskipun masih dalam ukuran wajar.

5 Rekomendasi Buku Bagus
Surat-Surat Hebel dan Veronika

Hebel adalah seorang Rama (Romo) atau pastur di sebuah gereja katolik. dan Veronika adalah salah satu jemaatnya. Mereka saling jatuh cinta, tetapi tentu saja sebagai seorang Romo, Hebel yang sudah bersumpah untuk hidup selibat, mampu menutupi dengan baik perasaannya.

Saya sematkan angka sempurna 5/5 untuk novel ini. tetapi sedikit catatan bagi kamu yang nggak suka membaca dengan sudut pandang berbeda dari agamamu, jangan membaca buku ini. Karena tokoh Hebel dan Veronica memerankan seorang jemaat katolik, pun penulis beberapa kali mengutip ayat-ayat dari kitab injil.

2. Luka Paling Dalam Karya Ari keling

Novel karya Ari Keling ini diterbitkan oleh Laksana, penerbit yang masih satu payung dengan Basabasi. Ari Keling sendiri bukan penulis pemula, beliau sudah beberapa kali menerbitkan buku. Novelnya kali ini bercerita tentang seorang yang karena Depresi mengalami penyakit DID (dissociative identity disorder) yang cenderung memiliki kepribadian ganda.

5 Rekomendasi Buku Bagus
Luka Paling Dalam

Namun di dalam novel ini, Ari Keling mampu menceritakan tokoh dari kepribadian ganda si tokoh utama dengan baik. Saya sendiri yang membacanya tidak pernah menyangka jika tokoh-tokoh yang ada merupakan imajinasi si tokoh utama, Evelin. Namun, pembaca akan memahami siapa tokoh-tokoh lainnya ini pada akhir-akhir bab.

Satu hal lagi yang bisa saya tangkap adalah bahwa penulis ingin menyampaikan kepada pembaca bahwa masalah rumah tangga sangat besar dampaknya terhadap perkembangan psikis anak-anak, bik itu kondisi bahagia atau tidak.. Saya sematkan 4.5/5 untuk novel ini.

Baca Juga :
Review Novel Hilda : Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Review Novel Bertemu Proses, Journey To Your Heart : Sebuah Kisah Cinta yang manis

3. Cinta Lama oleh Puthut EA

Siapa yang tak kenal Puthut EA. Penulis kawakan yang bagi pencinta aksara tidak meragukan lagi kualitas tulisan beliau. Tak salah jika Penerbit Divapress meminang karyanya. Bercerita tentang dua orang yang pernah menjadi sepasang kekasih melakukan janji temu lagi (reuni). Meski sepertinya temanya terlihat begitu sederhana, tapi cara penyampaian Penulis sangat bagus sekali sehingga menjadi novel yang luar biasa.

5 Rekomendasi Buku Bagus
Cinta Lama Puthut EA

Saya sematkan 5/5 untuk novel ini. Terlebih bagi kamu yang suka bacaan romantis manis dan juga menyakitkan sekaligus.

4. Rumah Ilalang oleh Stebby Julionatan

Rumah Ilalang diterbitkan oleh Basabasi. Novel ini mengambil tema Gay. Hehehehe…tapi bukan di sini ya letak kelebihannya. Kelebihannya adalah sisi perjuangan hidup mereka yang meskipun banyak yang menganggap”miring” tetapi mereka tetap ingin bermanfaat bagi orang banyak dan juga bisa hidup mandiri dari rezeki yang halal.

Rumah Ilalang oleh Stebby
Rumah Ilalang Oleh Stebby J

Selain itu novel ini juga menceritakan tentang kesulitan pada proses pemakaman Tabita (seorang gay). Karena sebagian besar lapisan masyarakat maupun dari sektor agama menolaknya. Saya sematkan 4.5 untuk novel ini.

5. Di Jok Belakang Mobil oleh Lamia Putri Damayanti

Novel ini unik, dan diterbitkan oleh Basabasi. Bercerita dari sudut pandang dua tokoh yang saling bercakap. Hanya saja tokoh pertama adalah bapak tua, dan tokoh satunya adalah mayat. Bapak Tua inilah yang membunuh mayat ini, lalu dia menaruhnya pada bagian belakang jok mobilnya. Bapak tua ini mengelilingi kota, juga keluar kota dengan mobilnya bersama mayat tersebut di jok mobilnya bagian belakang.

Di Jok Belakang Mobil karya Lamia
Di Jok Belakang Mobil

Sebagaian besar percakapan mereka berdua berisi realitas kehidupan masyarakat kelas bawah masa kini. Mungkin lebih tepatnya satir kehidupan, dan juga sedikit protes kepada penguasa lewat tulisan. Saya sematkan 5/5 untuk novel ini.

Ayo segera ke Ipusnas, amankan dan masukkan ke rak buku. Atau bagi kamu yang suka baca buku fisik, kamu bisa membelinya langsung di Basabasistore atau divapress store. 5 rekomendasi buku bagus di atas. Banyak pandangan baru yang bisa kamu dapatkan setelah membaca buku-buku tersebut.