Spread the love

Memasak Jengkol Jadi Empuk, Begini Caranya. Hayooo..siapa yang suka dengan masakan bernama jengkol. Hehehe…saya termasuk salah satu penggemar masakan jengkol.

Saya menyukai masakan jengkol semenjak menikah. Sebelum-sebelumnya nggak pernah tuh nyicip masakan jengkol. Baunya yang aduhai membuat saya berpikir ulang untuk menyantapnya. Kenapa bisa suka makan masakan berbahan jengkol? Karena masakan mamak mertua lezat. Jengkol bisa disulap seolah berasa daging kenyal. Enak deh. (lebay ya? Bener banget kok.

Bagaimana Mengenal Memasak Jengkol jadi Empuk

Setelah menikah saya diajak suami tinggal di Kota Pekanbaru. Kebetulan rumah ibu mertua berjarak 4 jam perjalanan menggunakan mobil biasa . Setiap libur panjang misalkan 3 hari-4 hari, suami selalu mengajak saya menjenguk ibu mertua. Di sanalah saya mulai merasakan lezatnya masakannya.

Saya banyak belajar memasak dari beliau. Setiap saya ke sana, ibu mertua beberapa kali masak jengkol. Yang masih teringat di kepala adalah gulai jengkol dan sambal teri campur jengkol. Ini nih kesukaan suami juga. Jadi saya semakin semangat untuk bisa memasak hidangan tersebut.

Cara Masak Jengkol yang Empuk

Enambelas tahun setelah mengenal masakan jengkol yang lezat untuk pertama kalinya, saya baru tahu resepnya yang benar beberapa hari yang lalu.

Saya bertemu kembali dengan ibu mertua di acara pernikahan Cucu pertamanya di Tanjung Pinang. Dia bercerita jika habis belanja jengkol dalam jumlah banyak. Saat kami pulang kembali ke Batam, Belia membekali kami dengan beberpa butir jengkol.

Jengkol Masak Empuk
Buah Jengkol

Nah, Sebelumnya ibu telah memberi kami resep mudah memasak jengkol yang hasilnya empuk.

#1 Potong Jengkol menjadi dua bagian

Kalau ibu mertua memberi resep agar memotongnya dibagian tengah (Bagian paling menggunung, bukan bagian yang memang belahan duanya. Agar jengkol tetap tebal dan terasa kenyalnya.

#2 Rendam jengkol di dalam air yang sudah ditaburi garam

Langkah selanjutnya setelah jengkol dipotong, rendam dengan air yang sudah dibubuhi garam. Ini bisa dilakukan sebelum kamu mempersiapkan bumbu-bumbu dan lain sebagainya.

#3 Goreng jengkol

Setelah direndam, goreng jengkol dalam air panas. Setelah masak angkat. Ingat, jangan sampai gosong ya.

#4 Rendam ke dalam air panas yang sudah dibubuhi garam

Setelah diangkat, langsung masukkan kedalam air panas yang sudah dididihkan dan ditaburi garam. Setelah jengkol digoreng, langsung masukkan ke dalam air panas ini. Diamkan hingga air dingin (sedingin suhu ruangan). Angkat jengkol. Jangan lupa untuk membuang dan membersihkan kulit jengkolnya ya. Setelah diangkat dan dibersihkan kulitnya, cuci beberapa kali hingga bersih. Tiriskan! Jengkol siap dimasukkan ke dalam cabe yang sudah dimasak.

Resep Masakan Jengkol

Berikut ini ada beberapa resep maskaan jengkol yang mudah untuk dicoba didapur tercinta kamu.

#1 Sambal Jengkol

Jengkol MAsak empuk
Sambal Jengkol

Lakukan langkah-langkah memasak jengkol jadi empuk seperti tulisan diatas. Untuk membuat sambalnya, siapkan cabe 1 ons, bawang merah dan bawang putih masing-masing 2-3 siung. cabe rawit sesuai selera. Haluskan semua bahan tersebut, lalu tumis hingga matang. Masukkan jengkol. Sambal jengkol siap di hidangkan.

#2 Sambal Teri Jengkol

Jengkol MAsak empuk
Sambal Teri Jengkol

Mengolah sambal teri jengkol sedikit berbeda. Jengkol cukup di rendam dengan air yang sudha dicampur dengan garam, lalu goreng. Goreng juga teri hingga matang. Resep sambalnya sama dengan resep sambal jengkol dasar. Setelah sambal matang, masukkan teri dan jengkol bersamaan. Masakan siap di hidangkan.

#3 Gulai Jengkol

Jengkol masak empuk
Gulai Jengkol

Gulai jengkol bisa dicampur dengan bahan lain seperti tahu atau kentang, sesuai selera. Jika tidak suka dengan campuran lain, cukup jengkol saja. Membuat jengkol menjadi empuk untuk masakan gulai, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang sudha ditulis diatas. Hanya saja, memotong jengkol mengikuti potongan asli jengkolnya, sehingga berbentuk 1/2 lingkaran utuh tipis. Nah setelah bagian yang direndam dengan air panas dicampuri garam, kamu memarkan jengkol.

Baca Juga:
Resep Nasi Goreng Sederhana, Menu Idola Keluarga

Bumbu gulai jengkol seperti bumbu gulai pada umumnya : 8 siung bawang merah, 6 siung bawang putih,satu sendok teh ketumbar, 5 biji kemiri, 1 ruas jari kunyit, 1 ruas jari jahe, cabe sesuai selera, serai, daun jeruk daun salam. Semua bahan dihaluskan kecuali serai, daun jeruk, daun salam. Siapkan juga 750 ml santan kental aau sesuai banyaknya jengkol yang kamu masak.

Cara memasak : tumis bumbu yang sudha dihaluskan hingga harum, masukkan daun jeruk, serai, daun salam. Masukkan jengkol yang telah dimemarkan. Aduk rata! tuang santan, aduk hingga mengental dan jengkol matang. Gulai siap dihidangkan.

Gampang kan membuat jengkol empuk? Jangan lupa juga coba resepnya. Teman makan gulai jengkol dan sambal jengkol, biasanya saya merebus buncis, dan teman makan sambal teri jengkol, masak sayur bayam. Pokoknya ini resep mudah dan lezat. Try it!


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

9 Comments

Dodo Nugraha · 10 September 2020 at 17:55

Menurutku, jengkol adalah makanan yg cukup enak. Tapi entah kenapa jarang disukai masyarakat. Mungkin dianggap menyebabkan bau kali yaa 😅

Btw, aku cuma pernah makan jengkol 2-3 kali saja mbak. Makan di tempat Mbahku. Ibuku tidak mau memasaknya, Hahaa

    Wiwid Nurwidayati · 10 September 2020 at 22:39

    iya sih, kalau orang jawa jarang sekali yang mau makan ini. Saya kenalnya juga udah nikah di daerah sumatra ini termasuk makanan favorit. Saya aja heran

      Dodo Nugraha · 16 September 2020 at 23:50

      Waah, gitu ya. aku baru tahu loh. hehe.
      BTW, kami adalah keluarga Jawa, yang kini tinggal di Sumatera 😀
      Orangtua ku lahir di Sumatera, tapi Mbahku yang asli dari Jawa

renov · 22 September 2020 at 00:18

aduh kakkkkkkk … tolong….
Saya jadi ngiler banget liatnya.
Kak, kalau jengkol gulai berapa lama masaknya?

    Wiwid Nurwidayati · 25 September 2020 at 09:28

    Jadi sebentar kak, lamanya seperti masak ayam gulai

      renov · 3 October 2020 at 03:20

      Favorite kakak yang mana kah diantara 3 masakan kreasi Jengkol di atas?

        Wiwid Nurwidayati · 3 October 2020 at 19:44

        gulai jengkol, tapi yng kental gitu.

          renov · 7 October 2020 at 00:46

          saya terus kembali ke postingan ini.
          Gak bisa move on dari Jengkolnya.

          Kalau kental, takaran santannya berapa kah?
          750 ml itu yang normal kah?

          Belum praktek, susah cari Jengkol di Jerman

          Wiwid Nurwidayati · 7 October 2020 at 11:09

          hehehe, saya biasanya bikin untuk setengah kilo jengkol itu kalau beli kelapa parutan, beli 6000. Kalau beli yang kental udah diperas itu juga minta 6000. Kalau beli kayak santan kara, yang besar aja, berapa ml itu 600 kan ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: