Blog WordPress

5 langkah Sederhana Mempercantik WordPress

5 Langkah Sederhana Mempercantik WordPress Berbayar. Sebagai penulis yang senang mengabadikan tulisannya di blog, tentunya blog akan menjadi rumah yang maya yang tetap ingin terlihat cantik dan para tamu betah berlama-lama di dalamnya. Tentunya kita harus bongkar dan utak-atik blog tersebut agar terasa nyaman dilihat oleh pengunjung dan tentunya suguhan utamanya juga menarik.

#1 Pilih Template yang responsive untuk PC dan Gadget

Banyak pilihan template yang disediakan oleh wordpress. Namun kita mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk mencoba satu persatu hingga menemukan yang pas. Saya  merekomendasikan template Hestia untuk WordPress. Kelebihan dari  template Hestia adalah

– Ada banyak pilihan font untuk Sub judul dan tulisan utama
– Ada 3 pilihan header layout dan blog layout
– Secara Otomatis muncul “related post” setiap membuka satu judul tulisan

Untuk header background, kita bisa memilih gambar dari mana saja yang tentunya kita suka. Syukur-syukur gambar tersebut hasil karya kita sendiri. Namun, kita bis ambil gambar legal yang  banyak disediakan di internet. Misalkan nih kita ke freepik dan search dengan kata kunci “blog header”, maka akan muncul banyaksekali pilihan gambar. Kita tinggal memilih manakah yang sesuai dengan karakter blog kita.

#2 Pasang Widget Penting

Beberapa widget penting yang harus ada di blog antara lain:

       1. Widget About Me

Untuk WordPress berbayar, kita perlu menginstal plugin about me. Fungsi about me adalah untuk mengenalkan diri sendiri secara singkat selaku pemilik blog, sehingga pengunjung memiliki sedikit pengetahuan tentang pemilik blog tersebut.

       2. Widget Popular Post

Popular post berguna untuk mengetahui artikel mana saja yang menjadi favorit pengunjung blog. Ini juga bisa menjadi salah satu tolok ukur kita mengetahui hal apa yang sedang menjadi trending topic di dunia maya.

        3. Widget Archives

Widget ini berguna untuk mengetahui sejarah kepenulisan kita dalam bentuk angka. Dari Widget archives ini juga kita bisa mengetahui  apakah setip bulan atau tahunnya jumlah tulisan kita semakin meningkat atau justru turun.

        4.Widget Gambar Keanggotaan dari Sebuah Grup

Pasang ikon grup yang kamu ikuti, hal itu juga bisa menunjang bahwa pengunjung memiliki pemikiran bahwa tulisanmu lebih memiliki banyak kemungkinan untuk dibaca orang banyak.

         5.Widget atau ikon Follow Media Sosial

Download plugin follow sosial media. Hal ini selain untuk meningkatkan jumlah follower medos kita, juga akan menjadi salah satu penilaian saat kita mengecek Performa blog di mesin seoptimer.

        6. Widget Recent Post

Tentu saja widget ini berguna untuk menampilkan post tulisan terbaru kita.

#3 Sisipkan Infografis yang Menarik di Artikel

Tidak perlu bingung untuk membuat infografis yang sederhana jika kita tidak menguasai Photoshop atau aplikasi desain grafis yang canggih lainnya. Ada 3 aplikasi yang saya rekomendasikan dan itu sangat mudah dipelajari yaitu Canva, Pixellab, dan photoscape. 3 aplikasi tersebut akan sangat mudah dipelajari dan membantu mempercantik tampilan blogmu.

#4 Menambahkan Menu atau Kategori  di Header

Menu berfungsi untuk mengelompokkan jenis tulisan. Dengan melihat judul menu, tentu pengunjung sudah mengerti jenis tulisan atau informasi apa yang ingin dibacanya.

#5 Rapikan Tulisan Menjadi Rata Kanan dan Kiri

Biasanya hasil postingan tulisan WordPress tidak rapi, alias pada bagian kanan tidak bisa rata (justify). Nah  ini 2 langkah untuk hasil tulisan rata kanan dan kiri, sebelum kita klik “update” atau “post”,

  1. Klik Ctrl A
  2. Klik Alt+Shif+J, Jadi deh tulisannya rata kanan dan kiri.

5 langkah sederhana di atas semoga sedikit membantu atau menambah pengetahuan untuk mendapatkan tampilan blog yang menarik. Satu yang penting dan perlu diperhatikan adalah tampilan blog tergantung dengan tema atau template yang kita pilih. Selamat ngeblog(end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

1 Comment

Belajar Menulis Bersama Wildan Fuady | Wiwid Story · 22 March 2019 at 07:56

[…] Baca di sini : 5 Langkah Sederhana Mempercantik Blog WordPress […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: