Bertamu, main Smartphone
Mengaji, main Smartphone
Terima Tamu, main Smartphone
Bekerja, main Smartphone
Belajar, main Smartphone
Makan, main Smartphone
Bersama keluarga, main Smartphone
Kiamatlah duniamu tanpa Smartphone


Aku Takut KehilanganMu – Maman Suherman

Cara Mudah Menentukan Gadget Impian dari Tabloid Sinyal hingga ke Carisinyal. Memang bukan main peranan gadget di era digital ini. Dia menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Kadang kita melihat dua orang duduk berhadapan atau segerombolan orang yang sedang berkumpul tidak bicara sama sekali. Masing-masing saling menatap smartphone di tangannya. Terkadang malah terlihat tertawa sendiri. Jikalau pun harus saling berbicara, terkadang mereka tidak fokus dan akhirnya obrolan tidak nyambung dan balik lagi ke gawai. Gadget di tangan terasa lebih menyenangkan daripada berbincang satu sama lain.

Dilain hal, sering kita lihat orang-orang curhat di status-status media sosial mereka. Seolah-olah mereka ingin seisi dunia tahu jika mereka sedang mengalami masalah. Sehingga rasanya manusia ada seolah tak ada. Jangan dipungkiri jika sebagian besar dari kita main gawai sebelum tidur. Bangun tidur yang pertama dicari handphone. Selesai shalat yang dicari smartphone.

Apakah gadget membawa dampak seburuk itu? Tentu saja tidak. Semua tergantung masing-masing pribadi. Bahkan jika pandai-pandai memanfaatkan kecanggihan gadget di era digital ini, kita bisa menghasilkan uang dari rumah saja.

Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa

Kita pasti pernah melihat postingan yang “apa jadinya jika corona terjadi pada tahun 2000”. Ya pada tahun itu handphone belum secanggih sekarang ini. Bunyi nada dering masih type monophonic dan polyphonic. Game yang terkenal zaman itu hanya game ular. Pulsa masih mahal dan provider yang ada saat itu hanya Telkomsel dengan jenis kartu Hallo dan Simpati.

Perkembangan Gadget dulu Vs Kini

Pada saat itu handphone hanya bisa digunakan untuk telepon dan mengirim SMS. Bahkan jumlah karakter SMS terbatas hanya 250 – 300 karakter. Tidak seperti sekarang yang sudah bisa chat panjang kali lebar via WA, Messenger, Line, Telegram dan aplikasi lainnya. Apalagi mengirim gambar atau foto, pada saat itu masih belum bisa.

Lalu, kita bisa membayangkan saat lock down hanya ditemani gawai sejenis itu? Sedangkan saat lock down kita dianjurkan hanya berdiam diri di rumah, juga dilarang berkumpul. Jadinya untuk memenuhi kebutuhan hidup, mau tak mau kita harus keluar rumah, seperti bekerja, berdagang di pasar maupun belanja ke pasar.

Kita masih beruntung bahwa corona terjadi pada tahun 2021. Teknologi telah berkembang pesat. Kita bisa melakukan banyak hal dari rumah. Bahkan masih tetap bisa meeting dengan klien, meski kerja dari rumah. Kita masih bisa belanja hanya lewat ujung jari. Berjualan dari rumah. Ya, kita bisa tetap produktif dan menghasilkan meskipun dari dalam rumah.

Seperti saya, sejak resign dari dunia manufacturing dan memutuskan membeli domain berbayar, membuat saya bisa produktif dan menghasilkan dari rumah. Tentu saja memerlukan gadget sebagai pendukung produktivitas saya dari rumah.

Gadget Partner Aktivitas jadi Blogger dan Influencer

Salah satu modal utama seorang blogger atau influencer adalah gadget. Bisa Smartphone, tablet, PC maupun Laptop. Setiap orang memiliki kenyamanannya sendiri-sendiri. Gadget partner aktivitasku sehari-hari adalah Huwaei Y7 Pro 2019 dan laptop Asus X441N.

Saat webinar dengan Asus X441N

Dua gadget ini saya beli beberapa hari setelah saya memutuskan resign dari perusahaan tempat saya kerja. Membeli jenis ponsel Huawei Y7 Pro 2019 saat itu tanpa perencanaan. Sebenarnya saya pengin beli Huawei seri Nova. Tetapi karena keterbatasan dana, pedagang menawarkan Huawei Y7 Pro 2019. Memang sih saya sempat lihat di salah satu e-commerce, kalau produk ini baru. Meski agak berat hati, saya ambil juga Huawei ini.

Saat itu rasanya dengan ROM 32 GB dan RAM 3 GB juga CPU Snapdragon 450 sudah sangat mendukung kebutuhan saya sehari-hari. Tetapi ternyata saya masih harus hapus, install, hapus dan install aplikasi yang dibutuhkan agar program berjalan dengan cepat.

Meski begitu Huawei telah banyak berjasa padaku. Sebab dengannya saya bisa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi sama WAG-WAG. Saya juga bisa mendapatkan job lewat informasi di berbagai grub sekaligus mendapatkan ilmu tentang blogging dan upgrade dari sana.

Untuk Asus sendiri biasa saya gunakan untuk menulis di blog atau untuk menghadiri webinar via Zoom atau Gmeet. Gadget satu ini juga sangat berjasa saat anak-anakku melaksanakan belajar daring di rumah. Hanya saja, mungkin karena CPU Asus X441N masih Intel 2 Core N3350, membuat saya kadang kewalahan karena loadingnya sangat lambat. Atau pun jika membuka beberapa layar tab, loadingnya juga sangat lambat atau bahkan kemudian jadi “hang”.

Pengin banget ganti laptop sebenarnya. Dan sekarang paham, harus cari banyak referensi sebelum menentukan gadget yang ingin saya beli. Sebab terkadang menyusup sedikit penyesalan, mengapa dulu tidak cari tahu terlebih dahulu spesifikasi atau review gadget yang dibutuhkan demi kelancaran aktivitas sehari-hari. Padahal banyak banget rekomendasi laptop terbaik dari berbagai harga yang direview oleh Carisinyal.

Cara Menemukan Gadget
Halaman dan Menu Carisinyal

Cara Mudah Menentukan Gadget dengan CariSinyal

Dari pengalaman saya yang asal beli gadget tanpa mencari tahu lebih banyak kekurangan dan kelebihannya, jadinya mulai sekarang rajin nih baca perkembangan rekomendasi gadget terbaik sesuai harga. Dan senangnya ada website Carisinyal yang memberikan informasi itu semua.

Mengenal website Carisinyal saya jadi teringat dengan tabloid sinyal. Tabloid ini dulu mengulas handphone-handphone dari berbagai merek dan berbagai harga. Dulu sering banget beli atau hanya menumpang baca di salah satu lapak koran langganan. Harganya sekitar Rp 8.000,00 saat itu.

Tetapi seiring berkembangnya teknologi, satu persatu media cetak mulai gulung tikar dan beralih ke media digital. Seperti website Carisinyal yang memberikan informasi akurat tentang dunia digital dan teknologi.

Laptop Incaran di Carisinyal

Seperti saya yang akhirnya menemukan rekomendasi laptop terbaik harga 7 jutaan. Dengan harga 7 jutaan saya bisa menemukan laptop sesuai spesifikasi yang saya butuhkan. Spesifikasi yang saya butuhkan adalah yang menggunakan processor Intel Core i3, storage SSD, RAM minimal 4 GB. Saya naksir Asus A516JA dan Acer Aspire 5 Slim.

Selain laptop, jika kita ingin mendapatkan rekomendasi smartphone, accessories, maupun tips & tricks, kamu bisa mendapatkannya di sini. Senangnya mengunjungi website Carisinyal, selain karena reviewnya lengkap, saat membaca di sana mata terasa nyaman sekali karena tidak banyak iklan yang mengganggu tampilan halaman.

Nah, kamu yang ingin menentukan gadget impian sesuai dengan budget, kamu bisa mengunjungi Carisinyal. Lengkap akurat dan nyaman. (end)