Cara Mendapatkan Follower Instagram secara Organic ala Nevie Rost. Sebagai seseorang yang sedang nyemplung di dunia influencer, senang banget rasanya ada tawaran yang datang untuk ikut campaign. Bayangan duit dan juga hampers yang mungkin akan didapat sudah terpampang di depan mata. Ee..tapi, kok syaratnya harus punya follower sekian ribu. Pupus sudah deh harapan untuk ikut campaign.

Setelah itu saya rada kesel dan mulai follow banyak akun biar difollow balik. Harapannya tentu biar jumlah followernya naik drastis atau paling instantnya beli follower. Tetapi apakah ini baik? Jawabannya pasti tidak Client juga akan mengecek apakah akun kita memiliki follower organic atau follower aspal alias asli tapi palsu.

Kali ini VIP Parents kasih kita- member VIP Parents- rahasia mendapatkan 50 ribu follower secara organics alias tanpa beli. Kali ini dibawakan oleh mbak Nevie Rost, VIP Parents terbaik bulan Oktober 2020 dan juga seorang Youtuber dan Mominfluencer. Mbak Nevie berpengalaman mendapatkan follower organic lebih dari 50 ribu hanya dalam waktu 2 tahun.

Nevie Rost dari VIP Parents
Profil @Nevie.Rost

9 Cara Mendapatkan Follower IG Tanpa Beli

Mbak Nevie memaparkan pengalamannya menaikkan follower IG tanpa beli. Pada awalnya postingan IG mbak Nevie berisi catatan travelingnya, kemudian tentang keluarga dan kini lebih ke parenting. Berikut ini 6 cara menaikkan follower IG secara organic ala Nevie Rost:

#1 Foto Terlihat Menarik dengan Penerangan yang Baik

Foto yang terlihat menarik akan membuat pengunjung betah menscroll foto-foto yang kita upload di Feed IG. Agar menghasilkan foto yang menarik, salah satunya foto diambil dengan penerangan yang bagus. Jika tidak memiliki ringlight, cukup gunakan cahaya ilahi.


Maka kenali cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Pilih posisi saat cahaya matahari sedang bagus-bagusnya. Untuk menghasilkan tata letak yang bagus bisa mencontoh foto-foto di pixabay atau pinterest atau akun penyedia foto gratis lainnya.

Postingan akun IG Mbak Nevie Rost

Selain itu, untuk mempercantik gambar kita juga bisa menggunakan aplikasi seperti light room. Jika belum paham, belajar dari youtube cara mengedit gambar atau video agar tampilannya menjadi cantik dan menarik.

#2 Ceritakan Pengalaman Hidup

Biasanya pengunjung akan lebih tertarik membaca realstory atau pengalaman asli. Ceritakan pengalaman hidup kita, terutama yang bermanfaat bagi orang lain.

Seperti Mbak Nevie ini menceritakan bagaimana pengalamannya mendidik Baby Althea, cerita tentang keluarga kecilnya dan ditunjang dengan foto-foto yang menarik. Dengan begitu, otomatis pengunjung merasa butuh dan akan kembali ke akun kita dengan sendirinya.

#3 Interaksi Personal dengan Follower

Hal satu ini sepertinya sering diabaikan oleh pemain sosmed. Merasa komentar follower itu hanya remeh temeh, sehingga malas untuk membalas komentar atau bahkan sekedar like. Padahal hal ini sangat penting karena akan meningkatkan engagement rate di mata IG.

Baca Juga:

Tips Memenangi Lomba Menulis Ala Mbak Widyanti Yuliandri (Ketua IIDN)

Selain membalas atau like setiap komentar di postingan kita, kita juga bisa kok sesekali komentar di postingan orang. Intinya ada hubungan timbal balik kita dengan follower.

#4 Mengadakan Giveaway

Siapa sih yang tak senang mendapatkan hadiah cuma-cuma? Nah, cara satu ini sangat efektif untuk menaikkan follower medsos kita. Jika tidak memiliki budget banyak, bisa kok rangkul brand yang pernah bekerjasama dengan kita. Atau mungkin ajak teman yang ingin juga memperomosikan usahanya. Dengan begini, hadiah giveaway lebih bervarian dan peluangnya pemenangnya semakin banyak.

#5 Memiliki Banyak Akun Media Sosial

Saat ini perkembangan media sosial semakin luas. Tidak hanya FB atau Instagram aja yang menjanjikan cuan, tetapi medsos lain seperti Tik Tok atau youtube juga menawarkan penghasilan tidak sedikit.

Akun Media Sosial VIp Parents
Memiliki Banyak Akun media Sosial

Mbak Nevie menyampaikan bahwa dengan memiliki media sosial yang lebih dari satu, kemungkina follower bertambah akan semakin besar. Contohnya misalkan kita memiliki follower di Youtube 500 orang dan Instagram 500 orang. Jika ke 500 follower di dua akun tersebut 100% berbeda orangnya, kita bisa informasikan bahwa kita memiliki akun medsos lain di masing-masing akun medos kita. Dengan begitu kita bisa mendapat 1000 follower untuk kedua akun atau paling buruknya 750 follower.

#6 Mengikuti Grup Komunitas Media

Berbagai komunitas untuk saling support dan berbagi ilmu kini banyak bermunculan. Maka, ikutlah salah satunya atau beberapa diantaranya. Nah, salah satu komunitas media yang bisa kamu ikuti adalah VIP Parents. Sebuah komunitas yang berdiri di Asia Tenggara yang memberikan ilmu tentang dunia parenting, influencer ataupun hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan orangtua.

Apakah Komunitas VIP Parents?

VIP Parents merupakan suatu komunitas yang memiliki Visi menjadi pilar dukungan Ayah dan bunda. komunitas ini juga memiliki misi untuk menjadi komunitas ayah bunda nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara yang mendukung penambahan ilmu ayah dan bunda, membantu menaikkan sosial kapitalis VIP Parents dan juga membantu menaikkan ekonomi ayah dan bunda.

Baca Juga:

5 Platform Freelancer untuk Mendapatkan Job Tambahan saat #diamdirumah

Dengan cara menghubungkan anggota VIP Parents dengan brand-brand terkenal untuk membantu mengkampanyekan produk mereka yang berarti memberikan kesempatan kepada VIP Parents member untuk menghasilkan uang dan mendapat hadiah.

VIP Parents
VIP Parents Goals

The Asiaparents Application sendiri memiliki sekitar 3.5 milyar pengguna di seluruh dunia, dan 30,000 anggota VIP Parents di 6 negara di Asia Tenggara, sedangkan 10,000 anggota lebih untuk VIP Parents di Indonesia.

Kalian juga bisa menjadi anggota VIP Parents dengan 4 syarat berikut:

  • Memiliki jumlah minimal follower media sosial 500 dan maksimal 100, 000
  • Memberikan saran kepada komunitas Asia Parents
  • Berpartisipasi di setiap kegiatan yang diadakan VIP Parents
  • Selalu bersemangant mengikuti kampanye dari brand-brand yang ada

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengikuti Campaign

Perlu diketahui jika brand tidak begitu saja memilih VIP Parents member untuk menjadi partner mereka. Hal ini dilakukan tentu saja agar kampanye produk mereka sampai ke khalayak ramai. Nah 6 hal berikut ini merupakan syarat atau hal-hal yang harus diperhatika jika ingin mengikuti kampanye sebuah produk:

#1 Follower Harus Asli

Kita harus memastikan jika follower medsos adalah asli, bukan BOT atau hasil jual beli. Karena dengan follower asli, produk yang kita tawarkan bener-bener akan sampai kepada konsumen. Dan diharapkan mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.

6 Hal yangdi cari brands
6 Hal yang Brands Cari

#2 Engagement Rate

Sebuah brand biasanya mensyaratkan untuk menyebutkan prosentase engagement media sosial kita. Tujuannya untk mengetahui seberapa besar keaktifan media sosial tersebut. Maka, semakin banyak like atau komen di setiap feed, maka akan semakin tinggi nilai ER medsos kita.

#3 Interaksi dengan Follower

Percakapan atau saling berbalas komentar di media sosial menjadi salah satu nilai tambah di mata klien. Kegiatan ini juga membantu nilai ER semakin tinggi. Jadi jangan malas untuk membalas komentar yang masuk atau kita juga berkomentar atau like di postingan follower.

#4 Caption Post yang Menarik

Pernah mendengar istilah Copy writing? Nah copywriting ini bisa kita terapkan di caption. Karena copywriting biasanya berbahasa ringan tapi menarik follower untuk semakin kepo dan penasaran dengan produk yang secara tidak langsung sedang kita kampanyekan.

#5 Foto dan Video yang Menarik

Ini merupakan poin yang penting, Apalagi di IG, orang akan melihat pertama kali dari gambar yang ditampilkan. Jika gambar maupun video menarik, otomatis akan menjadi magnet tersendiri bagi follower.

#6 Respon Cepat ke Brief

Kita harus pandai memahami brief yang ditawarkan klien. Selain itu merespon dengan cepat ke brief membuat klien akan semakin percaya dengan kinerja kita. Dan bukan tidak mungkin lagi jika kampanye selanjutknya nama kita akan terus diikutsertakan.

3 Keuntungan Mengikuti Kampanye di VIP-Parents

3 hal menarik yang bisa kita dapatkan saat mengikuti kampanye di VIP Parents adalah

VIp Parents
Keuntungan ikut Vip Parents

#1 Uang Tunai

Uang tunai tentu saja satu hal yang sangat ditunggu ketika influencer mengikuti campaign. Di Asiaparents sendiri beragam nilainya, tergantung produk yang dikampanyekan. Kapan lagi melakukan hobi yang digaji.

2. Sample Produk

Sample produk akan dikirimkan ketika profil kita disetujui oleh klien. Dengan mendpaatkan sample produk, kita bisa merasakan manfaat produk secara langsung dan tidka perlu bersusah payah mencari produk tersebut di Supermarket.

#3 Potongan Harga

KIta juga berkesmpatan mendapatkan potongan harga jika menjadi anggota VIP Parents. Nilainya beragam tergantung produk yang ditawarkan.

Ikuti cara bidding brief , agar kita bisa menikmati 3 keuntungan di atas:

Mengikuti Brief di Asia Parents
Langkah-langkah Mengikuti Brief

Sudah siap gabung ke VIP Parents? Download aplikasinya di Gawai. Ikuti langkah-langkah di sana. Nikmati ilmu, dan juga tambahan income untuk ayah bunda.


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

26 Comments

kyndaerim · 27 October 2020 at 22:00

Wah, keren nih bahasannya mbak Wid. Ternyata banyak cara untuk dapetin follower organik ya mbak.

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:43

    iya mbak, harus rajin, telaten dan konsisten.

renov · 28 October 2020 at 01:49

Duhhh mau banget nih kaya Nevie Rose, punya 50 ribu organic followers. Btw galfok sama anaknya yang unyu banget.

Habis baca ini, jadi tau poin-poin apa yang harus dibenahi termasuk kemampuan fotografi ya.

Satu lagi program Asia Parent ini menarik banget, sayang saya belum jadi parent (oh i wish), mungkin nanti deh menunggu kiriman bayi dulu.

Makasih buat sharenya, mbak Wiwid.

Take care ya

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:42

    Aamiin…soon jadi parents di saat yang tepat. Terus jadi VIP Parents di Asia parents.

Putri Kurniawati · 28 October 2020 at 06:16

Rasanya tuh pengen banget beli follower, tapi aku tau efeknya gak akan bagus. Lagian buat apa follower banyak tapi engagement nya kecil. Jadi ya yg paling bener ya dengan membuat postingan yg menarik ya kak. Hehe thanks infonya kak 🙂

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:41

    sama mbak, akhirnya sadar kalau beli pasti juga nggak aktif. Lha wong yang sudah beneran teman sama kita aja banyak yang nggak like kan?

Ghina · 28 October 2020 at 06:18

Bener banget mbak. Lagi pengen jg naikin follower nih. Syaratnya skrg itu jumlah fol emang ya kbnykn nih. Jadi suka mundur deh karena fol masih dikit. Tipsnya jadi kepake banget nih. Makasih ya Mbak wid.

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:41

    iya kebanyakan follower yang diminta 10 ribu ya. Emang sih gede juga feenya. PR juga naikin follower ni

Gioveny · 28 October 2020 at 07:05

ya ampun aku kelewat deh ni. aku juga join vip parentnih mbak,.banyak manfaat yang biss diambil apalagi kalo install aplikasinya

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:40

    iya mbak. Mungkin kelewat emailya. jam 1 siang kemarin webinarnya.

nyi Penengah Dewanti · 28 October 2020 at 07:39

MasyaAllah banyak dapet tips dari mba Wiwid, memang ya bikin followers banyak itu harus konsisten mengupload foto beserta caption yang baik dan ada tagar pula ya kalau instagram. Masih PR banget buat aku

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:39

    Sama mbak, masih PR ini buat saya. Belum lagi blog. Banyak banget yang harus diuprek uprek.

Twitter: @iffiarahman · 28 October 2020 at 08:55

Ternyata ini ya rahasianya punya followers cepat. Jsfi pengen daftar vip juga biar nambah ilmu dan relasi

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:39

    iya, daftar aja mbak. Campaignnya juga banyak.

Leila · 28 October 2020 at 08:59

Beberapa kali baca soal VIP Parents tapi belum sempat-sempat mau daftar… programnya menarik sih ya sebetulnya. Makasih ya Mom sudah berbagi di sini, jadi lebih paham alur dan keuntungannya.

    Wiwid Nurwidayati · 28 October 2020 at 10:38

    Waktu itu saya juga coba-coba mom. Eh ternyata di approve. karena memiliki blog punyai nilai tersendiri bagi mereka.

Arai Amelya · 28 October 2020 at 14:00

Aku termasuk yang baru kenal VIP Parents. Jujur, belum paham betul sama dunia influencer karena dasarannya aku juga males post IG, tapi ya pengen gitu dpt job iklan hahaha. Coba kubenahi deh

    Wiwid Nurwidayati · 31 October 2020 at 20:08

    Kayaknya harus dimulai deh mbak, senang dengan IG, kalau mau nyemplung jadi Influencer.

eka fitriani larasati · 28 October 2020 at 15:11

wiiihh satu lagi komunitas yang wajib aku ikutin nih, VIP parents. siapa tau jalan rezeki ( teman, ilmu dan cuan ) juga bisa muncul dari sini, hehe

    Wiwid Nurwidayati · 31 October 2020 at 20:06

    iya, mbak. Di sana juga banyak campaign

Chairina · 28 October 2020 at 16:17

Aku juga ikutan nih webinarnya. Keren banget bisa ngereview di blog. Jadi kaya remainder lagi nih buat aku. Super lengkap lagi pembahasannya.

    Wiwid Nurwidayati · 31 October 2020 at 20:05

    Salam kenal nih mbak. ANggota VIP Parents

Triyatni · 28 October 2020 at 17:38

Tipsnya noted banget terutama cerita pengalaman gitu ya. Emang bener sih interaksinya bisa lebih tinggi. Nah, yang GA nih kayaknya harus diusahakan hihi

    Wiwid Nurwidayati · 31 October 2020 at 20:05

    iya, mbak.

Arri Widi · 28 October 2020 at 21:56

Menarik banget tema kali ini dan ini benar benar ilmu yang harus di praktekkan biar dapat follower lebih

    Wiwid Nurwidayati · 31 October 2020 at 20:04

    iya, nih, Harus bebenah lagi dan banyak belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.