Hari Buku

Memperingati Hari Buku : 6 Kejaiban tentang Buku yang Harus Kamu Ketahui. Apa arti buku bagimu, Gaes? Pasti  jawaban setiap orang berbeda-beda. Bagi pencinta buku, buku seperti emas, seperti harta karun yang tiada duanya. Para pencinta buku itu biasanya lebih senang menghabiskan sebagian besar uangnya untuk belanja buku dibandingkan belanja yang lainnya seperti fashion atau gadget.  Tetapi bagi yang nggak begitu dekat dengan buku, bagi mereka “Book is nothing”, buku itu nggak ada artinya. Hanya sekumpulan kertas membosankan yang bahkan dibuka saja tidak pernah.

“Btw, Mak. Aku suka loh sama buku. Buku nikah, Mak. Buku itu yang menyatukanku dengan yang kucinta, Mak.” Ok…ok, skip curhatmu. Mak ngerti. Nggak usah bilang-bilang lagi kalau kamu udah punya buku nikah, ya. Nanti pada baper.

Lanjut lagi mengenai buku yang berarti ada hubungannya dengan habit kita membaca, Indonesia ternyata termasuk urutan ke 60 dari 61 negara dalam urusan minat membaca. Memprihatinkan sekali ya. Lalu kamu termasuk yang mana?  Apakah kamu termasuk yang suka membaca buku atau tidak?. Kalau kamu belum menyukai buku, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui 6 keajaiban tentang buku biar kamu semakin greget untuk mencintai (baca) buku.

#1 That’s The Thing About Books. They Let You Travel Without Moving Your Feet.

Memperingati Hari Buku

“Satu kenyataan tentang buku adalah mereka membiarkanmu bepergian tanpa menggerakkan kakimu.” Weh bener kan? Kamu bisa membaca buku kemudian dengannya kamu bisa merasakan apa yang dituliskan di dalamnya. Bepergian ke suatu tempat yang diceritakan buku tersebut, hanya dengan duduk berdiam diri sambil membaca.

#2 Read a Thousand Book, and Your Words will Flow Like a River

Memperingati Hari Buku

 Ini sangat penting bagi seorang penulis, penulis apapun, penulis novel, penulis blog, penulis karya ilmiah dan lain sebagainya. Dengan membaca banyak buku, maka kata-kata akan menganak sungai, mengalir begitu saja di kepala kita.

#3 The Book is a Film that Takes Place in the Mind of Reader. That’s Why We Go to Movies and Say, ”Oh, The book is better.” 

Memperingati Hari Buku

Ini bener banget, membaca buku sepertinya kita punya imaginasi tersendiri tentang apa yang terjadi di dalam buku tersebut seperti film yang sedang diputar kepala dengan tokoh, latar dan kejadian yang kita sutradarai sendiri. Apalagi film-film yang diangkat dari novel, hampir sebagian besar orang akan mengatakan bahwa versi novelnya lebih bagus.

#4 Great Books Help You Understand, and They Help You to Feel Understood 

Quote Tentang Buku

Buku yang baik akan membuatmu paham dan mereka juga membuatmu untuk dipahami. Dengan membaca buku kita mendapatkan wawasan baru yang membuat kita mengerti sesuatu dan kita juga merasa dimengerti atau dipahami dunia.

#5 You’re Done with the Book, but the Story Keeps Playing in Your Mind

Quote Tentang Buku

Kamu menyelesiakan sebuah buku, tetapi cerita di dalamnya terus berputar di dalam ingatanmu. Bener kan? Saat kita menyelesaikan membaca sebuah buku, terus kita membaca buku yang lain, cerita di dalam buku sebelumnya tidak terhapus di dalam ingatan kita. Tetapi terus ada dan bersemayam di sana. Membuat kita selalu mengingat, dan hal-hal baik yang di sampaikan di dalam buku itu bisa kita terapkan dalam kehidupan.

#6 One Book, Thousand Feelings

Quote Tentang Buku

Satu buku, seribu perasaan. Saat kita membaca buku maka akan merasakan berbagai macam gejolak karena isi buku tersebut. Sedih, senang, benci, marah, geram dan lain sebagainya bercampur menjadi satu. Hebat sekali buku dalam mempengaruhi diri kita.

Kamu ingin merasakan 6 keajaiban dari buku? Coba mulai menyelesaikan membaca satu buku. Dan bagikan segala hal yang kamu rasakan setelah menyelesaikan membaca satu buku tersebut. Lets love books and enjoy reading as a habit. (end)


Wiwid Nurwidayati

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

41 Comments

farida pane · 25 April 2019 at 03:35

lupa kalau ada hari buku. buku memang ajaib!

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 09:59

    iya, ini postnya juga sudah tanggal 24 April, Mbak.

Anonymous · 25 April 2019 at 08:30

aku bangett.. yang sering rewel kalau filmnya diadaptasi dari buku.ehehe ‘Oh , the book is much muuuuch better !”

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 09:59

    Sama, Mbak. Lebih suka bukunya daripada filmnya

dewi apriliana · 25 April 2019 at 08:33

aku bangettt..yang sering rewel kalau filmnya diadaptasi dari buku. ehehe ‘ Oh, the book is much muuuch better !’

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 09:59

    sama, mbak. Lebih suka bukunya daripada filmnya

Anonymous · 25 April 2019 at 09:48

wah banyak sekali ya ternyata manfaatnya.

sayangnya kini saya sudah jarang dan hampir tak pernah baca buku lagi. selain tak punya koleksinya juga jauh dari perpus umum. mau beli buku, entahlah mbuh eman, wkwkwk

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:00

    mungkin bisa baca ebook atau baca di ipusnas, mbak

ayu · 25 April 2019 at 12:49

aku setuju dengan kalimat “satu buku, sejuta perasaan”. Memang benar. Bahkan, buku juga dapat memberikan perubahan para diri.

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:00

    yup, bener banget, mbak.

Irena Faisal · 25 April 2019 at 15:17

Setuju sama semua ulasan diatas, baca buku juga menenangkan 🙂

Lithaetr · 25 April 2019 at 16:00

Buku bagi saya adalah inspirasi dan sumber ilmu Bun. Bagi saya buku juga adalah obat stres hehehe. Cuma karena punya bocil2 skrng harus berbagi juga anggarannya buat beli buku dengan bukunya anak-anak, karena mereka juga saya biasakan untuk dekat dengan buku. Jadinya juga suka kalap kalau dekat buku hehehe

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:01

    saya setuju juga nih, mbak. Buku anak-anak malah terkadang lebih mahal karena banyak ilustrasinya, ya.

Yuni siti nuraeni · 25 April 2019 at 16:26

Wah wah..bener bgt lho…keajaiban itu nyata terjadi, kaya no 1,2,3,4,5,6 ups itu sih semuanya, heheh

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:01

    iyes

Muyassaroh · 25 April 2019 at 22:26

Benar banget, Mbak. Saya juga masih ingat kisah fiksi dari beberapa novel Tere Liye, membekas banget apalagi kalau penulisnya mahir banget bikin kita baper…berhari-hari setelah baca masih kebawa tuh sedihnya, gemasnya…

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:02

    iya, saya juga gitu, mbak. Banyak buku yang saya baca masih membekas di Ingatan.

Lia Yuliani · 26 April 2019 at 00:21

Buku punya sejuta rasa. Bener banget, selalu merasa terinspirasi saat membacanya.

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:02

    setuju, mbak.

Miftah · 26 April 2019 at 08:34

semuanya aku setujuuuu.. apalagi pas bagian “oh the book is better”, saya sering banget nonton film yang dari buku dan ngerasa yg di buku lebih seru

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:03

    sama, mbak. Saya juga begitu. Jadi ketika ada film )indonesia) yang diadaptasi dari novel/buku, seringnya nggak antusias

Meykke Santoso · 26 April 2019 at 09:27

Itu Mengapa buku disebut sebagai jendela dunia.. Karena tanpa kemana mana oun kita udah melek informasi yg terjadi di dunia atau hal hal yang sedang dibicarakan dunia. Bahkan dengan buku kita bisa tahu Jepang itu kayak ala, tradisi di India kayak apa dll tanpa harus ke sana.

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:03

    bener banget, mbak. Dengan membaca kita bisa melihat dunia luar.

Siska Dwyta · 26 April 2019 at 11:09

Miris sekali ya Mbak karena kenyataannya minat baca orang Indonesia masih rendah sekali. Padahal manfaat dari membaca buku ada banyak sekali termasuk juga saat membaca buku ada keajaiban yanh kita temukan seperti 6 keajaiban yang Mbak sebutkan di atas.

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:04

    iya, mbak. Miris. tapi aku juga masih ragu, beneran nih 60/61.?

Novya Ekawati · 26 April 2019 at 13:20

Buku bagiku adalah inspirasi dan motivasi mbak..makasih mbak sharingnya :). Memang ya minat membaca buku di lingkungan kita kecil, di rumahku aja belum semua anggota keluarga suka baca buku 🙁

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:04

    sama nih, mbak. Hanya si sulung ya suka baca-buku kayak saya

NAD · 26 April 2019 at 22:59

Selamat hari buku (walau telat dikit). Tapi kata temanku (dan aku setuju), hari buku itu setiap hari yeaaah

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:05

    iya, saya juga telat posting, mbak.

Juli Dwi Susanti · 27 April 2019 at 11:45

Buku adalah jendela dunia masa depan yang wajib hadir dalam kehidupan kita

    Wiwid Nurwidayati · 28 April 2019 at 10:05

    setuju, mbak

Neni Yulian · 28 April 2019 at 12:02

Betul mb. Setuju dengan semuanya. Buku memang harta yg paling berharga buat penulis terutama. Thanks ya mb.

Erin · 28 April 2019 at 14:03

Membaca buku aku jadi tahu mba bahwa di luar sana banyak negara2 yang unik dan penasaran untuk dilancong. Selain itu membaca buku salah satu ajang membuat fokus.

    Wiwid Nurwidayati · 9 May 2019 at 08:12

    setuju, mbak

Tatiek Purwanti · 28 April 2019 at 19:07

Saya suka penasaran dengan novel yang difilmkan. Dari beberapa yang saya tonton, memang terasa lebih bagus penggambaran yang di novelnya.
Film memang memanjakan mata kita dengan berbagai view-nya, tapi novelnya sudah sukses menciptakan ‘dunianya sendiri’ dalam pikiran kita.
5 hal lain yg Mbak sebutkan juga bener dan kerasa banget di saya, tuh.

    Wiwid Nurwidayati · 9 May 2019 at 08:12

    iya, mbak. buku is Amazing

Artha · 29 April 2019 at 04:37

Iya saat ini banyak buku yg difilmkan. Tapi saya gak begitu suka lihatnya karena berbeda dengan imajinasi saat baca buku. Baca lebih asyik…sosok di buku bayangannya bisa sesuai dengan keinginan kita

    Wiwid Nurwidayati · 9 May 2019 at 08:11

    betool, mbak. Saya juga lebih suka novelnya daripada filmnya

Ludyah Annisah · 9 May 2019 at 06:25

Setuju banget nih mba sama poin ke 6. Entah rasanya kayak ada something gitu, dan aku pribadi lebih senang baca buku fiksi. Karena, dari plot aja udah bisa dapat banget feelnya hihii

    Wiwid Nurwidayati · 9 May 2019 at 08:11

    iya, sama nih mbak..

Nominasi Tulisan Pilihan Minggu 17 - 1 Minggu 1 Cerita · 18 July 2019 at 15:34

[…] Memperingati Hari Buku 6 Keajaiban Tentang Buku Yang Harus Kamu Tahu by Wiwid […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.