Mengelola Bisnis Kuliner Berbasis Cloud Kitchen, Terapkan 3 Strategi ini. Sebagai salah satu tren bisnis kuliner yang sedang populer belakangan ini, ada beberapa hal yang perlu pebisnis perhatikan dalam membuka atau menjalankan bisnis kuliner berbasis cloud kitchen. Salah satunya adalah strategi pengelolaan. Dalam hal ini, terdapat setidaknya 3 strategi yang perlu mereka perhatikan agar bisnis ini dapat berjalan dengan lancar.

3 Strategi Utama Mengelola Bisnis Kuliner Berbasis Cloud Kitchen

Bisnis memang harus selalu di kelola dengan baik. Tidak terkecuali bisnis kuliner berbasis cloud kitchen yang saat ini sedang naik daun. Yuk kita pelajari 3 strategi utama bagaimana mengelola bisnis kuliner model terbaru ini:

Mengelola Bisnis Kuliner
Mengelola Bisnis Kuliner di Ever Plate

1. Memastikan agar Bahan Baku Makanan Selalu Tersedia

Salah satu strategi untuk mendukung kelancaran bisnis cloud kitchen adalah memastikan bahwa selalu tersedia bahan baku dari menu yang mereka tawarkan. Hal ini berdasarkan atas 3 pertimbangan.

  • Pertama, sebagai bisnis delivery makanan, menu adalah hal utama untuk menarik para pelanggan. Dengan begitu, memastikan bahwa menu tersebut selalu tersedia sewaktu-waktu konsumen membutuhkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal tersebut pada gilirannya juga akan memperbesar kemungkinan untuk menjadikan restoran Anda sebagai tempat favorit.
  • Kedua, hal ini berkaitan dengan sifat dari cloud kitchen itu sendiri, beberapa orang mungkin memilih untuk menggunakan layanan dapur bersama yang mana di sana terdapat berbagai restoran. Dalam hal ini, ada kemungkinan terdapat 1 atau 2 restoran yang menyediakan menu dengan bahan baku hampir serupa.

    Hal tersebut dapat menjadi nilai plus. Ini karena Anda tidak perlu khawatir apabila suplai bahan baku melebihi jumlah kebutuhan. Pasalnya, Anda dapat menawarkannya untuk restoran lain apabila sewaktu-waktu mengalami surplus bahan makanan.
  • Ketiga, pastikan juga bahwa bahan-bahan yang tersedia sudah sesuai dengan resep untuk menu yang ditawarkan. Hal ini untuk menjaga agar cita rasa dari makanan yang restoran sajikan tidak berubah. Selain itu, agar kesegaran dan kenikmatannya tidak berkurang karena pemilihan bahan kurang tepat.
Mengelola Bisnis Kuliner
Konsep Bisnis Kuliner Berbasis Cloud Kitchen

2. Mengelola Bisnis Kuliner dengan Mengutamakan Kebersihan

Selain dapat menjaga kualitas makanan yang mereka tawarkan, dengan menjaga kebersihan juga dapat meningkatkan nilai sebuah restoran secara keseluruhan. Meskipun sudah menjadi hal yang bukan rahasia lagi, mengutamakan kebersihan dalam setiap layanan memiliki 2 keuntungan tersendiri.

  • Pertama, sebagai media promosi. Makanan lezat yang menggugah selera dan menyajikannya dalam kemasan bersih dan rapi akan memperkuat brand dan restoran Anda. Pelanggan akan percaya bahwa mereka tidak hanya memesan cita rasa. Lebih dari itu, mereka juga mendapatkan kualitas terbaik sebagaimana tercermin dari kemasannya.
  • Kedua, meminimalkan kemungkinan adanya komplain di kemudian hari. Salah satu cara untuk menilai pelanggan, apakah sudah puas dengan layanan yang diberikan, adalah melalui tanggapan yang mereka berikan. Semakin sedikit komplain yang pengusaha terima, terutama berkaitan dengan masalah kebersihan, semakin baik layanan dan kualitas dari restoran tersebut.
Mengelola Bisnis Kuliner
Koki dan Staf di Ever Plate

3. Memilih Koki dan Staf Berpengalaman

Anda mungkin ingin fokus pada jenis masakan tertentu. Atau bisa juga Anda ingin menawarkan resep khas dari daerah tertentu. Apapun pilihannya, Anda tidak bisa mengesampingkan pemilihan koki dan staf berpengalaman. Dalam hal ini, mereka tidak harus ahli dalam banyak menu. Mereka cukup menguasai jenis-jenis masakan sebagaimana yang terdaftar pada menu restoran. Setidaknya terdapat 2 keuntungan dengan merekrut koki dan staf berpengalaman.

  • Pertama, sebagai koki, mereka dapat memastikan bahwa makanan buatan mereka telah sesuai dengan standar yang restoran inginkan.
  • Kedua, sebagai staf, pemilik restoran dapat memercayai mereka untuk memilih bahan baku makanan dan bagaimana mendesain agar sebuah makanan menarik banyak pelanggan.
Salah satu suasana di Ever Plate
Salah Satu Sudut Ever Plate

Demikianlah strategi-strategi utama dalam mengelola bisnis kuliner berbasis cloud kitchen. Berdasarkan strategi tersebut, pemilihan cloud kitchen sendiri merupakan hal yang sangat penting. Sebagai rekomendasi, terdapat fasilitas yang ditawarkan oleh Everplate yang bisa Anda akses di everplate.co.id. Selain menawarkan tempat yang modern, fasilitas ini juga dilengkapi dengan peralatan yang lengkap.