Suami Tidak Bekerja, Apa yang Harus Istri Lakukan? Covid hingga kini masih belum dinyatakan musnah dari bumi. Bahkan hari ini saya lihat di beberapa media, antrian penderita covid memadati wisma atlit di Jakarta. Juga di Mojokerto, 4 orang dalam satu kampung dinyatakan meninggal dan satu kampung dinyatakan terkena covid 19. Bagaimana dengan daerah lainnya?

Covid memang membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat di seluruh dunia. Salah satunya adalah banyaknya pemutusan hubungan kerja. Seperti salah satu cerita seorang bunda di salah satu aplikasi yang diperuntukkan orangtua, TAP, beliau mengunggah curahan hatinya di sana dan meminta pendapat para anggota.

Bunyi curhatan beliau kurang lebih seperti ini:

“Aku seorang ibu baru, anakku masih berusia 1 tahun. Aku pun seorang ibu pekerja, 2 pekerjaan sekaligus kuambil. Suamiku tidak bekerja lagi sejak pandemi. Aku tidak merasa keberatan. Karena suamiku pun membantu pekerjaan rumah dan mengurus anakku. Tetapi, aku mulai lelah. Aku merasa sesuatu di dalam diriku hilang. Aku mulai bosan dengan rutinitas ini, mulai menangis jika sendiri dan mulai menyalahkan keadaan.

Setiap hari aku berusaha untuk kuat demi anak dan keluargaku. Tetapi masalah tidak bisa menunggu untuk kuselesaikan. Suatu hari aku bilang kepada suamiku, bahwa aku ingin membuka les privat juga di rumah untuk menambah penghasilan, karena aku juga harus membayar angsuran suami juga. Suami mengatakan ya sudah, Ma. Si A itu buka les privat juga ada sekitar 30 muridan. lumayan loh.

Di situ aku mulai kecewa, entah kenapa. Aku lelah. Andai dia tahu aku mulai lelah. Apa aku yang kurang bersyukur? Aku yang terlalu berharap dia akan bilang, “Sudahlah, Mah. Nanti kamu capek, nambah-nambah kerjaan lagi. Biar aku saja yang cari pekerjaan lain.”

-Seperti yang di tulis di Laman TAP – anonim

5 Hal yang Harus Dilakukan Istri Jika Suami Tidak Bekerja

Hidup berumah tangga memang banyak sekali cobaannya, meskipun jenisnya berbeda. Kembali ke masalah ibu muda di atas, saya membaca banyak sekali komentar yang menyudutkan kondisi suami. Padahal ketika kita mendengar keluhan seseorang tentang kondisi rumah tangganya, kita tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang terjadi dengan mereka berdua. Terlebih dalam kondisi ini, kita juga tidak tahu sisi psikologis suami itu sendiri. Karena si pencurhat hanya menceritakan sisi luarnya saja.

Namun, saya sendiri tidak bisa menyalahkan begitu saja pendapat mereka. Selama ini, setahu kita tugas pokok lelaki memang mencari nafkah, mecukupi kebutuhan istri dan anaknya. Tetapi, dalam kenyataanya ada lelaki yang beruntung bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passionnya dengan mudah, tetapi ada pula sebaliknya.

Suami Tidak Bekerja, apa jalan keluarnya
5 Hal yang harus dilakukan Istri jika suami tidak bekerja

Kondisi seperti ini semakin memburuk setelah mendengardengan bisikan tetangga yang kebanyakan terlalu “peduli”, sehingga makin lelahlah kondisi psikis istrinya. Jadi, jika mengalami kondisi seperti ini apa yang sebaiknya di lakukan oleh istri?

1. Komunikasikan dengan Suami

Bunda, sebagai seorang istri, ada baiknya mengkomunikasikan segala hal kepada suami, apapun itu. Suami nggak akan paham jika bunda sedang lelah, terutama lelah secara psikis. Karena suami juga bukan cenayang, sama seperti bunda, yang tidak akan paham kemauan ataupun kondisi suami, jika beliau tidak mengatakannya.

2. Refreshing

Bunda perlu refresing, kalau bisa refreshing berdua saja dengan suami. Seperti tumbuhan, pasangan perlu memperbarui cinta mereka terus menerus.. Mungkin selama ini bunda lebih banyak menghabiskan waktu dalam kerjaan. nah sempatkan 2 jam saja tiap minggunya untuk memupuk cinta, Menggali lagi kenangan dulu masa-masa manis dengan suami.

3. Tetap Bersyukur Meskipun Suami Tidak bekerja

Ini hal yang mudah diucapkan, tetapi sangat sulit untuk dilakukan ya, bun. Tetapi, dalam berumah tangga, siapa sih yang paling tidak suka dengan pasangan halal. Bukan mantan, tapi setan. Mereka melakukan banyak cara dengan menghasut pikiran kita. Padahal, bisa jadi Allah menurunkan rezeki rumah tangganya lewat tangan istri.

Baca Juga :
Apa Isi Kepala Ibu Sehari-hari

Mengapa Ibu Membunuh Anaknya?

Coba bayangkan jika dua-duanya nggak memiliki pekerjaan, dan pemasukan rumah tangga tidak ada sama sekali. Pusing banget kan, bun? Terus, bersyukur juga suami sigap mengambil alih peran bunda saat bunda sedang bekerja. Coba segala sesuatunya harus bunda selesaikan sendiri, pastinya semakin capek lahir dan batin ya, kan?

4. Intropeksi Diri

Saya yakin bunda sekuat tenaga sudah melakukan yang terbaik untuk keluarga. Tetapi sering kita melupakan bahwa dunia dan akhirat itu harus seimbang. Bisa jadi karena kesibukan kita dalam mencari nafkah, hubungan kita dengan Allah menjadi jauh. Karena misalkan shalat hanya sekejap (hanya sekedar menjalankan atau menggugurkan kewajiban).

Banyak orang yang pontang panting nyari duit, tetapi tidak tau dimana alamatnya
Alamat duit itu Tuhan, Jalan kesananya adalah cinta, kendaraannya jiwa pasrah

Sujiwo Tejo

Sebab shalat adalah sarana kita berkomunikasi dengan Allah. Di sanalah kita bisa berkeluh kesah, memohon dan berdoa meminta segala kebaikan dunia dan akhirat. Lalu coba bayangkan jika kita hanya shalat sekedarnya, apakah jalinan ikatan dengan Allah akan terjalin dengan baik? Lelah secara jiwa berarti itu alarm bagi kita untuk mendekat kembali kepada-Nya. Dia rindu kita, Bund.

Suami tidak bekerja
5 Hal yang harus dilakukan istri jika suami tidak bekerja

5. Pahami Kembali Fungsi Suami dan Istri

Selama ini yang kita pahami fungsi utama suami itu mencari nafkah ya kan, Bund? Namun pada hakekatnya fungsi primer suami adalah tameng dari dosa-dosa istrinya. Saat Istri mendapatkan ridho dari suaminya, maka dosa-dosa istri langsung termaafkan karena kerdihoan suami.

Seperti yang tertulis secara lengkap tentang masalah istri yang ingin bercerai dari suami karena suaminya tidak bekerja dalam artikel KH Maimun Zubair tentang fungsi suami dalam satu laman menulis hadist tentang ini, Pada sebuah hadits shohih menyebutkan “Ayyumam roatin maatat wa zaujuha ‘anha roodhin dakholatil jannahYang artinya “Seorang istri meninggal dunia dan suaminya ridho sepenuhnya kepadanya, maka langsung masuk syurga”

Maka sekali lagi, fungsi utama suami adalah tameng bagi dosa-dosa istrinya. Maka fungsikan peran utama ini dengan mencari ridho suami setiap harinya. Suami tidak bekerja, jangan jadikan masalah utama. Ingat bahwa setan sangat membenci ikatan halal. Setan bisa menjadikan hal-hal kecil sebagai bahan hasutan agar kita tidak bahagia dan atau kecewa dengan pasangan, jika bisa agar berakhir dengan perceraian.