Parenting

4 Hal Penting yang Harus Ditanamkan Pada Anak

4 Hal Penting yang Harus Ditanamkan Pada Anak. Beberapa waktu lalu untuk pertamakalinya saya menjadi panitia perayaan penyambutan bulan ramadhan. Sebut saja peraayaan itu dinamakan Kenduri . Sebenarnya tidak baru, sudah bertahun-tahun masjid tempatku bermukim mengadakan acara ini. Biasanya kenduri besar dirayakan dengan pembuatan tumpeng untuk para tetua dan orang-orang yang memiliki jabatan dilingkungan tempat tinggal, dan nasi kotak untuk jamaah yang hadir. Nasi kotak ini berasal dari setiap warga muslim yang bermukim di wilayah perumahan tempat saya tinggal. Jumlah kotak nasi yang disumbangkan oleh setiap warga muslim sudah ditentukan dan telah diberitahukan kepada masing-masing KK muslim dengan memberikan selebaran pemeritahuan.

Membuang Sampah
www.pexels.com

Sejak 3 tahun yang lalu, tradisi nasi kotak itu telah berubah dengan adanya makan bersama di atas daun pisang. Memang terlihat akan menjalin keakraban, namun ternyata banyak hal yang harus ditinjau dari pelaksanaan tersebut agar mendapat lebih banyak berkah dari Allah SWT. Saya sendiri baru di Ramadhan tahun ini mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu panitianya, di mana 2 tahun sebelumnya saya tidak pernah mengikuti kegiatan ini. Ada beberapa hal yang perlu saya garis bawahi (maaf, hati kecil saya yang meraung-raung) bahwa hati saya miris melihat begitu banyak makanan sisa terbuang begitu saja. Memang sih, mungkin masih bisa dimakan oleh hewan, tetapi jika kita bisa meminimalisir terbuangnya makanan-makanan yang lezat itu, justru amat sangat lebih baikbukan?

Pemandangan yang tersaji sesaat setelah acara itu usai, sungguh membuat hati saya campur aduk. Antara marah dan merasa bersalah. Melihat banyaknya makanan yang masih bersisa di atas daun yang memangjang di atas tikar yang dibentang. Hati saya mendadak galau. Ya Tuhan, kenapa mereka tidak menghargai makanan ini dengan menghabiskannya? Sedih, marah dan rasa kesal bercampur aduk.

Maka dari pengalaman di atas saya hanya ingin menyampaikan betapa pentingnya menanamkan sejak dini kepada anak-anak kita 4 hal di bawah ini, sehingga mungkin keberkahan akan menaungi hari-hari kita semua.

#1 Menanamkan Rasa Cinta dan Bertakwa Kepada Allah

Sebagai seorang muslim, menanamkan cinta kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya adalah sesuatu yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Karena ketika rasa itu sudha tertanam pada anak-anak, kita akan lebih mudah mengarahkan jalan hidup mereka sesuai ajaran-Nya. Harus banyak disadari oleh kita, bahwa pada kenyataanya kehidupan di dunia ini sudah diatur di dalam kitab suci Alqur’an. Kita hanya tinggal mempelajari dan mengamalkannya.

#2 Mengajarkan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Salah satu yang sering kita lihat adalah sampah yang bertebaran di sembarang tempat. Bahkan mungkin acara yang (katanya) berbau agama, akan terlihat sampah yang  berserakan di mana-mana. Bahkan mungkin  sering kita lihat jikaada pengendara mobil yang anggota di dalamnya membuang sampah lewat kaca jendela.

Anak-Anak dan Sampah
www.pexels.com

Kita mungkin perlu menjelaskan dampak buruk dari membuang sampah sembarangan. Contohnya pun mudah ditemui disekitar kita, karena budaya membuang sampah pada tempatnya di Indonesia, sepertinya  masih bukan sesuatu yang penting untuk dilaksanakan.

Anak-anak saya sering protes atau bertanya,”Ummi tapi dia membuang sampah sembarangan?”. Hal itu disampaikan mereka ketika melihat orang lain membuang sampah sembarangan. Saya hanya mampu mejelaskan dengan singkat, bahwa kita tidak perlu meniru hal-hal yang tidak baik yang dilakukan oleh orang lain, karena apa yang kita lakukan adalah justru hal yang sangat berharga.

Saya juga masih teringat cerita mantan boss, orang Malasya yang tinggal di Singapore, bahwa Singapore  mendidik rakyatnya untuk disiplin membuang sampah itu bukan hanya dalam hitungan hari. Mereka perlu waktu paling sedikit 25 tahun, sejak pertama kali pemerintah Singapura mencanangkan Peraturan membuang sampah dengan segala konsekuensinya tersebut. Meski juga diatur undang-undang tetapi peranan keluarga dan sekolah juga sangat penting demi tercapainya tujuan ini.

#3 Mempertanggungjawabkan Apa Yang Sudah Menjadi Pilihan/Lakukan

Salah satu hal yang menggelitik hati saya adalah ketika melihat banyaknya makanan yang terbuang percuma, sedangkan dilain sisi banyak orang yang tidak mampu untuk makan makanan istimewa karena melonjaknya harga kebutuhan pokok sehari-hari.

Dengan menanamkan rasa tanggungjawab dengan apa yang telah anak-anak pilih atau lakukan, salah satunya akan berdampak bahwa ketika mereka telah memilih porsi makanan yang sesuai dengan porsi mereka seperti biasanya.

#4 AJarkan Anak untuk Berempati

Saat ini gadget telah banyak merampas waktu anak, dan juga memperngaruhi pergaulan sosial mereka karena minimnya komunikasi atau interaksi dengan teman ataupun tetangga. Jadi, sebagai orang tua sudah menjadi tanggung jawab kita untuk membatasi penggunaan gadget dan mengajak anak-anak untuk tetap bersosialisai dengan lingkungan, seperti menjenguk orang/tetangga/teman yang sakit atau bermain bersama.

Nah, mungkin 4 hal penting di atas mampu mempengaruhi anak=anak kita untuk menjadi manusia yang berkarakter dan cinta kepada sesama juga cinta kepada Pencipta-Nya.

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: