Apa Isi Kepala Ibu Sehari-Hari? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Tahu – Sebagai seorang ibu apalagi yang “hanya” sekedar ibu rumah tangga, pastinya lebih sering dilihat sebelah mata. Padahal menjadi seorang ibu rumah tangga juga harus memiliki skill tersendiri.

Tetapi ibu yang bekerjapun tak kalah ruwet pikirannya. Mulai dari manajemen waktu, menyiapkan keperluan keluarga, memikirkan pekerjaan, dan lain sebagainya. Baik ibu bekerja maupun ibu rumah tangga, tetap memiliki isi kepala yang ruwet, bahkan meskipun punya asisten rumah tangga.

ODOP ICC
ODOP ICC Day 11

Saya sendiri belum pernah survey ke laki-laki atau suami, apakah yang ada di dalam pikiran mereka. Tetapi melihat kebiasaan suami saya, sepertinya isi kepala mereka terlihat lebih sederhana.

7 Hal ini biasanya ada di dalam pikiran ibu setiap harinya

7 Hal Isi Kepala Ibu Sehari-hari

sebenarnya mungkin kalau digambarkan, isi kepala ibu sehari-hari itu bagai benang kusut saking banyaknya yang dipikirkan. Tapi ini juga nggak semuanya, saya bicara mayoritas. mungkin prosentasenya bisa 70% VS 30% atau bisa jadi lebih besar. Dan ini 7 Hal yang ada di kepala ibu setiap harinya:

1. Hari Ini Masak Apa?

Setiap pagi sejak bangun tidur, bahkan sebelum tidur saya biasanya bertanya sama anak atau suami, besok masak apa? Mua memikirkan menu sarapan apa, sekaligus menu makan siang. Padahal di warung yang ada hanyalah itu-itu saja. Bahan terkadang sudah merencanakan akan masak A, ternyata di warung tidak ada bahannya. Alhasil harus putar otak lagi meracik menunya.

2. Rencana Anggaran Belanja

Melihat semuanya harga yang naik drastis, terutama di Batam, saya pun harus pandai menyiasati pengeluaran. Dengan jatah belanja yang sama, saya dipaksa harus bisa menyajikan menu makanan yang tetap digemari anggota keluarga. Belum lagi kebutuhan yang lainnya, plus kebutuhan tak terduga lainnya.

3. Cucian, Jemuran & Setrikaan

Ini juga selalu jadi bagian isi kepala ibu. Cucian menggunung, belum di jemur. Jemuran kering, lipatan menggunung, kapan dilipat dan setrika.

4. Pembelajaran Daring

Pola belajar yang berubah dari luring ke daring, tentu saja menjadi tanggung jawab baru bagi Ibu. Apalagi jika tugas yang diberikan tidak dipahami oleh anak. Bertanya kepada guru langsungpun, jawabannya tetep lewat online. Mau tak mau ibu harus turun tangan dan paham akan pelajaran anak.

5. Memikirkan Hobi

Seperti saya yang hobi ngeblog, pasti kepikiran mau nulis apa atau tugsa apa yang harus diselesaikan hari ini di komunitas. Belum lagi mengatur aktu agar hobi tetap bisa jalan dan menyesuaikan deadline tetapi pekerjaan rumah juga sudah rampung.

6. Melayani Chat dari Teman, Saudara atau Penggemar

Terkadanag melayani chat teman, saudara atau penggemar (dari komunitas) itu ternyata membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Membuat terlena. Nah ini juga kadang harus disiasati kapan saat freetime, agar hubungan baik tetap terjaga dan memiliki koneksi yang luas.

7. Memikirkan Masa Depan Anak-Anak

Bagi ibu atau orangtua, saat menatap anak-anak otomatis membayangkan, anak-anak akan jadi apa. Bagaimana masa depan dia? Apakah bisa mendampinginya hingga menjadi orang?

7 hal di atas mungkin jadi hal yang ada dipikiran saya setiap harinya. Ini pasti berbeda dibandingkan dengan ibu lainnya. Semuanya dipengaruhi oleh situasi dna kondisi rumahntangganya. Klo teman-teman apa saja yang ada dalam pikiranmu setiap harinya? tulis di kolom komentar ya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Komunitas Indonesian Content Creator

#odopicc #30hbcicc #indonesiancontentcreator #30haribercerita #odopiccday11

@indonesiancontentcreator
@mubadalah.id
@bonnels.id