unsplash.com
Blogging & Writing

Pengalaman Menulis Artikel Bersama Blogpartner.id dan Rajabacklink.com

unsplash.com
Sumber Gambar : Unsplash.com

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan uang saku tambahan? Saya yakin semuanya pasti menginginkannya, dan lebih menyenangkan jika uang saku yang didapat adalah dari hobi yang ditekuninya.

Hobi berdasarkan KBBI adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Menulis juga salah satu dari hobi, namun bisa jadi juga merupakan pekerjaan utama. Terlebih di dunia tekhnologi yang semakin maju seperti ini dunia tulis menulis semakin banyak digandrungi, terlihat dengan banyaknya penulis-penulis baru dan juga berbagai lomba yang diadakan dari suatu perusahaan yang mana sebenarnya tujuan utama mereka adalah promosi.

Sekarangpun banyak terbuka kesempatan untuk menulis artikel dari beberapa platform penyedia jual beli penulisan artikel. Beberapa diantaranya yang sudah terpercaya adalah Sosiago, Blogpartner.id dan rajabacklink.com. Tiga media penerima kerjasama penulisan artikel tersebut tidak meminta bayaran alias gratis saat kita mendaftarkannya.

Dari ke-3 platform  jasa menulis artikel di blog yang saya sebutkan di atas, saya pernah menerima pesanan dari Blogpartner.id dan Rajabacklink.com. Tentu saja saya merasa senang sekali meski rasa khawatir lebih dominan menguasai hati. Pasalnya, saya merasa takut jika review yang saya tuliskan tidak memuaskan pelanggan. Namun terasa lega ketika akhirnya bisa menyelesaikan artikel yang diminta.

Blogpartner.id

Blogpartner.id adalah sebuah platform untuk mengintegrasikan blogger di seluruh Indonesia dengan blibli.com. Di sini para blogger akan mendapatkan proyek dari blibli.com dengan komisi yang menarik.

Bagaimana caranya bergabung dengan Blogpartner.id?

#1 Buka website https://blogpartner.id

#2 Daftarkan diri kamu jika belum memiliki akun di sana.

#3 Kamu sudah terdaftar dan tunggu pemberitahuan dari admin jika kamu mendapatkan pesananan menulis artikel dari sana, biasanya ada pemberitahuan via email.

#4 Jika kamu sudah menerima email pemberitahuan dari blogpartner.id, kamu bisa buka akun pribadimu di blogpartner.id dan melihat jenis proyek yang harus kamu selesaikan.

#5 Setelah submit tulisan, pihak blogpartner.id akan segera memberikan kode voucher sebagai imbalan menyelesaikan artikel pesanan.

Blogpartner.id
Form Pendaftaran Blogpartner.id

Baca Juga : 6 Website Tempat Belajar Fiksi dan Bisa Dapetin Duit Dari Sana

Pengalaman saya, Blogpartner.id responnya cepat dan voucher belanja senilai RP150.000,00 bisa langsung dibelanjakan di blibli.com. Namun, kita harus membelanjakan vouchernya dengan nilai nominal belanja lebih besar dari nilai voucher itu sendiri. Misalkan nilai belanjanya minimal RP 160.000,00. Dan perlu diperhatikan saat belanja, lihat nama tokonya karena akan mempengaruhi ongkos kirim barang yang sudah dipesan.

Blogpartner.id
Blogpartner.id Project

 

Rajabacklink.com

Tidak jauh berbeda dengan blogpartner.id, Rajabacklink.com adalah marketplace backlink pertama di Indonesia. Uniknya di rajabacklink.com, pihak merekalah yang menilai blog yang kita daftarkan. Saya tidak begitu paham bagaimana dan dari sisi apa penilaian blognya, karena ketika saya coba telusuri satu persatu, sepertinya DA/PA tinggi tidak mempengaruhi nilai atau value blog tersebut. Ada blog yang telah memiliki DA/PA di atas 40 tetapi nilainya jauh lebih rendah dengan blog yang hanya memiliki DA/PA sekitar 13 an.

Bagaimana cara bergabung di rajabacklink.com?

Rajabacklink.com
Form Pendaftaran di Rajabacklink

#1 Buka web address rajabacklink.com

#2 Daftarkan diri kamu dengan mengisi kolom yang ada.

#3 Setelahnya tunggu 2-3 hari, email konfirmasi dari admin rajabacklink akan kamu terima dengan pemberitahuan bahwa akun kita sudah aktif di sana.

Pengalaman saya dengan Rajabacklink.com, beberapa hari setelah menerima email konfirmasi dan harga blog, saya menerima satu orderan. Namun perlu dipahami sebelumnya bahwa di Rajabacklink.com memerlukan biaya marketing dengan mengambil porsi sekitar 30% dari nilai atau harga blog kita. Misalkan nih, blog saya harganya RP150.000,00 di Rajabacklink, maka setelah menyelesaikan artikel pesanan, saya hanya berhak menerima sekitar Rp100.000,00 sebagai imbalan tulisan saya, dan nilai itu akan masuk ke “dompet saya” (ada di akun kita di rajabacklink.com). Dan kita baru bisa menarik dana dari “dompet saya” jika nilainya sudah mencapai Rp250.000,00.

Rajabacklink.com
Menu Dashboard Rajabacklink

Baca Juga : Belajar Nulis Artikel Bersama Wildan Fuady, Dari Hobi Jadi Piti (Duit)

Tidak ada rugi untuk mencoba bergabung denga platform penyedia jasa jual beli artikel. Karena di sana kita bisa melatih kepekaan dan juga sisi kreatifitas untuk menyelesaikan artikel pesananan, karena biasanya dua platform tersebut hanya memberikan kata kunci dan anchor web sebagai bahan tulisan. Tentu kita tidak bisa hanya memberikan tulisan alakadarnya, bukan? Apalagi sangat pendek.

Jadi, yuk! Coba gali peruntungan rezeki kita dengan bergabung dua platform di atas.  Sekali lagi tidak ada ruginya, sebab dari yang kecil akan menjadi besar. Dari kebiasaan akhirnya terlahir keahlian. (end)

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: