Sejarah Lahirnya Wiwidstory.com

Sejarah Blo wiwidstory

Sejarah Lahirnya Wiwidstory.com, Antar Hobi dan Piti – Wiwidstory.com wesbite pribadiku atau yang biasa di sebut blog, usianya sebentar lagi genap 3 tahun. Sekitar bulan April nanti aku harus memperpanjang domain ini di tempat penyedia hosting.

Apa dan mengapa aku tertarik dengan dunia blogging yang bagi sebagian orang menjadis ebuah pertanyaan,”profesi apa sih tukang ngeblog itu.” Apakah hanya tukang khayal yang ngabisin waktu dan nggak menghasilkan duit?

Tukang khayal kah seorang blogger itu? Bisa dibilang ya atau tidak. Sebab dia harus pandai merangkai kata dan menjakannya sebuah kalimat yang menarik pembaca. Hanya saja informasi yang disampaikan seorang blogger harus akurat, bukan hoaks atau bahkan yang menghasut pikiran orang banyak.

Nah, ingin tahu kan mengapa aku sampai ke dunia blogging ini?

Sejarah Mengenal Dunia Blogging

Saya mengenal dunia blogging pada awal tahun 2016. Waktu itu saya baca postingan Bang Syaiha, jika dia menggalakkan program One Day One Post, satu hari satu postingan. Waktu itu belum diwajibkan ke blog. Mau post di facebook ataupun di instagram dipersilahkan. Namun lama kelamaan akhirnya kami para anggotanya berpindah ke blog.

Komunitas yang Bang syaiha dirikan itu bernama Komunitas One Day One Post. Saya termasuk angkatan ke-2. Setiap angkatan berlangsung selama 3 bulan. Di angkatan ke -2 ini anggotanya sekitar 50 orang. Setiap hari mereka harus menyetor tulisan yang telah ditulis di blog di WAG. Setiap orang wajib blogwalking di tulisan teman lainnya. Seru banget waktu itu, kami harus rebutan menyetor link tulisan di WAG, mendekati deadline jam 12 malam.

Ada sanki loh bagi yang nggak nulis selama 3 hari. Dia akan dikeluarkan dari grup. Jadi waktu itu kami menulis apa saja, entah mutu apa tidak. Yang penting menulis. Syarat tidak kena sanksi, tulisannya harus asli loh. Maksudnya nih misalkan saya nulis puisi, ya harus puisi asli. Bukan puisi orang lain yang saya posting di blog, meskipun menyebutkan sumbernya.

Lama kelamaan, kelas berkembang. Ada semacam kecenderungan mau nulis apa. Oh ya, blog pertama saya bernama ww.wiwid-nurwidayati.blogspot.com, isinya mayoritas fiksi. Tapi juga terkadang nonfiksi.

Seiring berjalannya waktu, teman-teman saya yang sering menulis nonfiksi mendapatkan job content placement. Mereka memang sudah pindak ke TLD. Saat mereka mendapat job, membuat saya yang sering nulis fiksi ini jadi iri. Lha kalau orang fiksi, harus berjuang ngirim ke media yang persaingannya ketat sekali.

Setelah itu saya coba mulai belajar menulis non fiksi di blog. Ya Ampun, ternyata rasanya kaku banget setelah dibaca. Saya jadi sedikit mengerti, setelah tadi malam di Kelas Growth Blogger belajar bersama Mas Bambang Irwanto, tentang Story telling. Story telling ini membuat tulisan jadi enak, mengalir dan seolah-olah pemmbaca ikut masuk ke dalam cerita

Kunci yang paling utama dalam Story Telling itu sendiri bagaimana kita menyampaikan cerita dalam bentuk “Tell, Dont Show”. Tell berarti mengajak seseornag menikmati sebuah tulisan, meresapinya, seolah olah mengalami sendiri kejadian yang digambarkan dalam cerita tersebut.

Nah menyampaikan cerita dengan enak dan meihat orang-orang menyukai tulisan saya adalah salah satu alasan mengapa saya masih menekuni dunia Blogging.

Alasan Menekuni Dunia Blogging

Mengapa saya menekuni dunia blogging? Alasan dulu saya ngeblog adalah karena banyak sekali ganjalan di hati yang ingin saya sampaikan pada orang lain atau dunia. Namun saya merasa tidak memiliki keberanian untuk menyampaikannya secara langsung.

Selain itu saya juga ingin mengajarkan tentang kegelisahan diri, pengalaman hidup yang mungkin saja bisa diambil hikmah oleh orang lain. Namun ternyata ketekunan dunia blogging memberikan sesuatu hal yang lebih selain apa yang di dalam fikiran tersalurkan. Blogging bisa menghasilkan cuan.

Siapa yang tidak senang jika hobinya di bayar? Beberapa saat berlalu setelah memiliki blog TLD, beberapa tawaran content placement bermunculan. Saya berpikir jika blog ini dikelola dengan lebih baik dan di seriusi pasti juga membuahkan hasil. Tapi kata orang bijaksana, uang dari ngeblog itu adalah bonus.

Inilah rumah maya saya yang saya beri nama, wiwidstory.com.

Mengapa Memilih nama WiwidStory.com

Pemilihan nama wiwidstory saya ambil dari nama tenar alias nama panggilan Wiwid. Story maksudnya bercerita atau cerita. Wiwidstory berarti cerita dari seorang Wiwid atau Wiwid bercerita.

Aslinya pas beli domain dan hosting bingung juga mau kasih nama apa. Akhirnya yo iyes, saya kasih nama Wiwidstory.com. Seenggaknya teman-teman ingat nama saya adalah wiwid.

Mengapa Pindah ke Blog TLD?

Dulu keinginan untuk pindah blog TLD karena pengin ikut lomba. Kebanyakan lomba yang diadakan tersebut mensyaratkan blognya harus TLD. Akhirnya memantapkan hati deh untuk pindah ke TLD.

Waktu itu terus browsing penyedia jasa hosting dan domain. Kapasitas dan juga harganya kami bandingkan. Ketemu deh Rumahweb. Saat itu ada promosi harga, beli hosting unlimited dengan bonus domain.com harganya nggak nyampe 300 ribu. Memang sih nanti perpanjangannya mahal. Tapi masalah perpanjangan bisa dipikirkan lagi.

Ternyata semakin ke sini, memiliki blog TLD banyak kelebihannya. Semakin berkualitas blog semakin banyak peluang menghasilkan pendapatan yang tak terbatas. Bayangkan saja, pihak ketiga yang akan menaruh content placement di blog biasanya bernai membayar minimal Rp 100.000,00. JIka 5 kali saja dalam sebulan kita mendapatkan content placement, sudah cukup lumayan unuk uang saku.

Nah setelah memiliki Blog TLD, lalu apa yang akan saya isi di dalamnya?

Rupa-Rupa Artikel Di Blog Wiwidstory.com

Blog Wiwidstory.com saya kasih tema. Lifestyle, Hobbies & Familly Stories. Jadi tema tulisan di dalam blog saya tidak jauh dari tema di atas. Lifestyle biasanya ku isi dengan kesehatan, kecantikan, teknologi, pensisikan, refleksi, keuangan. Juga ada tema travelling dan makanan. Plus hobbi seperti blogging, review buku dan film.

Harapn Atas Blog WiwidStory.com

Dengan nama wiwidstory.com ini teman-teman akan mudah mengenal blog saya. Jikalaupun googling dan ingin mencari blog saya bisa di cari dengan kata blog wiwid.

Selain itu, saya ingin orang senang mengunjungi blog saya. mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Namun kepuasan itu kembali pada diri saya sendiri, bahwa saya bisa menyampaikan sesuatu hal lewat tulisan.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”.

– Pramoedya Ananta Toer

Begitulah teman-teman, cerita tentang Wiwidstory.com. Silahkan teman-teman kunjungi satu persatu pagenya, dan sampaikan kritik dan saran agar blog saya ini semakin terlihat menarik dan bermanfaat. (end)

3 comments

  1. Ketika sedang BW, saya melihat banyak blogger menuliskan tema tentang sejarah pendirian blognya. Apakah gerangan ini? mungkin dalam suatu komunitas khusus yaa punya tema tersendiri.
    Kemudian, semoga tulisan-tulisan kita dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi orang banyak yaa mbak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.