>
Rapid tes di halodoc
Health

Berapa Biaya Rapid Test? Cara Mudah & Murah Booking Rapid test Via Halodoc

Berapa Biaya Rapid Test? Cara Mudah & Murah Booking Rapid Test Via Halodoc. Tahun 2020 ini dunia telah mengalami suatu kejadian besar. Virus berukuran nano yang sangat mematikan menyerang hampir seluruh pelosok dunia. Virus ini juga telah banyak mengambil nyawa penderitanya.

Hingga saat ini, 23 Juni 2020, telah tercatat 8.860.331 jiwa terkonfirmasi positif Covid-19 di dunia, sedangkan 465.750 jiwa terenggut nyawa karenanya. Di Indonesia sendiri jumah jiwa yang terpapar positif Covid-19 berjumlah 46.845, dan 2.500 nyawa yang terrenggut karenanya.

Covid 19 telah membawa banyak perubahan dalam tatanan sosial ekonomi di masayarakat. Selain itu juga membawa perubahan perilaku masyarakat yang selalu harus dituntut untuk mengikuti protokol kesehatan demi memimimalisir pertumbuhan penyebaran virus Covid-19.

Perubahan perilaku yang tampak terlihat nyata hingga saat ini adalah penggunaan masker ketika keluar rumah, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga kesehatan dengan pola makan dan olahraga yang baik, dan menghindari kerumunan.

Meskipun kini telah diterapkan era new normal, tetapi protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Salah satu hal yang penting yang harus diketahui masyarakat luas terutama bagi mereka yang memiliki tujuan untuk melakukan perjalanan keluar kota atau keluar daerah adalah memiliki surat keterangan bebas Covid-19.

Biaya Rapid test Murah
Halodoc.com

Jenis-Jenis Covid Test

Sebelum melakukan covid test, sebaiknya kita mengetahui jenis-jenisnya. Ada 2 jenis Covid test yang bisa kita lakukan sesuai dengan kebutuhan.

1.Rapid Test

Rapid test tergolong covid test yang paling rendah biayanya. Namun rapid test belum mendeketsi bahwa seseornag positif terinfeksi. Test ini hanya mendektsi imun tubuh manusia yang bisa di sebut igG ( Immunoglobin G) dan igM (immunoglobin M) dalam darah. Jika hasil rapid test positif berarti antibodi kita mengalami reaktif. Hal itu menunjukkan bahwa imun tubuh kita sedang melawan virus ataupun bakteri yang sedang menyerang tubuh. Namun tenang saja, bukan berarti yang reaktif ini postif terpapar Covid-19. Perlu ada pemerikasaan lebih lanjut untuk memastikan kita positif terpapar Covid-19.

Covid test dengan metode rapid test ini hanya digunakan untuk menskreening lebih awal kemungkinan sesorang terinfeksi virus atau bakteri. Seminggu atau 10 hari kemudian kita bisa mengulangi test ini untuk memastikan apakah hasil dari test masih poitif atau tetap negatif. Biaya rapid test sendiri beragam mulai dari Rp 300.000,00, namun masih tergolong murah jika dibandingkan biaya tes PCR/SWAB.

2. PCR dan SWAB Test

PCR dan SWAB test adalah rangkaan pemeriksaan yang tidak bisa dipisahkan. PCR adalah Polymare Chain Reaction, sebuah metode analisis spesimen setelah proses SWAB dilakukan. SWAB sendiri adalah metode pengambilan spesimen atau lendir dari hidung.

Test ini memerlukan kelengkapan laboratorium, makanya memerlukan waktu yang lebih lama dan biaya yang mahal jika dilakukan secara mandiri.

Informasi Covid Test Di Halodoc

Saya sendiri bulan depan harus melakukan perjalanan ke Jawa Timur dengan keperluan mengantar anak ke pondok tempat mereka belajar. Ada sedikit rasa gelisah ketika kini saya tidak bisa membooking tiket pesawat jauh-jauh hari. Seperti kita ketahui salah satu syarat untuk bisa melakukan perjalanan harus memiliki surat keterangan bebas Covid-19. Semakin merasa tidak tenang ketika informasi biaya yang harus dikeluarkan dan klinik atau rumah sakit yang bisa melakukan covid test masih terdengar simpang siur. Saya harus memperhitungkan budget sebab saya harus mengantarkan 2 anak, yang berarti biaya covid test harus dialokasikan untuk 3 orang.

Bisa jadi tidak hanya saya saja yang gelisah karena kurangnya informasi biaya dan tempat dilaksanakannya covid test. Kita yang harus menerapkan sosial distance atau mengurangi kegiatan di luar tentu membuat gerak terasa terbatas. Ternyata, informasi tersebut bisa kita dapatkan dari Halodoc hanya dari ujung jari.

Halodoc adalah sebuah platform penyedia informasi kesehatan yang bisa kita akses setelah mendownload aplikasi di playstore. Tapi kita juga bisa mengakses laman Halodoc via PC atau laptop. Dalam kondisi kita harus menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah seperti sekarang ini, keberadaan Halodoc sangat membantu. Selain memberikan layanan konsultasi dan juga informasi yang detil seputar dunia kesehatan, Halodoc memberikan banyak referensi tentang biaya covid test. Bahkan tidak hanya itu, kita bisa mendapatkan referensi rumah sakit yang bisa dijadikan tempat covid test di seluruh provinsi di Indonesia dan membooking rumah sakit tersebut via daring.

Biaya dan Rumah Sakit Tempat Covid Test di Halodoc

Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa Halodoc memberikan beragam informasi biaya covid test dan rumah sakit yang bisa melakukan tes ini. Berikut contoh biaya rapid test dari beberapa kota besar yang bisa menjadi rujukan:

Rapid Test
1. Klinik Penta Medica Bali, Denpasar dengan Biaya Rp 600.000,00
2. RS Onkologi Solo, Surakarta, Jawa Tengah dengan biaya Rp 380.000
3. Klinik BIC Vida Bekasi, dengan biaya Rp 835.000,00
4. RS Mayapada Jakart Selatan, dengan Biaya Rp 400.000,00
5. RS Omni Cikarang, dengan biaya Rp 299.000,00
6. Klinik NK Health, Jakarta dengan biaya Rp 435.000,00

PCR Test
1. RS Premiere Bintaro, dengan biaya Rp 2.300.000,00
2. RS Mayapada Jakarta Selatan, dengan BiayaRp 2.000.000,00
3. RSU Bunda Margonda (dijamin paten), Depok Jabar, dengan biaya Rp 2.175.000,00
4. RS Bunda Citra Ananda, Jakarta Selatan dengan biaya Rp 2.400.000,00

Untuk lebih lengkap dan jelas tentang biaya dan dimana bisa melakukan Covid test, kunjungi laman Halodoc.com atau unduh aplikasinya di Playstore.

Biaya Rapid Test
halodoc.com

Selain mengetahui biaya dan tempat covid test, kita juga bisa membooking secara langsung rumah sakit yang diinginkan. Cara pembayarannya cukup mudah, bisa dilakukan via Gopay.

Sangat terbantu bukan dengan adanya Halodoc? Dengannya kita bisa menghitung budget yang dibutuhkan untuk covid test. Kunjungi, pilih yang sesuai dengan budget dan dekat dengan lokasi tempat tinggalmu lalu buat temu janji! Semua terselesaikan dengan mudah hanya dari ujung jari. Terimakasih Halodoc.

Author

wiwid.nurwidayati80@gmail.com
Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Comments

23 June 2020 at 18:21

Halo, kak. Salam kenal ya. Aku masih was-was nih kalau hendak bepergian. Baru kalau ada urusan yang penting banget maka aku kan pergi keluar rumah.



    Wiwid Nurwidayati
    23 June 2020 at 22:29

    Terimakasih kak Sudah mampir. Iya sama nih. Kalau nggak ada perlu banget nggak keluar rumah.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: