Buka Puasa Berama Keluarga
Lifestyle

Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga Kecil di Rumah

Buka Puasa Berama Keluarga

Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga Kecil Di Rumah. Buka Puasa adalah moment yang selalu ditunggu-tunggu bagi yang berbuka puasa.  Undangan-undangan untuk berbuka puasa dengan kerabat, teman lama, relasi kerja pastinya berdatangan, yang biasanya tempatnya pun di luar rumah seperti di hotel atau di rumah-rumah makan ternama.

Saya sendiri lebih menyukai buka puasa bersama anak-anak di rumah. Momen ini selalu menyenangkan. Kami berlima akan duduk melingkar di lantai di depan televise dua menit sebelum adzan magrib berkumandang. Sesekali si bungsu yang mendominasi suasana karena dia anak yang paling ekpresif.

Menu berbuka dengan keluarga kecil saya ini tentu saja terlihat sederhana. Hanya tersaji hidangan seperti Kue-kue jajanan pasar, air putih dan nutrisari dingin rasa jeruk. Untuk jajanan pasar, kami memiliki selera sendiri.  Si bungsu dan si tengah cukup dibelikan epok-epok alias pastel, masing-masing 2 pcs. Untuk si sulung dia memilih martabak telur mini, sedangkan paksu dia suka dengan lemper dan kue bingka. Camilan yang berbeda-beda ini tentunya bukan buatan tangan saya, tentu perlu waktu dan biaya yang banyak untuk membuat paling tidak 5 jenis camilan tersebut. Apalagi saya amat jarang masak pas ramadhan, terutama memasak makanan untuk berbuka. Biasanya saya rajin menanyakan kepada mereka makanan apa yang ingin disantap saat berbuka atau sahur. Meskipun jika banyak permintaan, saya akan mengerucutkan permintaan agar tidak begitu merepotkan saat mencarinya. Dengan cara ini saya ingin mereka belajar untuk mengungkapkan segala sesuatu dan  mengetahui apa yang menjadi keinginan mereka sendiri.

Buka puasa bersama keluarga kecil di rumah memang banyak manfaatnya antara lain meningkatkan keakraban antar anggota keluarga. Coba bandingkan saat bulan biasa, mungkin saat magrib kita masih di kantor atau di jalanan dalam perjalanan pulang. Tetapi ketika bulan Ramadhan, waktu magrib adalah waktu yang istimewa, bagaimana kita berusaha untuk selalu tepat waktu sehingga saat waktu berbuka sudah berada di rumah bersama keluarga.

Jadi bagi saya, buka puasa bersama keluarga kecildi rumah terasa jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat. Meskipun ketika mengajak anak-anak berbuka di luar dan mengenalkannya dengan teman kerja kantor ataupun relasi juga tidak buruk. Tetapi suasana keakraban yang dibangun saat kami duduk melingkar adalah sebuah momen tersendiri yang sangat berharga. (end)

#BPN30DayRamadhanBlogeChallenge
#30HariKebaikanRamadhan
#BloggerPerempuan
#Day23

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: