Preeklampsia
Article

Resiko Kehamilan Pada Usia 40-an

Preeklampsia
Sumber Gambar : www.pexels.com

Beberapa hari yang lalu WAG alumni tempat kami mondok saat masih lajang dulu dikejutkan dengan kabar kepergian salah seorang teman kami. Innalillahi wainna Ilaihi roojiun. Usianya sekitar 41 tahun. Dulu dia salah satu penghuni pondok yang terlihat paling cantik dan pintar juga memiliki jabatan di salah satu PMA di Batam. Dia meninggalkan dua orang anak yang masih usia SD. Kepergiannya seperti tidak pernah diperkirakan, hanya saja Dia saat itu memang sedang hamil tua, dan sudah mengalami kontraksi, kebetulan pembukaan 6. Namun karena tidak ada perkembangan yang signifikan, suaminya tergerak untuk membawanya ke rumah sakit, Naas, di tengah perjalanan nyawanya tidak tertolong lagi. Tentu saja kami semua merasa sangat kehilangan, dan betapa airmata terus mengalir membayangkan dua anaknya yang masih sangat membutuhkan aksih sayang ibunya. Dokter mengatakan jika dia mengalam eklampsia. Sebuah resiko kehamilan yang mungkin dialami oleh wanita berusia 40 tahunan.

Kenangan
Hanya Tinggal Kenangan

Lalu benarkah jika pada usia 40 tahun ke atas, seorang wanita sangat beresiko untuk hamil dan melahirkan? Meski resiko hamil diusia 40-an prosentasenya ada pada 7/1000 kehamilan, kita harus tetap mewaspadai setiap resiko yang ditimbulkan untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak kita inginkan.

Berikut beberapa  resiko yang mungkin timbul  pada kehamilan di usia di atas 40 tahun:

#1 Diabetes Gestasional

Seperti yang dilansir pada situs Hellosehat.com bahwa diabetes gestasional adalah suatu penyakit kencing manis yang terjadi hanya pada masa kehamilan. Penyebab Diabetes Gestasional karena pada masa kehamilan, tumbuhnya plasenta yang menghasilkan sutau hormon yang menghambat insulin bekerja dengan optimal.  Karenanya gula darah akan meningkat, dan resiko diabetes pun akan meningkat.

#2 Pre-eklampsia

Preeklampsia adalah sindrom yang ditandai adanya tekanan darah tinggi, juga kenaikan kadar protein dalam urin dan juga pembengkakan pada tungkai. Preeklsampsia belum diketahui penyebabnya sehingga belum bisa dicegah kemunculannya. Jika Preeklampsia tidak segera ditangani,maka kemungkinan pasian akan mengalami eklsampsia yang bisa menyebabkan kematian.

#3 Keguguran

Keguguran sebenarnya tidak hanya rentan bagi usia tua, namun juga berersiko pada usia muda. Banyak factor penyebabnya. Hanya saja bagi ibu dengan usia 40 tahun yang mengalami keguguran disebabkan karena biasanya pada usia tersebut kualitas sel telur wanita sudah tidak begitu bagus, peluangnya bisa mencapai 70%. Meski begitu beberapa penyakit juga dapat memicu terjadinya keguguran seperti penyakit diabetes atau obesitas.

#4 Persalinan Prematur

Meski persalinan premature juga bisa trejadi pada usia di bawah 16 tahun ataupun usia subur, tetapi pada usia di atas 40 tahun kemungkinan besar bisa megalami kondisi ini karena factor hormonal yang berkaitan dengan bertambahnya usia ibu. Juga plasenta yang tertanam lebih rendah di dalam rahim.

#5 Lahir Mati

Berdasarkan situs tirto.id yang menyebutkan bahwa pada tahun 2002-2003 diadakan penelitian pada angka kematian bayi lahir pada usia di atas 40 tahun dengan prosentase 36 kematian dari 1000 kelahiran.

Untuk menghindari semua resiko kehamilan di atas, ibu hamil dengan resiko tinggi lebih baik menjaga pola hidup sehat yang baik dan lebih sering emngkonsultasikan segala sesuatunya dengan dokter kandungan. Dan yang lebih penting jangan lupa untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta karena Dialah Yang Maha Kuasa. (end)

tulisan diambil dari beberapa sumber hellosehat.com, wikipedia, tirto.id

Seorang Ibu yang ingin berbagi cerita pada pembaca. Mencintai dunia baca dan tulis menulis. Berharap tulisannya bisa dinikmati dan bermanfat bagi pembacanya. Silahkan tinggalkan komentar di blog ini

One Comment

  • Glen Hilyard

    Hi,

    Hope all is well…

    Can I ask if you will be interested to know “how your website wiwidstory.com can be setup with some Ninja LinkedIn marketing technique that will pull in tons of qualified leads everyday for your business on autopilot basis…” ?

    Detailed step by step guide has been prepared exclusively for wiwidstory.com only, check it out here – http://saleschamp.co/linkedin1/?domain=wiwidstory.com

    Thank you.
    Glen
    Assistant Manager
    The Prospecto

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: