SEO Moms Community : Tempat Belajar SEO dengan Mudah. SEO, apasih SEO itu? Mengapa akhir-akhir ini SEO begitu populer dikalangan para blogger?

Untuk mengetahui apa dan bagaimana SEO kita harus belajar dengan pakarnya. Kebetulan sekali saya dizinkan bergabung di SEO MOms Comunity daerah sumatera. SEO MOMs Community sendiri adalah sebuah komunitas yang berisi blogger-blogger perempuan dari seluruh Indonesia khusus mempelajarai SEO.

Siapa Pendiri SEO MOMs Community (SEMOC)?

Dulu kali pertama mengenal nama SEO MOMs Community, saya pikir pendirinya adalah perempuan. Ternyata pendirinya adalah seorang lelaki, Mas QBenk, begitu lah lebih terkenalnya. Saya sedikit terkejut mengetahui hal itu. Ternyata ada alasan di balik Mas Qbenk mendirikan komunitas ini.

Mas Qbenk sendiri memiliki nama asli M Sahlan. Beliau lahir dan besar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Namun semenjak ibunya wafat pada November 2019, beliau pindah ke Sei Raya, Kabupaten Kubu Raya. Tidak begitu jauh dari bandara Supadio.

Beliau sudah menekuni dunia blogging sejak tahun 2005. Dan mempelajari ilmu SEO secara otodidak, melalui forum forum online via email SEO Master Indonesia. Tetapi awal ketertarikannya disebabkan karena ada salah satu anggota BNP yang tertarik dengan tulisan Mas Qbenk tentang Narkoba, dan pihak BNP meminta untuk menjadi pembicara tentang Narkoba di Aula Kantor Gubernur Kalbar.

Sejak 2008, beliau fokus mendalami SEO, dengan mengikuti berbagai lomba SEO. Semua ilmu SEO dia coba, trial & error. Hingga tahun 2013, Mas Qbenk baru memainkan SEO secara penuh.

Alasan Mas Qbenk Mendirikan SEO MOms Community (SEMOC)

Berawal dari restu ibu, Mas Qbenk meminta izin berhenti menekuni profesinya sebagai kuli bangunan dan beralih ke menekuni jasa SEO dan menekuni kompetisi SEO. Maka tanpa restu ibunda beliau saat itu, Mas Qbenk tidak akan bisa menjadi seperti saat ini, seorang ahli SEO yang sudah terbukti sepak terjangnya.

SEo MOms Community
Pendiri SEO Moms Community

Maka pada tahun 2013, beliau mendirikan SEO MOMs Community yang merupakan ucapan kasih sayang beliau kepada ibunya. Dan SEMOC merupakan jaringan murni pembelajaran seo secara online yang saya khususkan untuk blogger perempuan Indonesia

Apa yang Dipelajari di SEO MOMs Community

Pada suatu malam Mas Qbenk menyampaikan hal ini . “Bahwa untuk menjadi ahli SEO kita harus mendalami SEO basic terlebih dahulu. Mengapa SEO basic? Karena seo tidak bisa dibangun secara instan. SEO adalah ilmu logika sama halnya dengan ilmu pemograman, karena bahasa pemrograman adalah bahasa utama algoritma.

Maka seo sudah tentu juga identik dengan logika. Dalam mempelajari seo kita harus terlebih dahulu mengenal basic atau dasarnya, tidak bisa langsung membangun sebuah blog dengan pendekatan tingkat lanjut atau backlink. Karena pada dasar membangun sebuah blog sama seperti membangun sebuah rumah. Hal pertama yg harus di bangun adalah pondasinya.

Baca Juga :
Belajar SEO Dasar ala YOAST SEO

Ada 2 Basic SEO yang wajib dipelajari yaitu SEO on Page dan SEO Off Page. Lalu apa pengertian dari 2 Basic SEO tersebut?

1. SEO On Page

SEO On page adalah optimasi blog dari dalam. Kenapa onpage ini begitu penting? Karena google memandang faktor internal blog sebagai parameter utama.

Ada 10 hal yang berkaitan dengan SEO On Page yaitu:
1. Titel blog
2. Deskripsi utama Blog
3. Deskripsi penelusuran
4. Desain dan tata letak blog
5. Struktur Blog
6. meta tag header (blogspot)
7. Meta robot txt (blogspot)
8. Struktur konten
9. Penulisan standar SEO
10. Related link konten

Masing-masing dari ke sepuluh hal tersebut memiliki standard sendiri. KIta dituntut untuk memenuhi setiap kriterianya. Istilahnya jika blog bagus dari dalam, bagian luar nya bisa pasti bagus., Jika jelek di dalam, diluar walaupun bagus tetap saja ga bagus di dalamnya karena beberapa faktor pendukung tidak diterapkan secara baik . Ibaratnya sebuah rumah, kita cat warna-warni diluar nya secantik apapun namun di dalamnya berantakan, tamu juga bakalan ga betah.

Baca Juga :
Menerapkan SEO On Page dalam Artikel, Lakukan 7 Langkah Ini

2. SEO Off Page

SEO Off Page, berarti optimasi Blog dari luar. Ini biasanya berisi backlink-backlink berkualitas yang ditanam di berbagai website dengan DA tinggi. Bagaimana caranya? Kebetulan Mas QBenk baru akan menyampaikan materi SEO Off Page setelah hari raya. Jadi saya belum bisa menjabarkan seperti apa gambaran SEO Off Page itu.

Kesimpulan SEO Moms Community

Intinya SEMOC mengajak blogger Perempuan di Indonesia memperbaiki blognya, memperbaiki pondasi blognya terlebih dahulu. Sebab banyak yang mengharapkan blognya memiliki kekuatan penuh dan berkualitas. tetapi tanpa menyadari jika pondasi blognya rapuh.

Maka tidaklah heran jika ada yg ngeluh kualitas blog nya dari sisi domain authority yg awalnya tinggi tiba-tiba turun. Bahkan ada yg sulit terindek, ga terindek dan lain-lain. Kenapa bisa begitu? Karena blog tidak memiliki dasar yang kuat, pondasinya lemah dari sisi onpage

Seo itu ibarat orang akan menyeberang jalan. Sebelum menyebarang liat dulu kanan dan kiri, setelah aman baru nyeberang,, hasilnya akan aman. Coba kita nyeberang tanpa liat kiri kanan?? Hasilnya?? Tebak sendiri

Makanya rasanya senang sekali bisa bergabung dengan Komunitas SEO Moms Community. Mas Qbenk yang humble dan nggak pelit ilmu, mau menjelaskan apapun pertanyaan para anggota SEO Moms Community. Semoga bisa mengikuti kelas ini sampai akhir dan bisa mempraktekannya dengan baik.